PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 4 Jam 54 Menit 5 Detik

3 Contoh Data Science Dalam Proses Pengolahan Data Yang Perlu Diketahui

Belajar Data Science di Rumah 24-Februari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/cfb3a95e63441257369ba581144d9779_x_Thumbnail800.png

Contoh data science dalam proses pengolahan data ada banyak. Sebelum membahas tentang contoh data science, ada baiknya paham terlebih dahulu apa itu data science. Data science merupakan bidang ilmu yang terbentuk dari disiplin ilmu matematika, statistik, dan komputer. Kombinasi disiplin ilmu pada data science ini digunakan untuk mempermudah proses komputasi atau pengolahan data. Dengan begitu, penarikan kesimpulan atau informasi penting dari suatu kumpulan data akan menjadi lebih cepat didapatkan.


Proses pengolahan data meliputi pengumpulan data, editing dan koding data, serta penyajian dan analisis data. Tahapan-tahapan ini harus dilakukan dengan teliti agar hasil yang diperoleh dapat menjawab permasalahan yang ada. Di era industri 4.0 kini, banyak perusahaan yang menerapkan data science untuk mempercepat proses pengolahan datanya. Yuk, simak beberapa contoh penerapan data science dalam pengolahan data dibawah ini.


1. Artificial Intelligence

Artificial intelligence atau kecerdasan buatan merupakan sistem komputer yang dikembangkan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang umumnya dilakukan oleh manusia. Artificial intelligence mempelajari data dengan menggabungkan data dengan cepat dalam jumlah besar, memproses atau mengolah data secara berulang menggunakan algoritma tertentu yang memungkinkan suatu perangkat dapat mengerjakan pekerjaan yang dikerjakan manusia. Mungkin kita semua pernah mendengar atau melihat berita dimana mobil bisa berjalan sendiri. Nah, disinilah AI berperan. Contoh lainnya adalah personal assistant pada website kecantikan. Seperti perusahaan L"Orèal yang menggunakan AI untuk mendeteksi permasalahan kulit wajah. Pengguna cukup merekam wajah pada fitur yang sudah disediakan dan AI akan bekerja menganalisa data. Hasil dari analisa ini adalah penjelasan mengenai kondisi kulit wajah dan rekomendasi produk apa yang sebaiknya digunakan oleh pengguna.

Baca juga : Ini yang Akan Kamu Pelajari di Kelas Data Science DQLab!


2. Machine Learning

Machine learning merupakan bagian dari Artificial Intelligence. Machine learning terdiri dari disiplin ilmu matematika, statistik, dan data mining yang dikembangkan untuk mesin agar dapat belajar sendiri tanpa perlu diperintah. Machine learning bekerja dengan mempelajari atau menganalisa data yang diberikan saat pengembangan dan penggunaan machine learning. Di kehidupan sehari-hari tanpa disadari, kita sudah menemukan machine learning. Contohnya smartphone yang sekarang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Beberapa tipe smartphone dilengkapi dengan fitur face unlock yaitu fitur pembuka kunci dengan analisa wajah. Disana machine learning bekerja dengan mengenali wajah pengguna menggunakan algoritma tertentu. Contoh lainnya adalah media sosial. Siapa yang tidak tahu Facebook atau Instagram? Dua aplikasi ini masih menjadi media sosial yang populer. Saat menggunakan media sosial ini pernahkah kamu diberikan iklan? Ini juga adalah kinerja machine learning. Machine learning memberikan rekomendasi iklan sesuai dengan preferensi pengguna atau history pencarian yang pernah dilakukan.


3. Internet of Things

Internet of things merupakan konsep komputasi yang menghubungkan objek yang dapat ditemukan sehari-hari dengan internet dan bisa disambungkan ke perangkat lain. Manfaat dari IoT yaitu konektivitas meningkat, lebih efisien, dan kemudahan yang ditawarkan dalam pengoperasiannya. Contoh IoT adalah smart lock. Kita tidak perlu lagi menggunakan kunci untuk membuka pintu, cukup dengan smartphone kita bisa membuka pintu. Di bidang kesehatan IoT juga dapt diterapkan. Internet of things dapat digunakan untuk memudahkan dalam proses pendataan detak jantung, perhitungan kadar gula darah, dan sebagainya. Sehingga tenaga medis tidak perlu lagi mencatat data tersebut secara manual. Informasi atau data yang terekam akan disimpan dalam database yang kemudian dikirimkan ke mesin IoT untuk dapat melakukan pekerjaannya sesuai dengan algoritma yang diterapkan pada mesin.

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!

Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi.

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

Penulis : Dita Kurniasari

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login