BEDUG MERIAH Diskon 95%
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp150K!

0 Hari 1 Jam 1 Menit 20 Detik

4 Tips Coding Python Bagi Beginner, Coba Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 04-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/484bf30035f9bb6a2ed9739fa61e9478_x_Thumbnail800.jpg

Coding Python sangat menyenangkan. Dengan coding, kita bisa mendapatkan solusi dari sebuah permasalahan yang kompleks. Namun sayangnya, sebelum melakukan coding menggunakan Python, kita harus menguasai skill khusus karena ada beberapa package yang harus digunakan. Meskipun demikian, proses belajar coding python tidak membutuhkan waktu yang lama, asalkan kita konsisten dan mau terus belajar. Agar coding python dapat dirun dengan baik, kita harus melakukan improvement pada beberapa aspek untuk memperbaiki kualitas coding, membuat coding menjadi readable, mengurangi ruang dan waktu untuk running, dan aspek krusial lainnya.


Coding python semakin banyak digunakan dari waktu ke waktu, terutama di bidang data science, artificial intelligence, Internet of Things, dan bidang lainnya. Keahlian coding sangat dibutuhkan untuk menghasilkan output yang baik. Seperti pepatah "banyak jalan menuju Roma", coding python bisa ditulis dengan banyak cara dan style. Kita bisa memilih cara yang mudah dengan menggunakan looping atau cara yang panjang. Kedua cara tersebut menghasilkan output yang sama, hanya saja jalan yang harus dilewati berbeda, ada jalan yang cepat dan ada jalan yang panjang dan berkelok-kelok. 


Oleh karena itu, pada artikel kali ini DQLab akan membahas tips yang bisa kamu  gunakan untuk menulis coding python lebih efektif. Penasaran? Yuk simak tipsnya berikut ini!


1. Manfaatkan F-String

Salah satu fitur paling berguna dan penting yang dimiliki oleh python adalah adanya F-String. F-String pada python ditulis dengan %s. Fitur ini memudahkan proses penggabungan string dengan sintaks yang sederhana. Dengan F-String kita dengan mudah bisa menggabungkan variabel dan karakter string secara bersamaan. Agar lebih mudah dipahami, yuk simak contoh berikut ini!

python


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


2. Menggunakan List

List adalah salah satu struktur data terpenting dalam python karena dapat diubah dan dapat digunakan untuk mempermudah proses running. Dengan bantuan list, kita bisa menyederhanakan code dengan satu loop. Pengaplikasian paling umum adalah membuat list baru dimana setiap elemen merupakan hasil dari beberapa operasi dan setiap elemen memenuhi kondisi tertentu. Coba perhatikan contoh berikut, yang dimaksud looping adalah code "for x in¦".

python


3. Gunakan Library Math untuk Operasi Matematika

Beberapa coding python membutuhkan skill matematika dasar. Sebenarnya kita bisa menulis dan membangun code python kita sendiri untuk menyelesaikan operasi matematika. Hanya saja, kita memerlukan waktu yang cukup panjang. Alternatif lain yang bisa kita lakukan adalah menggunakan library python yang sudah dirancang untuk operasi matematika. Coba perhatikan contoh di bawah ini! Ada dua cara untuk mengerjakan operasi matematika dasar, kamu bisa pilih mau menggunakan cara panjang atau cara yang lebih singkat.

python


4. Menggunakan Beberapa File Python

Saat mengerjakan project yang besar, kita membutuhkan banyak baris coding, bahkan total baris bisa mencapai ratusan hingga ribuan. Saat kondisi ini terjadi, akan lebih baik jika kita membagi sintaks atau code menjadi beberapa file terpisah untuk meningkatkan efisiensi saat kita running code. Contohnya, ketika kita sedang membuat project game, akan lebih baik jika kita menggunakan beberapa file python yang bisa dipisah berdasarkan kegunaan, aset, atau fungsi lain sehingga ketika nanti ada error saat proses running kita akan lebih mudah untuk mengidentifikasi dimana penyebabnya dan tidak mengganggu struktur code yang lain.


Baca juga: Array Python : Array VS List Serupa Namun Tak Sama, Yuk, Kenali Perbedaannya


5. Belajar Menggunakan Python Bersama DQLab

Masih asing saat menulis code di python? Atau ingin membiasakan diri dengan environment python? Yuk biasakan diri kamu menulis dan membangun code python dengan modul dari DQLab!  Modul DQLab dilengkapi dengan live code editor sehingga kita bisa mencoba menulis code python secara langsung dengan berbagai case yang banyak dikerjakan di berbagai bidang industri. 


Yuk akses modulnya dengan klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id dan nikmati modul gratis "Introduce to Data Science" untuk pengenalan live code editor DQLab. Selamat belajar!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login