DICARI! YANG MAU BELAJAR DATA SCIENCE DISKON 95%
Belajar Data 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 149K!

0 Hari 1 Jam 31 Menit 42 Detik

Yuk, Praktekkan Coding Python Sederhana untuk Pemula

Belajar Data Science di Rumah 02-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6d059a86b6f484f8ebe1624cfe8d7f22_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, mungkin sebagian besar dari kalian sudah tidak asing lagi dengan bahasa pemrograman atau istilah "coding". Istilah-istilah ini semakin dikenal seiring dengan perkembangan teknologi dan kecanggihan internet yang kita gunakan dalam keseharian.


Salah satu bahasa pemrograman yang populer adalah python. bagi para pemula, banyak yang bertanya tanya bagaimana cara coding python sederhana yang dapat dilakukan dengan mudah.


Belajar bahasa pemrograman atau coding dapat kita mulai dengan mengenali dasar-dasarnya terlebih dahulu. Bahasa pemrograman yang ada di dunia ini sangat beragam dan memiliki kelebihan, kekurangan, tujuan serta penggunaan yang berbeda-beda.


Begitu pula dengan bahasa python. Bahasa ini sering digunakan oleh perusahaan besar seperti Google, Netflix, YouTube, dll. Bagaimana? Penasaran dengan cara coding sederhananya? Yuk, simak artikel berikut ini! 


1. Penggunaan Variabel dalam Python

Variabel merupakan suatu tempat yang menyimpan nilai-nilai. Variabel ini bersifat mutable, artinya nilai di dalamnya dapat berubah-ubah. Terdapat beberapa peraturan yang perlu diikuti dalam penulisan variabel dalam python, yaitu:

  • nama variabel harus dimulai dengan huruf a-z atau A-Z atau dengan karakter garis bawah/underscore.

  • variabel hanya boleh mengandung karakter alfabet, bilangan dan underscore.

  • variabel bersifat case sensitive, artinya penulisan menggunakan alfabet kapital dengan tidak memiliki arti yang berbeda-beda.


Untuk lebih memahaminya, mari perhatikan beberapa contoh coding mendeklarasikan variabel dalam python berikut ini

python


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


2. Comments dalam Python

Comments merupakan suatu kode dalam python yang digunakan  sebagai penanda bahwa perintah tersebut tidak dieksekusi oleh program. Comments atau komentar ini biasanya digunakan untuk memperjelas pembaca atau orang lain dalam memahami sesuatu yang ditulis. 


Penggunaan komentar ini tidak hanya memudahkan pembaca saja, akan tetapi memudahkan programmer itu sendiri jika sewaktu-waktu membuka script tersebut. Dalam python, penggunaan komentar menggunakan tanda pagar (#) atau jika lebih dari satu baris maka dapat menggunakan tanda petik tiga (""") seperti yang dapat dilihat pada contoh coding sederhana di bawah ini.

python


3. Library dalam Python

Bahasa pemrograman python cukup dikenal dengan kumpulan library nya yang sangat banyak. Library merupakan kumpulan kode program yang dapat digunakan untuk memudahkan programmer. Penggunaan library dalam python ini sangat dibutuhkan oleh para praktisi data.


Beberapa contoh library yang sering digunakan antara lain seperti math, numpy, pandas, scipy, seaborn, matplotlib, sklearn, dll. Cara menggunakan library dalam python adalah dengan cara mengimportnya terlebih dahulu seperti contoh di bawah ini.

python


Jika library telah di import seperti diatas maka sudah dapat digunakan untuk langkah selanjutnya.


4. Operator Aritmatika

Operator dalam python merupakan sebuah konstruksi yang dapat digunakan untuk melakukan operasi tertentu. Dalam python terdapat berbagai macam operator seperti operator aritmatika, operator perbandingan, operator penugasan, operator logika, operator identitas, operator keanggotaan, dll. 


Sebagai contoh, dalam operator aritmatika sendiri memiliki banyak operator seperti penjumlahan, pengurangan, pengisian, perkalian, pembagian, sisa bagi, pemangkatan, dll. Salah satu contoh coding penggunaan operator aritmatika adalah sebagai berikut

python


Baca juga: Array Python : Array VS List Serupa Namun Tak Sama, Yuk, Kenali Perbedaannya


Bahasa python bukanlah sesuatu yang asing lagi dalam dunia programmer. Belajar python pun dapat dilakukan dari dasar baik belajar secara online maupun offline. Kalian dapat belajar python dari dasar dengan mudah di DQLab


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login