PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 3 Jam 31 Menit 45 Detik

25 Tahun Kerja di Telekomunikasi Mantap Resign Demi Beralih Profesi jadi Data Analyst!

Belajar Data Science di Rumah 06-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-member-sharing-2024-06-26-130702_x_Thumbnail800.jpg

Pernahkah kamu membayangkan untuk beralih profesi di usia matang setelah puluhan tahun berkarier di bidang yang sama? Utus Karta Sanggam, member serta alumni program Tetris Batch 3 DQLab yang berangkat tanpa memiliki latar belakang IT, membuktikan bahwa hal tersebut bukan hanya mimpi belaka. Di usianya yang sudah memiliki banyak jam terbang di dunia non IT, Utus mantap resign dari pekerjaannya di bidang telekomunikasi selama 25 tahun untuk mengejar mimpinya menjadi seorang Data Analyst.


“Saya udah lama bekerja di dunia telekomunikasi dari tahun 1997 sampai 2022, berarti kurang lebih 25 tahun. Mengenal dunia data, kayaknya saya melihat ini menarik kedepannya mangkanya saya memutuskan switching career sebagai tantangan baru.” -kata Utus


Ingin tahu kisah inspiratifnya seperti apa? Yuk, simak selengkapnya berikut ini!


Awal Mula Ketertarikan Utus pada Bidang Data

Kisah inspiratif Utus berawal dari rasa ingin tahu nya yang besar terhadap teknologi cloud computing dan data. Saat bekerja di telekomunikasi, beliau melihat perkembangan teknologi cloud computing dan data yang semakin pesat. Hal ini mendorongnya untuk mempelajari lebih dalam tentang bidang tersebut. Beliau pun mengikuti program pelatihan Data Analytic DTS PROA di Kominfo x Google dengan fokus di bidang Data dan Cloud Computing, sekaligus mendapatkan beasiswa dari Indosat untuk memperdalam bidang Machine Learning. Hal ini semakin memantapkan tekadnya untuk mendalami bidang data. 


“Awalnya sih mulainya saya di kantor liat menyewa storage  cloud computing AWS Amazon. Setelah itu saya liat kayanya kedepannya bakal lebih banyak ke arah cloud computing dan data-data. Mangkanya saya coba belajar waktu itu saya ikut Architecture Solution AWS di Kominfo mempelajari Cloud Computing yang dari AWS” -tutur Utus


Memilih DQLab untuk Kesuksesan Memulai Perjalanan Karier Baru 

Tidak berhenti disitu, Utus kembali memilih DQLab sebagai platform pembelajarannya untuk lebih memperdalam bidang data. Beliau mengikuti berbagai program pelatihan, termasuk Bootcamp Live Class Python & SQL for Beginner. Beliau juga mengikuti TETRIS Batch 3 hingga mendapatkan pengalaman magang sebagai Data Analyst di Xeratic, dan networking yang luas.


“Nggak berhenti disitu saya ngambil pelatihan lagi dari DQLab, yang Python dan SQL di Januari-Februari 2023. Setelah itu ada info TETRIS 3. Jadi satu tahun tuh kayaknya penuh di DQLab semua dari Januari sampai Desember. Setelah mengikuti Data Engineer DTS PROA Kominfo x DQLab di Maret - April 2023, lanjut TETRIS Batch 3 di Mei - Juni 2023. Kemudian lanjut di Xeratic untuk magang jadi Data Analyst selama 5 minggu, dan mengikuti Bootcamp Live Class Machine Learning dan AI for Beginner” -ungkap Utus


Baca juga: Bootcamp Data Analyst with Python & SQL 


Semakin Challenging Semakin Penasaran 

Perjalanan Utus tidak selalu mulus. Beliau sempat merasa tantangan ketika mengikuti TETRIS, dimana Utus harus membagi waktu antara belajar di berbagai platform sekaligus, dan magang di Xeratic. Namun, dengan kegigihan dan tekadnya, Utus berhasil menyelesaikan semua program dan pelatihan yang diikuti dengan sangat baik.  Meskipun banyak materi yang harus dipelajari dalam waktu yang bersamaan.


“Ya, dari awal saya belum tau sampai saya tau, dan paling kesulitan pas TETRIS. Itu kan banyak materinya, apalagi kan dikejar waktu. Saya bilang kan masih baru kok disuruh belajar lagi. Apalagi belajar Python lagi, SQL, kaya database. Ternyata luas banget, sampai sampai kok data engineer juga belajar kubernetes, docker, kontainer-kontainer gitu. Terus ada lagi kaya Pentaho, yang lain juga macem-macem. Selain itu, pas magang di Xeratic juga, karena dikejar waktu, kadang 2 hari harus selesai.” -ujar Utus


Sukses Berkarier sebagai Data Analyst di Xeratic Setelah 1 Tahun Belajar Bersama DQLab

Kegigihan Utus dalam belajar hal baru dan memperdalam skill nya di dunia data dalam waktu yang cukup panjang akhirnya membuahkan hasil nyata. Setelah menyelesaikan semua program pelatihan, beasiswa, dan sertifikasi yang didapatkannya, beliau kini sukses mewujudkan mimpinya untuk berkarier sebagai seorang Data Analyst di Xeratic.


“Pas di TETRIS 3 itu sering ngerjain tugas, terus dapet informasi dari DQLab, saya update aja sertifikat-sertifikat itu di CV nya, mangkanya saya bilang ambil sertifikasi itu bisa membantu.” -ujar Utus


Utus mengaku sampai sekarang ditahun 2024, dirinya masih terus belajar. Sambil kerja sambil belajar. Karena Utus merasa perlu banyak mengenal dunia data agar lebih siap menghadapi tantangan karir.


Tips Sukses Berkarir di Bidang Data

Berdasarkan pengalamannya, Utus membagikan 3 tips sukses bagi para pemula non IT yang ingin fokus berkarier di bidang data: 

  1. Memiliki Niat dan Passion yang Kuat: Pastikan Anda memiliki niat dan passion yang kuat untuk mendalami bidang data.

  2. Konsisten dan Semangat: Tetap konsisten dan semangat dalam belajar dan mengembangkan diri.

  3. Tentukan Tujuan yang Jelas: Tentukan tujuan karir Anda di bidang data, apakah ingin menjadi Data Analyst, Data Engineer, atau Data Scientist.


Kisah Utus adalah bukti nyata bahwa usia bukanlah halangan sama sekali untuk meraih mimpi. Dengan tekad yang kuat dan usaha yang gigih, siapapun bisa berhasil beralih karir dan menemukan passion baru. Ingin mengikuti jejak Utus? DQLab siap membantu sahabat DQ mewujudkan mimpi untuk berkarir di bidang data! 


Nama Member Utus Karta Sanggam
Alumni Program TETRIS Batch 3
Karir Data Analyst Xeratic
Foto

https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3df7e6ad96c98d96d05cc1bacd391b5c_x_Thumbnail300.jpg

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login