DISKON 95%! BIG PROMO 8.8 MENARIK DI TANGGAL CANTIK
Belajar Data Science 6 Bulan bareng ahli + dapat sertifikat hanya Rp. 188K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 3 Jam 58 Menit 45 Detik 

2 Jenis Skill Data Scientist yang Wajib Kalian Miliki!

Belajar Data Science di Rumah 28-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7119f31c289ed575bb48443bb85ba7a3_x_Thumbnail800.png

Memiliki skill atau kemampuan akan suatu profesi yang digeluti merupakan salah satu hal penting yang wajib dimiliki. Apabila kalian berprofesi sebagai seorang Public Relations, tentunya kalian perlu memiliki skill berkomunikasi yang mumpuni, dan skill dasar lainnya yang dapat menunjang profesi tersebut.


Sama halnya dengan profesi Data Scientist, profesi yang berkaitan dengan data ini memiliki beberapa skill, baik dari segi soft dan hard. Skill-skill tersebut akan selalu digunakan oleh Data Scientist untuk mengerjakan tanggung jawab mereka dengan baik,efisien, dan profesional. Oleh karena itu artikel ini ditujukan kepada teman-teman yang ingin menjadi seorang Data Scientist dan belum mengetahui skill apa saja yang perlu dimiliki.



1. Tugas Data Scientist

Karena profesinya yang bertugas untuk mengolah data dalam suatu perusahaan untuk dijadikan bahan pengambilan keputusan, Data Scientist bertanggung jawab dalam berbagai hal teknis dalam perusahaan. Berikut tugas-tugas seorang Data Scientist.


  • Meningkatkan prosedur pengumpulan data.

  • Membangung sistem analitik.

  • Memilih fitur dan mengoptimalkannya dengan menggunakan machine learning.

  • Melakukan data mining atau penggalian data.

  • Memperluas data perusahaan dengan sumber informasi yang kredibel.

  • Mengolah, membersihkan, dan memverifikasi data yang akan digunakan.

  • Melakukan analisis data dan menyajikan hasilnya dengan jelas.

  • Membuat sistem deteksi anomali otomatis dan pelacakan konstan kinerjanya.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Hard Skill Data Scientist

Dari tugas atau tanggung jawab yang diemban oleh seorang Data Scientist, seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa profesi tersebut memerlukan beberapa skill dasar yang dapat menunjang pekerjaan mereka agar lebih optimal. Berikut hard skill yang diperlukan oleh seorang Data Scientist.


  • Ilmu statistika dan peluang.

  • Bahasa pemrograman, seperti Python dan R.

  • Data wrangling.

  • Manajemen database.

  • Visualisasi data atau data storytelling.

  • Ilmu seputar bisnis.

  • Tools Data Scientist, seperti Apache Spark, IBM SPSS, Matlab, dan lainnya.


3. Soft Skill Data Scientist

Dalam menjalani suatu profesi pekerjaan, kalian tidak hanya membutuhkan hard skill saja, tetapi kalian juga perlu memiliki soft skill untuk menunjang lingkungan kerja kalian. Dengan soft skill yang mumpuni, dapat dipastikan kinerja kalian akan terlihat baik di mata perusahaan. Soft skill pertama adalah keinginan untuk terus mau belajar atau memiliki rasa penasaran yang tinggi.


Selain itu juga, kalian perlu memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik karena pekerjaan kalian tidak hanya dikerjakan oleh satu orang saja, tetapi dengan banyak orang. Soft skill yang terakhir adalah kerja sama tim atau kolaborasi yang baik, skill tersebut sangat diperlukan karena divisi data hanya bekerja untuk divisinya sendiri saja, melainkan dengan divisi lain seperti manajemen. Oleh karena itu dibutuhkan kerja sama tim yang baik.


4. Jurusan Terkait Data Scientist

Meskipun di Indonesia sudah mulai menyadari akan kebutuhan tenaga kerja Data Scientist, namun masih belum ada jurusan pendidikan data. Jangan sedih dulu, kalian tetap bisa mengikuti beberapa jurusan yang masih terkait dengan profesi Data Scientist, lho! Berikut jurusan-jurusan yang terdapat di Indonesia.


  • Statistika.

  • Sistem informasi atau manajemen informatika.

  • Sistem informasi bisnis.

  • Teknik informatika.

  • Statistika terapan dan komputasi.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Pelajari Semua Skill Data Scientist Bersama DQLab

Bagi kalian yang tertarik untuk mempelajari dasar-dasar dalam menjadi Data Scientist, tetapi tidak memiliki latar belakang pendidikan seperti yang telah disampaikan sebelumnya, kalian tidak perlu takut. Saat ini sudah banyak sekali kursus data yang dapat membantu kalian untuk menjadi salah satu profesi data tanpa latar belakang terkait. Salah satunya adalah DQLab, DQLab merupakan tempat kursus data berbasis online yang dapat menyajikan kalian berbagai keuntungan. 


Dengan sign up di DQLab.id, kalian bisa langsung mengerjakan module ‘Introduction Data Science with Python and R’ secara gratis sebagai materi pertama kalian di DQLab. Selain itu juga, kalian bisa mendapatkan beberapa program belajar yang dapat menambah pengalaman kalian dalam dunia data. Tunggu apalagi? Yuk, gabung dengan DQLab.id dan nikmati sesi belajar data yang menyenangkan!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :