TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

1 Hari 16 Jam 27 Menit 6 Detik

3 Cara Data Science Dapat Membantu Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 05-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5ce3ffbeacf0ea5ce9e8908e763d2eeb_x_Thumbnail800.jpeg

Bagi orang awam, data science terlihat seperti alkimia modern. Padahal, jika ditelisik lebih dalam, data science merupakan kombinasi dari pengetahuan matematika dan statistik yang luas yang digabungkan dengan kemampuan di bidang tertentu yang telah dikuasai oleh seorang ahli data science, yang saat ini dikenal dengan data scientist. Tingginya produksi data di berbagai bidang, menyebabkan data science semakin banyak dilirik karena dapat membantu berbagai permasalahan, mulai dari bisnis, kesehatan, pelayanan konsumen, bahkan keuangan dan pendidikan. Bisa bayangkan bukan se-powerful apa data science untuk mengolah big data?


Di era teknologi kesadaran pemanfaatan data di kalangan pegiat bisnis mulai meningkat. Mereka mulai sadar untuk menggunakan data dalam pengambilan keputusan, bukan lagi menggunakan feeling bahkan intuisi. Hal ini karena dengan bantuan data science, output yang dihasilkan berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan sehingga strategi yang dibuat oleh pegiat bisnis lebih terukur dan efisien. Apa saja hal yang bisa dilakukan oleh data science untuk membantu bisnis berkembang lebih baik? Yuk kita simak artikel ini hingga akhir!


1. Dinamika Data Science dan Masalah Bisnis

Di dunia bisnis, masalah krusial yang sebenarnya terjadi tidak terlihat. Hal ini terjadi di semua level bisnis, baik bisnis besar maupun kecil. Tidak sedikit bisnis yang memiliki begitu banyak prioritas sehingga tidak dapat melihat hal yang paling mendesak yang perlu ditangani sesegera mungkin. Di sinilah data science diperlukan. Dengan bantuan data science, pegiat bisnis bisa mengolah data dan mengidentifikasi adanya anomali yang dapat merugikan bisnis. Semakin cepat anomali-anomali ini ditemukan, maka semakin dekat pula tindakan preventif bisa dipikirkan untuk meminimalisir masalah-masalah yang mungkin terjadi di kemudian hari. 


Data Science


Mata manusia tidak dapat melihat pola dalam kumpulan data sebesar yang dibutuhkan oleh bisnis. Oleh karena itu, perlu adanya komputer dan analisis untuk mendapatkan insight yang berarti. Analisis data dan business intelligence dapat memanfaatkan KPI untuk mengidentifikasi prioritas berdasarkan data yang relevan untuk masalah yang mungkin muncul.


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Peningkatan Inovatif

Data Science

Salah satu tujuan dari bisnis adalah untuk menjual produk atau jasa. Dengan data science, pegiat bisnis dapat mengidentifikasi hal apa yang mendorong dan memotivasi konsumen untuk membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan. Dengan bantuan data scientist, stakeholders dapat memahami hal apa yang akan memicu tindakan dari calon konsumen yang terkadang lebih baik daripada yang diketahui si konsumen itu sendiri. Dengan demikian, stakeholders bisnis dapat membuat inovasi pada produk atau strategi marketing yang sesuai dengan target konsumen mereka.


3. Mengembangkan Produk Dan Layanan Baru

Semakin canggihnya teknologi, mendorong semakin banyaknya kemunculan produk atau layanan baru yang sebelumnya belum ada sama sekali. Contoh populer untuk case ini adalah perusahaan Netflix. Netflix memulai pelayanannya sebagai alternatif yang nyaman dan terjangkau untuk persewaan film yang lebih mudah. Seiring berkembangnya tuntutan dan teknologi, layanan netflix secara bertahap juga berkembang. Dengan menawarkan layanan streaming sebagai opsi tontonan sekunder, konsumen mengenali kenyamanannya dan layanan streaming menjadi model tontonan paling populer. Dengan bantuan data science, stakeholders dapat mengidentifikasi pola-pola atau kebiasaan konsumen dan menggunakan hasilnya untuk mengembangkan produk atau layanan baru yang diperlukan atau dapat mempermudah pekerjaan konsumen.


Data Science


4. Identifikasi Data Value

Semua orang dapat memiliki data, namun tidak semua orang bisa melihat potensi, informasi, dan insight penting yang ada di dalam data. Data dapat membuka peluang baru yang mungkin tidak terpikirkan oleh orang lain. Namun, tanpa adanya metode analisis yang tepat, data tidak akan berguna karena tidak diolah dengan tepat sehingga informasi yang tersembunyi di dalamnya tidak tersampaikan. Dengan berbagai metode analisis yang masih berpotongan dengan data science, penggiat bisnis dapat menemukan informasi yang belum tentu ditemukan oleh kompetitornya sehingga dapat menghasilkan strategi selangkah lebih depan dari kompetitornya. 

Data Science


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Sudah siap berkarir di era digital yang akan banyak memerlukan data scientist? Yuk siapkan diri kamu dan perdalam skill data science-mu bersama DQLab! DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. 


Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti training corporate DQLab dengan klik tautan https://dqlab.id/b2b  berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :