[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 16 Jam 16 Menit 41 Detik 

3 Alasan Pentingnya Belajar Data Science, Apa Saja Ya?

Belajar Data Science di Rumah 20-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/aebc89d6ebf52902ed6034a4f61d550d_x_Thumbnail800.png

Pentingnya belajar data science mulai dilirik banyak orang. Kini tanpa disadari kita sudah memasuki era digital. Hampir seluruh aktivitas kita bisa melalui online. Dari aktivitas ini akan menghasilkan kumpulan data. Perusahaan-perusahaan besar maupun kecil mulai menyadari pentingnya data bagi keberlangsungan bisnisnya. Begitupun dengan instansi pemerintahan hingga rumah sakit juga mulai sadar pentingya data untuk meningkatkan pelayanannya.  


Orang-orang yang sudah mendalami bidang IT sampai pemula sekalipun mulai belajar mengenai data science dengan berbagai tujuan seperti untuk mengupgrade skill hingga beralih profesi. Beragam kursus online maupun offline belajar data science juga mulai menjamur dengan modul-modul yang menarik dan terstruktur. Dari penjelasan tersebut, apakah alasan pentingnya belajar data science? Simak dibawah ini, yuk!


1. Menjadi Profesi Yang Menjanjikan

Profesi sebagai praktisi data seperti Data Scientist merupakan profesi terseksi di abad ini. Profesi ini cukup menjanjikan di masa mendatang setidaknya dalam 5 tahun kedepan. Gaji yang ditawarkan juga cukup tinggi bisa sampai diatas dua digit. Seperti yang sudah diterangkan, perusahaan-perusahaan besar maupun kecil mulai menyadari pentingnya data untuk keberhasilan bisnisnya. Hal ini menjadikan tingginya kebutuhan perusahaan akan praktisi data seperti Data Scientist, Data Analyst, dan Data Engineer. Di Indonesia sendiri tenaga praktisi data masih kurang karena dalam belajar data science dibutuhkan skill yang spesifik agar dapat mengolah data dengan baik. Selain itu, kemampuan dalam mengkomunikasikan hasil pengolahan data juga penting agar mudah dipahami orang banyak. Namun jika dilihat dari sisi lain, lowongan sebagai praktisi data masih terbuka lebar. Jadi, teruslah asah skill dan gapai impian menjadi Data Scientist yang handal. 

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Pedoman Dalam Menerapkan Strategi Bisnis

Kumpulan data yang besar jika diolah dengan baik dan menggunakan metode yang tepat, akan memperoleh informasi atau insight yang berguna. Informasi ini dapat dijadikan pedoman dalam pengambilan kesimpulan yang menjadi penentu penerapan strategi bisnis selanjutnya. Saat ini semua orang bisa dengan mudah membangun bisnis. Hal ini menyebabkan ketatnya persaingan bisnis baik itu skala besar maupun skala kecil. Dengan menerapkan data science, perusahaan akan selangkah lebih maju karena dapat terus memperbarui strategi bisnisnya lebih cepat dari pesaingnya. Dalam menentukan strategi bisnis lanjutan, bisa berdasarkan berbagai aspek seperti preferensi konsumen terhadap suatu produk, tinggi atau rendahnya penjualan produk di cabang tertentu, kebiasaan konsumen dalam membeli barang tertentu bersamaan, dan sebagainya. Perusahaan juga dapat memprediksi kejadian yang akan datang yang sekiranya akan mempengaruhi bisnisnya. Ini sangat menguntungkan karena dengan data science, kumpulan data yang sangat banyak dapat diolah secara efisien dan akurat. 

3. Bersiap Menghadapi Tren Di Masa Mendatang

Revolusi industri 4.0 adalah sebutan untuk era saat ini dimana teknologi informasi menjadi faktor penting dalam perkembangan industri. Dari bisnis hingga aktivitas sehari-hari sekarang tidak terlepas dari pemanfaatan teknologi informasi. Untuk menghadapi tren di masa mendatang, belajar data science menjadi salah satu hal penting. Dengan data science kita akan mampu menganalisis data dimanapun berada, kemampuan problem solving yang baik, dan skill di berbagai bidang ilmu lainnya yang mana diketahui bahwa data science terdiri dari bidang ilmu matematika, statistik, dan komputer. Ketiga bidang ilmu tersebut berkolaborasi yang diharapkan dapat mendukung perkembangan industri yang meliputi pengumpulan data, mengolah data, memvisualisasikan data, dan menarik kesimpulan darinya. Sebagai praktisi data seperti Data Scientist, dituntut untuk selalu bisa beradaptasi dengan tren yang terus berubah-ubah. 

Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!                                             

Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

Penulis : Dita Kurniasari

Editor : Annissa Widya

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!