PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 17 Jam 14 Menit 15 Detik

Belajar Data Analyst: Yuk, Mulai Tingkatkan Kompetensi SQL Bersama DQLab!

09-November-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/12d9d351a4b2f15c441d326a5f76f926_x_Thumbnail800.jpg

Belajar Data Analyst adalah salah satu cara yang tepat untuk memulai karir sebagai seorang praktisi data. Meningkatnya permintaan akan pekerjaan di bidang data seperti Data Analyst, membuat banyak pihak tertarik untuk mempelajari kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut. Kamu perlu tahu, untuk menjadi seorang Data Analyst, skill yang dibutuhkan adalah menguasai SQL. Mengapa demikian? Karena seorang Data Analyst akan menghadapi studi kasus yang membutuhkan pemahaman konsep sistem database relasional atau biasa disebut dengan RDBMS. Bahasa SQL merupakan salah satu dari banyak bahasa pemrograman yang juga sering digunakan untuk melakukan pengolahan data hingga menemukan insight dari setiap data yang sedang kamu olah. Sebagian besar perusahaan dan situs web besar pasti memiliki database yang digunakan untuk menghasilkan informasi dalam membuat suatu keputusan. Disinilah SQL sangat berperan.

Apakah kamu berpikir untuk mulai mencoba belajar SQL? Jika kamu adalah pemula di dunia Data Analyst, tenang saja karena setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mempelajarinya. Karena pada dasarnya ilmu Data Analytics dan Data Science tidak hanya terbatas di background pendidikan tertentu, mengingat pada era digital transformation saat ini, ilmu ini dapat digunakan di semua lini bisnis. Sekarang kamu bisa belajar menjadi Data Analyst sendiri di rumah. Lalu bagaimana cara terbaik untuk memulai mempelajari SQL bagi pemula? Jangan khawatir, yuk bersama DQLab kamu bisa memulai belajar SQL dengan modul-modul yang menarik dan mulai membangun portofolio!

 

1.   Pahami Pengertian Bahasa SQL

SQL merupakan singkatan dari Structured Query Language, bahasa pemrograman ini digunakan untuk mengakses, memodifikasi dan mengelola data dan database. Kamu dapat menyimpan masing-masing data dalam bentuk tabel seperti pada Excel. SQL digunakan untuk kamu yang mempunyai aplikasi dengan banyak relasi antar satu data dengan data lainnya. Contoh database SQL meliputi MySQL, PostgreSQL, dan  SQLite. SQL terbukti efektif dalam meningkatkan produktivitas dalam penyimpanan data berupa data profil pelanggan hingga data transaksi yang dilakukan oleh pelanggan. SQL bahkan diterapkan di dunia Big Data, sehingga pengadopsian bahasa ini meningkat. Akan tetapi SQL tidak dianjurkan menjadi Bahasa pertama yang dipelajari jika kamu ingin menjadi seorang programmer, karena Bahasa ini digunakan hanya untuk mengakses dan mengelola data seperti yang telah dijelaskan di atas. Jika kamu memutuskan untuk terus belajar SQL pemula lalu terus menjadi master SQL, teruskan membaca - tips-tips cara belajar SQL yang akan membuat kamu maju!

 

Baca juga: Ingin Menjadi Data Analyst? Yuk, Simak 3 Tipsnya dari Senior Praktisi Data Langsung

2.   Cara Terbaik Untuk Mulai Belajar SQL?

Jika kamu sudah memahami apa itu bahasa SQL, maka setelah itu waktunya kamu memulai mencari cara yang tepat untuk memulai mempelajari SQL. Salah satu cara yang tepat adalah dengan mengikuti kursus online yang bagus. Karena dengan mengikuti kursus online kamu bisa mempelajari kode sintaks, dan fitur-fitur bahasa dengan jelas dan mudah untuk diikuti. Salah satu kursus online yang bisa kamu ikuti adalah DQLab, karena bersama DQLab memungkinkan kamu untuk belajar SQL sesuai dengan kecepatan yang kamu inginkan. Di DQLab kamu dapat belajar kapanpun kamu ingin belajar. 

DQLab juga menghadirkan pengalaman belajar yang lebih terstruktur, sehingga kamu mudah memahami materi dan lebih mumpuni untuk menghadapi industri data yang sebenarnya. Selain itu, kamu dapat membangun portofolio untuk siap berkarir menjadi Data Analyst dan kamu pun berkesempatan membangun relasi dengan member DQLab lainnya ataupun dengan praktisi data yang berkolaborasi dengan DQLab.

 

3.   Sumber Informasi untuk Membantu Belajar SQL

Selain dengan kursus online, ada banyak sumber belajar lain yang bisa digunakan. Pertama, menggunakan panduan referensi bahasa yang pada dasarnya menyediakan segala sesuatu tentang bahasa pemrograman, seperti sintaks, konsep, dan pengkodingan. Kedua adalah melalui video YouTube, ketika mengalami masalah dengan codingmu kamu bisa mencari solusinya melalui YouTube. Video-video tersebut menyediakan banyak pelatihan SQL. Terakhir adalah melalui forum SQL online. Forum ini merupakan tempat yang tepat untuk pemrogram pemula jika ingin menemukan jawaban dari segala masalah yang dimiliki. Forum online ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan jaringan baru dengan sesama programmer, dalam membantu orang lain maupun saling berbagi pengetahuan. Salah satu contoh forum yang paling banyak digunakan programmer adalah Stack Overflow.


Baca juga: Ingin Menjadi Data Analyst? Yuk, Simak 3 Tipsnya dari Senior Praktisi Data Langsung



4. Yuk Mulai Pelajari SQL Lebih Dalam Bersama DQLab!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module "Introduction to Data Science":

1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

2. Akses module Introduction to Data Science

3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login