DICARI! Yang Mau Belajar Data Science Disc. 96%
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp120K!

1 Hari 23 Jam 13 Menit 16 Detik

Coding Python Simpel untuk Operasi Matematika

Belajar Data Science di Rumah 23-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2a13f0b8ae423eec0a8aa658e76940b9_x_Thumbnail800.jpg

Python math adalah modul standar bawaan dari python yang digunakan untuk menulis coding untuk tujuan perhitungan ilmiah dan matematika yang kompleks. Library ini memiliki fungsi math seperti mengevaluasi operasi matematika yang kompleks, operasi trigonometri, operasi logaritma, dan lain sebagainya. Untuk data yang berukuran kecil, kita bisa menggunakan excel atau spreadsheet.


Namun, jika data yang digunakan berukuran besar akan sangat kesulitan karena excel dan spreadsheet memiliki limit cell. Selain itu, jika data yang kita gunakan berukuran besar, maka spreadsheet akan lebih lemot karena load datanya yang besar.


Untuk menggunakan library math dengan Python, kita perlu mengimpor library menggunakan import math saat menulis code python. Setelah itu, kita dapat memanggil metode apapun dari modul itu. Dalam Python, beberapa operasi matematika dapat dilakukan dengan mudah di modul math. Bagaimana caranya? Yuk kita simak bersama!


1. math.pow()

math.pow() adalah fungsi library Python bawaan yang mengembalikan nilai x ke pangkat y (x²). Untuk menghitung pangkat dalam Python, kita bisa menggunakan fungsi math.pow(). Fungsi library ini digunakan untuk menghitung pangkat angka sehingga dapat membuat penghitungan pangkat lebih mudah.


Misalnya, kita ingin menghitung 2 pangkat 3. Kita bisa menulis kode python seperti berikut ini.

python


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


2. ceil()

Fungsi ceil() digunakan untuk mengembalikan nilai integer terkecil yang lebih besar dari bilangan tersebut. Jika bilangan tersebut sudah bilangan bulat, maka outputnya adalah bilangan tersebut. Jika bilangan di belakang koma lebih dari 5 maka akan dibulatkan ke atas sedangkan jika nilai desimalnya kurang dari 5 maka akan dibulatkan ke angka yang lebih kecil.


Agar lebih mudah dipahami, yuk perhatikan ilustrasi berikut ini!

python


3. math.exp()

math.exp() adalah metode library Python bawaan yang mengembalikan exp yang dipangkatkan ke x. Exp adalah basis dari sistem logaritma natural yang jika didefinisikan sekitar 2,718282 dan x adalah angka yang diteruskan ke exp. Metode exp() digunakan untuk mendapatkan nilai dari e^x.

python


4. math.log()

math.log() adalah metode Python bawaan yang mengembalikan logaritma natural dari suatu bilangan, atau logaritma dari suatu bilangan ke basis. Fungsi ini mirip penggunaannya dengan math.exp.

python


Baca juga: Array Python : Array VS List Serupa Namun Tak Sama, Yuk, Kenali Perbedaannya


Ingin coba mengaplikasikan berbagai fungsi dan library python secara langsung tanpa install python? Yuk coba live code editor yang ada di modul DQLab! Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses live code editor DQLab melalui FREE MODUL ‘Introduction to Data Science’ menggunakan Python dan R serta nikmati experience menarik menulis code python tanpa install python.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login