DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 9 Jam 6 Menit 39 Detik 

Belajar Python Gratis dari Dasar Bersama DQLab, Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 08-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2109b0adfa972ce565b404bce0de1112_x_Thumbnail800.jpg

Python merupakan bahasa pemrograman yang powerfull bagi para programmer yang digunakan untuk berbagai keperluan seperti untuk pengembangan website, Internet of Things, game hingga data science. Penulisan sintaks yang lebih ringkas dan singkat juga menjadi faktor lain mengapa kamu harus belajar python terutama ketika kamu ingin mulai berkarir sebagai seorang data scientist. Untuk bisa menuliskan barisan sintaks program python agar bisa menjalankan program kamu perlu menginstal python interpreternya. Interpreter inilah yang akan mengeksekusi instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman.


Oleh karena itu, artikel ini dibuat bagi kamu pemula yang ingin berkarir sebagai data scientist atau kamu yang ingin hijrah ke bahasa pemrograman python untuk mendevelop aplikasi berbasis web dll. Yang berfokus pada cara mendownload python lengkap dengan panduan instalasinya khususnya di OS Linux. So, yuk kita simak artikel ini sampai selesai!


1. Cara Download Python di Linux

Untuk mendownload python di semua OS kamu membutuhkan space memori sekitar 25 MB di PC kamu.Ketika di instal, python memerlukan sekitar 90 MB space memori. Cara mendownloadnya adalah cukup dengan cara sederhana dibawah ini:

  • Kunjungi www.python.org

  • Kamu bisa download python versi terbaru. Saat ini versi terbaru python adalah Python 3.10.0. Secara otomatis akan menyesuaikan dengan OS yang kamu gunakan saat ini. Khusus kali ini adalah untuk OS Linux

  • Jika kamu memilih mendownload otomatis maka akan langsung terdownload file python-3.10.0-amd64.exe di PC atau laptop kamu.

  • Jika kamu memilih mendownload secara manual dengan memilih terlebih dahulu OS kamu, maka tampilannya akan seperti ini:

python

kamu bisa memilih yang versi gzipped source tarball atau xz compressed source tarball

  • Dan kamu hanya perlu menunggu proses download python selesai.


Baca juga: Belajar Python Gratis dari Dasar Bersama DQLab, Yuk!


2. Setting Up Python di Linux

  • Apabila kamu menggunakan Ubuntu 16.10 atau yang terbaru, kamu dapat dengan mudah menginstall python 3.10.0 dengan mengetikan cara berikut di terminal kamu:


    sudo apt-get update

    sudo apt-get install python3.10


  • Kemudian di terminal akan muncul pertanyaan Do you want to continue? [Y/n] maka ketik y dan enter.

  • Tunggu prosesnya hingga selesai

  • Setelah itu cek apakah python berhasil terinstall di linux kalian dengan mengetikkan python3.10 --version lalu enter maka tampilannya seperti pada gambar dibawah ini:


python


  • Jika muncul versi python 3.10.0 maka instalasi berhasil


3. Penerapan Python

Seperti yang sudah disinggung pada awal paragraf alasan kenapa orang-orang banyak yang masih menjadi penggemar fanatik python adalah salah satunya dapat diterapkan di berbagai sektor industri dan kebutuhan di kehidupan sehari-hari. Adapun hal-hal yang dapat kamu develop menggunakan python antara lain: AI (Artificial Intelligence) untuk membuat chatbot,  aplikasi web seperti spotify, pinterest, instagram dan youtube menggunakan python untuk membuat aplikasi web mereka, selain itu python juga biasa digunakan untuk aplikasi berbasis GUI.

4. Kelebihan dan Kekurangan Python

Kelebihan Python yaitu, bahasa pemrograman yang serba guna yang memiliki fungsi selain untuk analisis data, sudah terkenal akan sintaksnya yang cenderung lebih singkat sehingga mudah dibaca, kecepatan, dan memiliki banyak library, Python powerfull untuk melakukan komputasi matematis, optimasi matriks ataupun mudah untuk membangun model baru dari awal, mempelajari cara kerja algoritma, serta sangat memungkinkan untuk proses deployment.

Kelemahan Python adalah jika dibandingkan dengan R library yang dimiliki Python lebih sedikit,  visualisasi yang berbelit-belit daripada R dan hasilnya tidak seindah dan seinformatif R.


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


5. Belajar Python Lebih Terstruktur dengan Modul DQLab yang Interaktif, Yuk!

Dengan modul dan materi yang update, belajar python menggunakan bahasa menjadi lebih mudah dan terstruktur bersama DQLab. Karena terdiri dari modul-modul up-to-date dan sesuai dengan penerapan industri yang disusun oleh mentor-mentor berpengalaman dibidangnya dari berbagai unicorn, dan perusahaan besar seperti Tokopedia, DANA, Jabar Digital dan masih banyak lagi.

Yuk, belajar terstruktur dan lebih interaktif cukup dengan Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!


Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita





Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!