PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 14 Jam 43 Menit 10 Detik 

10 Keunggulan & Kelemahan SQL Server, Pemula Wajib Tahu

Belajar Data Science di Rumah 04-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8f1c81cdbaddf8110a0dd91aa0b45dd6_x_Thumbnail800.jpg

Bahasa pemrograman SQL merupakan salah satu bahasa pemrograman yang saat ini sedang naik daun dan useful untuk keperluan pengolahan data. Berdasarkan laporan dari job portals luar negeri dan Geeks For Geeks menyatakan bahwa SQL merupakan salah satu skill yang perlu dikuasai oleh praktisi data di tahun 2022. Sebab SQL ini terbilang bahasa pemrograman yang mudah dipelajari dan ramah bagi pemula data. 


Banyak software yang menggunakan bahasa SQL sebagai bahasa utama. Mulai dari MariaDB, Oracle, SQL Server, MYSQL dan lain-lain. Salah satu software yang biasanya digunakan untuk keperluan database dan warehouse management system adalah SQL Server. 


Jika kalian yang tidak sengaja baca artikel ini adalah lulusan di bidang IT, SQL Server pastinya sudah familiar dan tidak asing bagi kalian. Bagaimana tidak, SQL Server memiliki fungsi yang cukup esensial khususnya dalam pengelolaan database.


SQL Server sangatlah fleksibel dan bisa digunakan kemana-mana. Mau kalian pakai laptop, mau kalian sedang terhubung dalam jaringan server cloud, kalian tetap bisa mengakses Microsoft SQL Server. 


Bagi kalian pemula di bidang data, pada umumnya cara kerja SQL Server ini kurang lebih sama dengan Software database yang lainnya. Meskipun demikian penting untuk kalian tahu masing-masing kelebihan dari SQL Server. Simak artikelnya berikut yuk biar kita sama-sama tahu bareng ya sahabat DQLab!


1. Pengendalian Database Secara Terpusat

Keuntungan yang pertama ketika sahabat data ingin menggunakan SQL Server sebagai software database adalah pengendalian database secara terpusat. Artinya pengendalian databasenya sendiri sudah terintegrasi langsung dari software tersebut.


Oleh karena itu, adanya kemungkinan terjadi kesalahan ataupun miskomunikasi dalam memuat database bisa dibilang tidak ada bahkan minim. 

SQL


Apalagi kalian tahu sendiri bahwa didalam database banyak data-data penting yang riskan untuk hilang. Oleh karena itu, perlu dikelola dengan baik bagi seorang database administrator (orang yang bertanggung jawab dalam pengelolaan database).


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Membuat Clustering Data

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh SQL Server adalah membantu untuk melakukan clustering data. Disini pelaku database bisa membuat kreasi pengelompokan data. Perlakuan clustering data adalah salah satu hal yang dapat membantu database administrator untuk menyederhanakan pekerjaan dalam hal manajemen basis data. 

sql


Dengan demikian, data yang sebelumnya sudah kita olah mudah untuk diaplikasikan. Disinilah pentingnya clustering data digunakan karena nantinya akan dipecah-pecah menjadi beberapa cluster-cluster. Clustering dalam SQL Server bisa menjadi nilai tambah bagi programmer ataupun developer.


3. Mempermudah Pengelolaan Database

Hampir serupa dengan kelebihan yang pertama tadi ya sahabat DQ. SQL Server juga mempermudah pengelolaan database bagi developer. Database yang kita kelola nantinya sudah terintegrasi dengan SQL Server. Dengan SQL Server kita tidak perlu khawatir akan terjadi data yang berantakan, adanya kesalahan dalam memproses suatu database. 


sql


Tenang saja, dengan bantuan SQL Server setiap kesalahan dalam pemuatan database. Jadi tidak mungkin alias big no no banget kalau Microsoft SQL Server ada miskomunikasi didalamnya. Malah disini seorang programmer dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi. 


4. Fleksibel Pada Semua Perangkat dan Versi Windows 

Tahu enggak sih kalau ternyata SQL Server ini available di semua perangkat dan versi Windows. Mulai dari Windows XP, Vista, Seven dan juga 8 versi yang berbeda. Microsoft SQL Server juga merupakan perangkat lunak DBMS yang dibuat dan dikembangkan oleh Microsoft sendiri. 

sql

Jadi jangan khawatir Microsoft SQL Server sangat baik dan juga cocok bila digunakan. Apalagi diterapkan pada sistem operasi Windows dapat dipastikan program ini berjalan dengan baik. 


