PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 3 Jam 15 Menit 50 Detik

Manfaat Pelatihan Excel yang Perlu Kita Ketahui

Belajar Data Science di Rumah 15-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1cd0533fc748253e17ba05cc30189f92_x_Thumbnail800.jpg

Jika mendengar kata "Microsoft Excel" apa yang kamu pikirkan? Pekerjaan yang berhubungan dengan angka seperti accounting atau finance? Well excel merupakan salah satu tools dari Microsoft yang paling banyak digunakan di berbagai bidang industri. Pentingnya tools ini menyebabkan berbagai perusahaan rela membayar mahal agar pegawainya bisa mengikuti pelatihan excel. Dengan memahami excel dengan baik, banyak pekerjaan akan lebih mudah dikerjakan. Kelebihan dari excel adalah bisa diintegrasikan dengan berbagai tools lain seperti SPSS, Matlab, R, Python, bahkan SQL.


Memahami Microsoft Excel sangat penting. Excel adalah sebuah program spreadsheet yang memungkinkan user untuk mengorganisir data dalam jumlah besar dengan berbagai fitur powerfulnya seperti perhitungan matematika, grafik dan chart yang beragam, membuat pivot table, dan lainnya. Dengan menggunakan excel, manajemen dan penyajian data juga lebih mudah sehingga informasi yang akan disampaikan akan mudah dipahami oleh pembaca. Pelatihan excel sangat penting terutama di era teknologi seperti saat ini. Penasaran apa saja keuntungan dari mengikuti pelatihan excel? Yuk simak artikel berikut ini!


1. Memiliki Value Lebih Saat Mencari Pekerjaan

Sebagai seorang job seeker, kita akan menampilkan kemampuan terbaik kita. Ketika kita sudah mengikuti pelatihan excel, artinya kita memiliki kelebihan yang belum tentu dimiliki oleh kandidat yang lain. Banyak perusahaan yang mencari kandidat dengan skill yang kuat. Ketika kita menampilkan experience mengikuti pelatihan excel pada CV, recruiter akan tertarik dan kita lolos screening CV. selain itu, dengan mengikuti pelatihan excel, kemampuan kita untuk menggunakan excel akan semakin meningkat sehingga ketika uji kompetensi, kita akan semakin mudah untuk mengerjakannya.


excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Membuat Resume Lebih Menarik

Seperti yang telah dijelaskan pada poin satu, saat melamar pekerjaan, proses screening CV merupakan proses yang sangat penting karena kita harus bersaing dengan ribuan bahkan puluhan ribu kandidat. Jika kita mencantumkan pelatihan excel pada resume kita, maka kita memiliki nilai lebih dari kandidat lain dan membuat recruiter tertarik untuk berdiskusi dengan kita. Pada saat interview kita akan ditanya mengenai pelatihan tersebut, apa yang kita pelajari, apa yang kita kerjakan, dan lain sebagainya.


3. Manajemen dan Interpretasi Informasi Lebih Mudah

Excel tidak hanya sebuah lembar kerja berisi banyak kotak. Tools ini berguna untuk mengorganisir data dengan lebih mudah. Bayangkan kita punya ribuan data, bagaimana caranya kita mengurutkan ribuan data tersebut dari yang terkecil ke terbesar, atau berdasarkan urutan alfabet. Untungnya, excel punya fitur sort yang bisa membantu kita untuk mengurutkan data hanya dengan satu kali klik. Selain itu, excel juga memiliki fitur lain seperti fitur memfilter data dengan kriteria tertentu, melakukan perhitungan matematika, bahkan kita bisa melakukan analisis statistik seperti forecasting dengan excel.


excel


4. Dapat Mengerjakan Pekerjaan Apapun

Excel digunakan di berbagai bidang industri. Seorang guru menggunakan excel untuk menghitung nilai setiap siswanya, seorang bankir menggunakan excel untuk mengelola data nasabah, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, ketika kita mahir menggunakan excel, maka kita bisa mengerjakan banyak hal yang berhubungan dengan data. Contoh pekerjaan yang tidak akan jauh dari excel adalah business analyst, manajer project, manajer marketing, asisten administrasi, dan lain sebagainya.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Yuk Perdalam Excel Bersama DQLab

Ingin belajar semua fitur excel dan penggunaan excel di berbagai bidang industri? Yuk belajar bersama DQLab! Gunakan modul menarik dari DQLab dan nikmati berbagai program belajar lainnya untuk memperdalam pemahaman kita mengenai excel. Caranya gambang, kok! Cukup klik button di bawah ini untuk signup. Selain itu, kita juga bisa belajar hal lain mengenai data science. Penasaran? Buruan signup!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login