Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS
SIGNUP GRATIS

Lulus dari Tetris Batch 1, Rhayhan Berhasil Menjadi Business Intelligence

Belajar Data Science di Rumah 10-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/224b54afa000c886fd65d4e5b782ab62_x_Thumbnail800.jpg

Sahabat DQ, memiliki karir yang sejalan dengan latar belakang pendidikan mungkin adalah impian banyak orang. Seperti kisah salah satu member DQLab, Muhammad Rhayhan Akbar. Rhayhan yang merupakan lulusan mahasiswa jurusan Sistem Informasi di Universitas Sriwijaya (UNSRI), kini berhasil meraih impiannya sebagai Business Intelligence usai melewati berbagi rintangan yang penuh perjuangan. 


Memang, sejak resmi lulus dari kampusnya, Rhayhan tak menyia-nyiakan waktunya untuk mengisi kegiatan dengan mendalami bidang data. Karena merasa senang dan tertarik dengan dunia data, hal inilah yang memutuskan Rhayhan untuk mencari pelatihan bootcamp Data Science. Pencariannya pun berakhir pada Tetris, program beasiswa DQLab.


Selama 1 bulan penuh, Rhayhan pun menjalani rutinitasnya dengan mengikuti kelas intensif yang diberikan. Hasil pun tak menghianati proses, di masa program beasiswa ini berakhir dirinya mendapat kesempatan untuk mencoba apply sebagai praktisi data di sejumlah perusahaan. Rhayhan pun kini tengah menjalani profesinya sebagai Business Intelligence di Astra International Tbk.


Ada kisah apa saja ya di balik perjuangan Rhayhan hingga bisa sampai di titik ini?


1. Awal Mula Rhayhan Jatuh Cinta pada Data Science

Kecintaan Rhayhan pada Data Science sudah ada dalam hatinya sejak duduk di bangku kuliah. Hal itu terlihat pada saat magang, Rhayhan membuat laporan magang yang berhubungan dengan Data Science, sampai-sampai ia membuat dashboard project.


Tak berhenti sampai di situ, topik tugas akhir skripsi yang dibuatnya pun masih berhubungan erat dengan Data Science, yakni pembahasan mengenai analysis sentiment. Saat itulah, ia merasa semakin tertarik untuk mendalami bidang ini.


Semasa perkuliahan, Python, Java Script, dan C++ menjadi tools andalan Rhayhan ketika melakukan coding. Namun, ia mendapatkan pembelajaran baru semenjak mengikuti Tetris. Tentunya, hal ini membuat Rhayhan untuk bisa beradaptasi dengan tools baru, seperti R, Pentaho, dan SQL.


“Kalau aku yang paling challenging R ya, karena secara pribadi belum pernah megang R sebelumnya. Materi yang paling asik itu SQL, soalnya kita memecahkan masalah menggunakan SQL gitu jadi seru,” begitu katanya.


Baca juga: Perjalanan Ashari Meraih Mimpi Berkarir Menjadi Data Analyst


2. Perasaan Campur Aduk saat Mengikuti Tetris

Capstone Project menjadi salah satu rangkaian program belajar pada Tetris Batch 1 yang cukup menantang bagi banyak peserta. Di tahap ini para peserta diminta untuk mempresentasikan Capstone Project kepada para user. Rhayhan mengaku jika dirinya merasa sedikit tidak percaya diri saat itu. Namun, baginya ini semua adalah proses pembelajaran sebagai perjalanannya untuk menuju cita-cita. 


Meski pada awalnya mengaku tidak percaya diri, pada akhirnya Rhayhan mengaku bangga dengan apa yang sudah ia lewati. Tidak hanya pada saat Capstone Project, benefit yang didapatkan setelah lulus mengikuti Tetris program pun membuatnya bangga dan berkesan. 


“Setelah selesai dari Tetris, bahkan sebelum aku mulai di Astra, aku mendapat kesempatan dari ka Yovita yaitu di UMN Consulting. Dari kesempatan membuat project UMN Consulting itu aku merasa tertantang dan ternyata aku bisa sampai TOP 3. Itu yang membuat aku merasa ini salah satu portofolio data yang paling bisa aku banggain,” kata Rhayhan saat mengungkapkan perasaannya mendapat kepercayaan untuk mengolah data-data UMN Consulting.


3. Momen Burnout selama Tetris Berlangsung

Perjalanan yang penuh dengan perjuangan tak lepas dari masa-masa sulit. Rhayhan tak menampik jika ia sempat pernah mengalami burnout saat mengikuti Tetris. Namun baginya hal itu tidak membuatnya patah semangat dalam menyelesaikan tugas, terutama di akhir tugas pada program Tetris yaitu Capstone Project seperti yang sudah ia ceritakan.


“Pasti ada (burnout), hanya balik lagi ngeliat kaya ‘udah tanggung’ dan udah di akhir juga. Terus inget di akhir pasti kan banyak benefit-benefit juga, kayaknya sayang banget kalo stop di akhir. Jadi ya refreshing sebentar, ya terus balik lagi lanjut belajar,” ucapnya. 


Baca juga: Mulai Berkarir Jadi Data Project Manager Tanpa Background IT!


4. Peran Rhayhan sebagai Business Intelligence

Menurut Rhayhan, Business Intelligence bisa dianalogikan sebagai detektif data. Jadi, setiap harinya ia harus memastikan bahwa software telah berjalan sesuai dengan instruksi, mulai dari pengambilan data dari database hingga dipresentasikan kepada user maupun stakeholders.


Sehingga dalam prosesnya, ia bertanggung jawab untuk memeriksa dan memastikan apakah ada perubahan atau masalah pada data.


Bagi Rhayhan pembelajaran SQL yang ia dapatkan di Tetris sangat membantunya dalam menjalankan tugasnya seperti saat ini. Rhayhan pun berpesan kepada Sahabat DQ untuk terus semangat mencapai impian sebagai praktisi data.


“Semangat buat temen-temen yang sedang mengikuti pelatihan, serap apapun yang ada selama belajar, yang disampein mentor, atau tugas-tugas yang dikerjakan. Karena bakalan kepake banget buat di kemudian hari. Rajin-rajin buka email atau rajin-rajin ikut pelatihan terutama dari Tetris,” ungkap Rhayhan.

Gimana, Sahabat DQ juga ingin seperti Rhayhan? Sudah saatnya kalian mulai belajar Data Science untuk siap hadapi industri data. Dengan para mentor yang berpengalaman, serta fitur canggih yang digunakan, pembelajaran menjadi lebih mudah untuk diterapkan. Yuk, raih kesuksesan kalian bersama DQLab!


Penulis: Sandi Sabar Rahman

Editor: Annissa Widya Davita 

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :