BEDUG MERIAH Diskon 95%
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp150K!

0 Hari 1 Jam 30 Menit 6 Detik

Mau Otodidak Belajar Python? Yuk Intip Caranya!

Belajar Data Science di Rumah 29-Januari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d5e199c9e51ca7e375495cd61330466f_x_Thumbnail800.jpg

Belajar python secara otodidak bukanlah hal yang mustahil. Bahkan banyak praktisi data profesional yang belajar python tanpa mengikuti pendidikan formal dan belajar secara mandiri atau otodidak. Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat belajar otodidak lebih mudah. Saat ini sudah banyak media belajar yang mudah diakses dengan harga murah bahkan gratis. Di era big data, penggunaan python semakin masif untuk berbagai tujuan seperti pengumpulan data dari beberapa sumber, pengolahan data, bahkan visualisasi data. Selain itu python juga bisa digunakan untuk otomatisasi beberapa kegiatan, web development, apps development, game development, dan kegiatan lain yang berhubungan dengan IT.

Meningkatnya pemanfaatan python berbanding lurus dengan keinginan belajar terutama di kalangan penggiat data. Namun tidak semua orang memiliki kesempatan untuk mempelajari python dengan menempuh pendidikan formal atau mengikuti kursus sehingga memilih cara lain yang lebih fleksibel, yaitu dengan belajar secara otodidak dan memanfaatkan sumber terbuka yang banyak di internet. Tenang, cara ini tidak salah, kok! Untuk membantu kamu yang sedang ingin belajar python secara otodidak, DQLab punya tips yang bisa kamu terapkan agar belajar kamu lebih efektif, loh. Penasaran? Yuk simak beberapa tips berikut!


1. Coding Every Single Day

Salah satu kunci kesuksesan belajar otodidak adalah konsistensi. Kamu harus belajar berkomitmen untuk melakukan coding setiap hari. Di awal-awal mungkin akan sulit, namun ketika sudah terbiasa maka semuanya akan lebih mudah. Tidak perlu coding dalam waktu yang lama, cukup 30 menit setiap hari dan terus tambah durasi waktunya setiap minggu. Ingat kata pepatah, sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Lebih baik sedikit tapi konsisten dan berkelanjutan daripada banyak tapi tidak teratur, bukan? Dengan melakukan coding setiap hari, kita juga akan melatih otak untuk mengembangkan memori sehingga daya tangkap akan lebih maksimal.


Baca juga:  Belajar Python Gratis Sampai Mahir Dimana Saja & Kapan Saja


2. Mencatat Setiap Sintaks

Menurut sebuah penelitian, mencatat dengan tangan memiliki manfaat jangka panjang yang sangat besar. Kegiatan ini akan sangat bermanfaat apabila kamu bercita-cita menjadi full time developer karena kamu akan menemui banyak case dan dengan menulis sintaks yang telah kamu pelajari, kamu bisa membaca kembali sintaks tersebut apabila mendapat case yang serupa. Selain itu, dengan menulis sintaks kita bisa merencanakan kode sebelum dipindah ke komputer sehingga proses kerja di depan komputer lebih efektif dan tidak memakan banyak waktu.


3. Bergaul dengan Komunitas Python User

Walaupun coding bisa dikerjakan sendiri, namun akan lebih mudah apabila kita bekerja bersama-sama. Oleh karena itu, kamu bisa mulai bergabung dengan komunitas python user untuk saling bertukar ilmu dan pengalaman. Dengan bergabung dengan komunitas, kamu akan lebih banyak belajar dan menambah semangat untuk terus berkembang. Selain itu, di komunitas kamu juga bisa sharing dan bertanya apabila memiliki kesulitan saat mempelajari python atau mengerjakan project. Saat ini ada banyak cara untuk bergabung dengan komunitas. Bahkan di internet sudah banyak komunitas python yang anggotanya berasal dari berbagai negara di dunia.


4. Mengerjakan Project

Setelah kamu berhasil mempelajari suatu materi python, ada baiknya segera kamu implementasikan pada data. Dari mana sumber datanya? Gampang, saat ini sudah banyak platform yang menyediakan sumber data open source yang bisa kita akses kapanpun dan gratis. Kamu bisa mulai membuat project sederhana dengan satu dataset. Kemudian meningkat hingga akhirnya kamu bisa mengerjakan project yang kompleks. Dari mengerjakan project ini, kamu juga bisa belajar menghadapi error saat me-run sintaks secara langsung.


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


5. Belajar Python Bersama DQLab

Masih bingung untuk mulai belajar python? Bingung materi apa yang harus dipelajari terlebih dahulu? Yuk belajar bersama DQLab! Modul DQLab dirancang oleh profesional yang sudah expert di bidang data sehingga kita tidak perlu ragu lagi dengan materi yang diajarkan. Selain itu, modul DQLab juga dirancang untuk berbagai kalangan, mulai dari beginner hingga advanced sehingga kita bisa mulai belajar dari basic hingga ke penerapan yang lebih kompleks. Yuk bergabung dengan DQLab dengan cara klik button di bawah ini dan nikmati modul gratis "Introduce to Data Science" sebagai pengenalan sebelum belajar python lebih jauh.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login