FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 50 Menit 37 Detik 

Aplikasikan Data Science dalam Marketing, Intip Fungsinya Dalam Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 26-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/38d57c12b4575fec1b15b9dc25bcf419_x_Thumbnail800.png

Keberadaan digital yang kini tersebar luas, membuat adanya pergeseran dalam kegiatan marketing dalam bisnis. Marketer mulai menggunakan data yang dapat diakses dan memanfaatkannya sebagai wawasan yang bermanfaat. Menerapkan Data Science dalam marketing mungkin akan terdengar rumit namun siapa sangka, sudah banyak perusahaan yang mengintegrasikan machine learning dan AI kedalam kegiatan marketing. 


"Memang apa saja ya manfaatnya?" mungkin sebagian dari sahabat data DQLab memiliki pertanyaan tersebut. Pada artikel DQLab kali ini akan membantu kamu untuk memahami fungsi secara lebih lanjut dari Data Science dalam marketing di era digital ini. Penasaran apa saja pembahasannya? Yuk, langsung saja simak artikel berikut!


1. Segmentasi Customer

Pada umumnya dalam kegiatan untuk melakukan brand awareness membutuhkan strategi yang tepat salah satunya mengelompokkan informasi yang dimiliki dari customer yaitu dengan segmentasi. Setiap customer memiliki latar belakang, preferensi, dan profil demografis sendiri tiap individunya sehingga kamu tidak bisa begitu saja menggunakan strategi dengan tolak ukur satu untuk semua saat kegiatan marketing. Dalam segmentasi memungkinkan untuk mengelompokkan dan menyusun strategi yang ditargetkan berdasarkan preferensi masing-masing individu. Data Science akan membantu dalam menyederhanakan proses serta taktik berdasarkan pengelompokkan sesuai kebutuhan pelanggan atau individu. Dengan penerapan yang efektif, ini dapat memungkinkan juga untuk meningkatkan marketing secara digital.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Optimalisasi Corong Marketing

Jika sahabat data DQLab menggunakan beberapa media dalam mengoperasikan bisnis atau kegiatan marketing seperti situs web, media sosial, email dan lainnya tentunya kamu harus mengoptimalkan media-media tersebut untuk mendapatkan keuntungan baik mendapatkan pelanggan baru atau profit dalam bisnis semakin meningkat. Data Science membantu kamu untuk membandingkan keberhasilan dan masalah yang sudah terjadi dalam kegiatan marketing sebelumnya, hal ini akan memberikan analisis lebih baik dan dapat mempertimbangkan cara untuk mengoptimalkan kampanye yang dilakukan sehingga dapat menguntungkan serta pengembangan pada bisnis. Dengan menganalisis melalui interaksi di media online, data akan membantu untuk membuat jalur atau mengidentifikasi diantara target customer kamu.


3. Menekan Biaya Marketing

Tidak hanya membantu dalam mengumpulkan informasi dengan real-time, namun juga dapat mencari tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan untuk mendapatkan pelanggan. Data Science akan mengintegrasikan informasi dan trend atau pola sehingga dapat menentukan strategi yang berpotensi untuk pelanggan pada produk atau layanan dalam kegiatan bisnis. Secara keseluruhan, dengan Data Science maka akan memberikan penetapan harga sesuai dengan permintaan (berdasarkan pelanggan) dan juga harga yang tepat bagi bisnis berdasarkan tujuannya. Adapun proses analisis dalam marketing yang akan mengidentifikasi strategi, produk dan juga demografi untuk menentukan biaya serta dapat membandingkan dengan kompetitor.


4. Analisis Prediktif

Pada analisis prediktif akan menyatukan data mining dan juga machine learning untuk memprediksi kemungkinan peristiwa yang dapat terjadi di masa depan dan mengetahui apakah dapat mempengaruhi customer. Analisis prediktif dan Data Science telah menawarkan solusi yang sangat dibutuhkan karena manfaatnya mendapatkan wawasan yang bermanfaat. Dari analisis juga dapat menemukan tren dan pola yang sesuai dengan tindakan customer sehingga customer akan merasa kebutuhannya terpenuhi atau dengan kata lain yaitu personalisasi. Pengalaman customer yang baik akan memberikan dampak baik karena pada dasarnya pengalaman customer akan memberikan pertimbangan seseorang dalam memberi produk, misalnya seperti meninggalkan sebuah review pada sebuah produk atau layanan apakah customer puas dengan pelayanannya. Hal tersebut juga akan berdampak pada retensi pelanggan melakukan pembelian ulang atau menjadi pelanggan setia.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!



5. Ingin Mengaplikasikan Ilmu Data Science Lainnya? Yuk, Mulai Bergabung Bersama DQLab!

Dengan memulai belajar Data Science, tentunya kamu akan mendapatkan manfaat lainnya serta kesempatan untuk mengembangkan inovasi di era digital ini. Latar belakang bukanlah menjadi suatu halangan bagi kamu untuk memulainya, karena sekarang sahabat data DQLab tidak harus mempunyai latar belakang STEM atau IT sekalipun. Jika kamu ingin mulai belajar Data Science dan mengaplikasikannya di real case industry kamu bisa mulai bergabung dengan DQLab! DQLab merupakan platform kursus online Data Science dengan pembelajarannya yang sangat fleksibel dan tentunya module yang tersedia sudah sesuai dengan real case industry, dengan begitu pembelajaran yang kamu dapatkan menjadi lebih terstruktur. 


Untuk bergabung bersama DQLab, caranya mudah sekali kamu hanya signup di DQLab.id dan kamu bisa menikmati atau memilih module GRATIS œIntroduction to Data Science with R atau œIntroduction to Data Science to Python sebagai pembelajaran awal Data Science. Selamat mencoba sahabat Data DQLab!


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :