DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 22 Jam : 6 Menit : 18 Detik

3 Contoh Data Science yang Ternyata Sering Kita Jumpai di Kehidupan Sehari-hari

Belajar Data Science di Rumah 18-Februari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/60f24aea8e9f9730a586ac3f283a14ec_x_Thumbnail800.png

Data Science telah mengubah banyak hal dalam kehidupan kita saat ini, terlebih lagi ketika teknologi digital mulai digunakan di berbagai sektor. Sebenarnya sektor-sektor yang beralih ke teknologi digital tidak melakukan itu tanpa alasan, melainkan karena agar bisnis yang sedang dijalani bisa bertahan. Ketika era mulai berubah, satu-satunya hal yang bisa kita lakukan adalah mengikuti perkembangan zaman dengan terus berinovasi.

Tanpa kita sadari hal ini membuat pengaplikasian Data Science menjadi begitu erat kaitannya dengan kehidupan kita sehari-hari. Hal ini jika digunakan dengan benar, maka dapat mempermudah pekerjaan kita, namun jika dimanfaatkan untuk hal yang buruk, pastinya juga akan berdampak buruk. Pada dasarnya, teknologi hanyalah alat. Baik buruknya alat akan bergantung kepada bagaimana cara si penggunanya. Dalam artikel ini, kita akan membahas contoh Data Science yang sudah sangat akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Penasaran kan? Yuk, simak artikelnya!

1. Asisten Virtual

Asisten virtual merupakan salah satu contoh Data Science yang sangat akrab dalam kehidupan kita, misalnya Siri di Iphone, Google Now di Android, dan masih banyak lagi. Dengan adanya asisten virtual ini, dapat membantu untuk memasang alarm, mencari sesuatu di google, menanyakan cuaca, dan hal hal lainnya yang tidak pernah terpikirkan bisa dilakukan oleh robot. Tentunya hal ini akan sangat mempermudah kita, apalagi ketika kita harus melakukan banyak pekerjaan secara bersamaan.

Baca juga : Ini yang Akan Kamu Pelajari di Kelas Data Science DQLab!

2. Chatbot Kesehatan

Contoh selanjutnya dari penerapan Data Science adalah chatbot kesehatan. Di Inggris, ada sebuah chatbot kesehatan yang bernama Babylon Health yang dapat digunakan untuk mendiagnosa penyakit. Tidak hanya dapat memberikan jawaban dalam bentuk chat, namun chatbot ini juga bisa berinteraksi dengan suara karena telah dilengkapi dengan fitur speech recognition. Ini tentunya akan sangat mempermudah kita karena hasil diagnosa yang diberikan dapat memberikan gambaran tentang penyakit yang kita miliki meskipun kita tetap harus mengunjungi dokter untuk lebih jelasnya.

3. Filter Pesan Spam

Kamu pasti pernah melihat email yang dikategorikan sebagai pesan spam secara otomatis, tapi pernahkah kamu bertanya siapa yang melakukan hal tersebut? Ternyata itu merupakan salah satu contoh dari pengaplikasian Data Science. Algoritma Decision Tree merupakan cikal bakal dari algoritma yang digunakan untuk spam filtering, dimana mesin akan menentukan apakah pesan tersebut termasuk sebagai pesan spam atau bukan.

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

4. Mau Seperti Yoga? Yuk Mulai Belajar Data Science bersama DQLab, Gratis 1 Bulan!



Gunakan Kode Voucher “DQTRIAL”, dan simak informasi dibawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher “DQTRIAL” dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

Penulis: Gifa Delyani

Editor: Annissa Widya



Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!