BEDUG MERIAH Diskon 95%
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp150K!

0 Hari 4 Jam 10 Menit 3 Detik

Rumus Lengkap Excel Terupdate 2022, Catat Ya!

Belajar Data Science di Rumah 22-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/748156b10cb854ce5813b672b2d33411_x_Thumbnail800.jpg

Bicara tentang rumus lengkap Excel, beberapa orang pastinya tidak asing lagi dengan software Microsoft Excel. Excel adalah aplikasi dasar spreadsheet yang paling banyak digunakan oleh setiap orang.  Fungsi utama Excel adalah untuk melakukan perhitungan, sehingga banyak pengguna (termasuk pelajar dan pekerja kantoran) menggunakan aplikasi ini. Tidak peduli apa posisimu, kemampuan komputasi pastinya sangat dibutuhkan. Hampir semua pekerjaan di bidang akuntansi dan keuangan, industri, statistik dan penelitian, dan banyak bidang lainnya membutuhkan bantuan program pengolahan data dengan Excel. 


Meskipun munculnya banyak perangkat lunak spreadsheet lainnya, Excel tetap menjadi perangkat lunak spreadsheet standar dalam dunia kerja. Excel tetap banyak diminati karena software ini mudah untuk digunakan terutama bagi pemula. Setiap pengolahan data pada aplikasi Microsoft Excel menggunakan rumus, terutama rumus untuk menyelesaikan masalah logika. Jadi, sudahkah kamu tahu dengan Microsoft Excel? Tahukah kamu apa saja rumus dasar penghitungan yang bisa diselesaikan oleh Excel? Pada artikel ini, DQLab akan berbagi rumus-rumus dasar dalam Microsoft Excel yang paling sering digunakan dalam pengolahan data. Langsung saja yuk kita lihat bersama!


1. Rumus Excel Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan Pembagian

  • Penjumlahan

    SUM adalah rumus untuk menjumlahkan angka yang ada di sel-sel tertentu. Contohnya, kita ingin menjumlahkan angka dari sel B2 hingga B6, maka rumusnya adalah:

excel


  • Pengurangan

    Cara melakukan pengurangan nilai di Excel adalah dengan menggunakan operator minus (-). Karena Excel tidak menyediakan fungsi khusus seperti rumus penjumlahan. Sebagai contoh pada gambar di bawah ini:

excel


  • Perkalian

    Rumus Excel selanjutnya yaitu perkalian. Rumus ini juga pastinya sering digunakan dalam melakukan perhitungan. Untuk menghitung perkalian di Excel sendiri sangat mudah. Di sini kamu hanya perlu menggunakan operator asterisk atau simbol bintang (*). Seperti contoh berikut:

excel


  • Pembagian

    Sama seperti rumus pengurangan dan perkalian, rumus Excel pembagian juga tidak menggunakan fungsi khusus untuk melakukan perhitungannya. Kamu cukup gunakan operator garis miring (/) untuk mendapatkan nilai pembagian dari data yang dimiliki. Seperti ini contohnya:

excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Rumus Excel Mencari Nilai Tertinggi dan Terendah

Selain masalah perhitungan data, rumus Excel yang paling sering digunakan adalah penggunaan fungsi =MIN dan =MAX. Kedua fungsi ini digunakan untuk menentukan nilai terkecil dan terbesar dalam dataset yang dimiliki. Cara perhitungannya sangat sederhana, berikut contoh penggunaan beserta formula dari rumus Excel agar membantumu memahaminya:

excel

 

  • Max

    Merupakan rumus yang digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data. Penulisannya seperti berikut: =MAX(Sel Awal:Sel Akhir)

    Contoh: =MAX(C6:C12), bertujuan untuk menampilkan jenis minuman apa yang paling tinggi penjualannya di tahun 2020.

excel


  • Min

    Merupakan rumus yang digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data. Penulisannya seperti berikut: =MIN(Sel Awal:Sel Akhir)

    Contoh: =MIN(D6:D12), bertujuan untuk menampilkan jenis minuman apa yang paling rendah penjualannya di tahun 2021.

excel


3. Rumus Excel Menghitung Nilai Rata-rata

Rumus Excel yang paling sering digunakan selanjutnya adalah AVERAGE. AVERAGE berfungsi untuk menghitung rata-rata angka pada range sel tertentu. Contohnya, ketika kita ingin menghitung rata-rata nilai mata kuliah yang ada di sel B2 hingga B11, maka kamu dapat menggunakan rumus berikut:

excel

Selain itu, rumus AVERAGE Excel juga dapat digunakan untuk menghitung nilai rata-rata pada dua kolom atau lebih seperti berikut:

excel


4. Rumus Excel Menghitung Banyak Data 

Jika kamu ingin menghitung jumlah data atau banyaknya kemunculan data dari sebuah range atau array, rumus Excel yang tepat untuk digunakan adalah fungsi COUNT. COUNT berbeda dengan SUM, SUM digunakan untuk menghitung jumlah total nilai data sedangkan COUNT digunakan untuk menghitung banyaknya kemunculan data. 

  • COUNT

    COUNT berfungsi untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka. Misalkan dari sel B1 sampai J1, hanya B1 sampai F1 saja yang berisi angka. Maka, jika dihitung dengan rumus menjadi seperti berikut:

excel


  • COUNTA

    Fungsinya kurang lebih sama seperti COUNT. Bedanya, COUNTA tidak hanya menghitung jumlah sel yang berisi angka, tapi sel yang berisi apapun. Sehingga, kamu bisa tahu jumlah sel yang tidak kosong. Contohnya, misalkan sel B5 hingga D5 berisi angka dan sel G5 hingga J5 berisi angka. Maka, dihitung dengan rumus akan menjadi:

excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Pelajari Lebih Banyak Rumus Excel Agar Siap Hadapi Dunia Kerja Bersama DQLab

Excel memiliki ratusan fungsi dan seorang Data Scientist pada umumnya menggunakan fungsi-fungsi ini untuk melakukan analisis data. Untuk menjadi Data Scientist, kamu perlu belajar menggunakan Excel dan paham bagaimana cara mengoperasikannya. Sama seperti mempelajari rumus matematika, pastinya dalam matematika kita akan mempelajari tentang penjumlahan, pengurangan perkalian dan pembagian.


Jika kamu penasaran dengan rumus-rumus dasar Excel dan penerapan rumus lainnya, kamu bisa bergabung dengan DQLab dengan membuat akun gratis di DQLab.id. Nikmati pengalaman belajar Excel bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan mencoba Modul Platinum DQLab Excel untuk menguji kemampuan Excel kamu yang bisa kamu akses selamanya. Persiapkan dirimu untuk berkarir sebagai praktisi data yang kompeten!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login