5. Terdapat Fitur Backup Database

Pernah merasakan terjadinya error di tengah-tengah saat melakukan pemrosesan data? Adanya error ini menyebabkan banyak data-data hilang dan pastinya kebingungan jika harus mengulanginya dari awal. Nah terus kalau datanya hilang gimana nih? Jangan khawatir ya. 


sql


Ternyata SQL Server juga menyediakan  menu backup database. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengembalikan data yang sebelumnya telah hilang. Fungsi backup database juga dibentuk sebagai langkah pencegahan ketika terjadi gangguan selama proses implementasi. Untuk melakukan proses backup menggunakan SQL Server juga sangat mudah.

 

6. Fitur Recovery dan Restore Data

Selain adanya fitur backup database, SQL Server juga memiliki fitur recovery dan restore data. Manakala terdapat gangguan saat pengolahan data dalam sebuah database maka kedua fitur ini bisa dimanfaatkan baik programmer maupun developer. 

sql


Ketika sebagian data dari database kalian ini mengalami kerusakan seperti file tidak bisa dibuka, corrupt data dan lain sebagainya maka langkah pencegahan yang bisa dilakukan adalah recovery kemudian baru restore data. 


Melalui langkah ini juga dinilai sebagai langkah pemulihan dan bisa dimanfaatkan oleh tim manajemen untuk melakukan pemecahan masalah terhadap data yang rusak.


7. Manajemen Keamanan Database

Jangan ditanya untuk soal keamanan. SQL Server memiliki manajemen keamanan yang sangat bagus untuk databasenya. Bukan tidak diragukan apalagi ketika menggunakan kata sandi yang akan sulit diretas, maka keamanan database anda jauh lebih aman. 

sql

Microsoft SQL Server juga akan membantu kalian dalam mengelola keamanan database dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. 

 

8. Sinkronisasi Bahasa Pemrograman

Kalau tadi kita membahas tentang kelebihan dari SQL Server, sekarang kita masuk ke kelemahan SQL Server. Nah, kelemahan yang biasanya terjadi dalam SQL Server adalah adanya ketidakcocokan dalam bahasa pemrograman.


Hal ini dikarenakan bahwa Microsoft SQL Server dikenal karena memiliki kecocokan dengan bahasa pemrograman .Net saja. 

sql


Ketika kalian ingin melakukan sinkronisasi dengan bahasa pemrograman selain .Net maka siap-siap anda bakalan pusing tujuh keliling. Sebab jika menggunakan bahasa pemrograman selain .Net akan kesulitan karena software ini lebih memfokuskan pada implementasi bahasa pemrograman .Net saja.


Jadi inilah kelemahannya bahwa SQL Server memiliki bahasa pemrograman yang terbatas dan susahnya melakukan sinkronisasi ke bahasa pemrograman lainnya.


9. Lisensi SQL Server Tidak Affordable

Kita tahu bahwa SQL Server merupakan salah satu perangkat lunak paling strong dan paling dipakai dalam bidang database and management system. Namun kelemahannya adalah lisensi SQL Server ini tidak affordable dari segi harga. 

SQL

Sebab, harga jual produk perangkat SQL Server ini cenderung tinggi dan mahal kalau dibandingkan dengan perangkat lunak lainnya. Memang sudah pasti ya bahwa harga yang mahal ini mengindikasikan adanya fitur yang sangat support sehingga sepadan dengan tunjangan fasilitas yang dimiliki oleh SQL Server.


10. Kurang Sesuai untuk Skala Besar

SQL Server nyatanya tidak sebagus Oracle. Apalagi pada sistem yang punya skala besar. Otomatis kinerjanya akan hilang. Jadi bisa dipastikan untuk penggunaan skala besar kurang mantep jika mengaplikasikan SQL Server. Dibalik oleh nama perusahaan besar yakni Microsoft ,ternyata Microsoft SQL Server ini kurang mendukung penggunaan database skala besar. 

sql

Memang sampai sekarang hanya Oracle Database yang dianggap mampu menahan penggunaan skala besar dan belum ada yang mampu menyainginya.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Apakah kalian ingin menjadi seorang database administrator ataupun ahli database yang mahir SQL? DQLab jawabannya! Kalian bisa mulai dengan bikin signup melalui form dibawah ini untuk mulai belajar data science secara gratis! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan nikmati modulenya kemudian!


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :