GET YOUR 30-DAY FREE TRIAL
Akses semua materi belajar DQLab Gratis Claim Now

3 Contoh Kasus Data Science Paling Revolusioner

3 Contoh Kasus Data Science Paling Revolusioner

Belajar Data Science di Rumah 07-Januari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/08902189d334e5b7291b745000c17b0d_100_persen.jpg

Sebelum membahas mengenai contoh kasus data science di industri, pahami terlebih dahulu apa itu data science dan untuk apa ilmu ini diterapkan ? Secara umum data science merupakan irisan dari beberapa bidang keilmuan seperti statistika, ilmu komputer, dan juga bisnis yang bertujuan untuk menggali data serta mencari pola di balik data-data tersebut agar dapat menghasilkan sebuah informasi yang berguna untuk mendukung keputusan. Ilmu data science selain diterapkan untuk pendukung keputusan tapi juga digunakan untuk melakukan prediksi analitik kausal prediktif, analitik prospektif dan pembelajaran mesin. Data science memiliki peran penting di berbagai bidang industri seperti bidang keuangan, pemasaran, transportasi, dan lainnya.


Pada artikel ini, kita akan mengeksplorasi 3 contoh kasus data science yang membawa perubahan pada kebiasaan serta gaya hidup kita, dan bisa dibilang sangat revolusioner. Langsung saja dari pada penasaran simak artikel ini bersama DQLab sampai tuntas.

1. Data Science di Bidang E-commerce

Apa kamu tahu, bahwa data science sangat penting untuk industri e-commerce mengingat 5 tahun belakangan tren startup di sektor ini cukup banyak. Data science dapat membantu perusahaan untuk melakukan prediksi terhadap laba, rugi, serta penjualan mereka. Perusahaan menerapkan data science untuk mempengaruhi konsumen agar membeli produk mereka dengan menggunakan data konsumen untuk melakukan evaluasi kebutuhan dan juga minat konsumen tersebut. Adapun cara bagaimana data science bisa mempengaruhi bidang e-commerce, yang pertama ketika kamu melakukan pencarian suatu produk di internet, riwayat pencarian kamu dapat dijadikan sebagai data untuk mempromosikan produk e-commerce yang sesuai dengan minat kamu berupa sistem rekomendasi. Pasti kamu pernah mengalami saat dimana kamu telah melakukan pencarian terkait produk sepatu, coba kamu perhatikan bagian rekomendasi akan menampilkan produk-produk sepatu. Yang kedua dari sisi perusahaan menggunakan data science untuk melakukan analisis sentimen terhadap ulasan produk mereka yang nantinya dapat dijadikan bahan evaluasi untuk kemajuan perusahaan.


Baca juga : Belajar Data Analyst dengan Akses DQLab Module Python for Data Professional Beginner Part 1 Sekarang!


2. Data Science di Bidang Kesehatan

Di urutan kedua data science membawa perubahan besar dalam bidang kesehatan, penggunaan peralatan kesehatan yang modern menghasilkan data yang dapat digunakan untuk mengambil beberapa keputusan penting. Lantas bagaimana data science dapat berperan dalam bidang kesehatan, berikut beberapa diantaranya:


Pertama untuk melakukan prediksi mengenai kondisi kesehatan pasien, data science digunakan untuk menganalisa data pasien berdasarkan riwayat kesehatan sebelumnya, gejala yang dialami, obat-obatan yang dikonsumsi, dan lainnya. Data tersebut dapat dijadikan variabel yang digunakan sebagai alat bantu diagnosa penyakit pasien. Lalu yang kedua adalah untuk analisis citra medis, berbagai tes seperti X-ray, Magnetic Resonance Imaging disingkat MRI, computed tomography, dll ditingkatkan dengan menggunakan analisis gambar. Yang ketiga yang baru-baru ini terjadi data science digunakan untuk membuat sebuah workplace monitoring tool untuk mengawasi social distancing di masa pandemi, selain itu dengan data science dapat digunakan untuk membuat dashboard persebaran covid-19 untuk menimbulkan awareness di masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan.

3. Data Science di Bidang Travelling

Berikutnya di bidang travelling juga mengalami perubahan yang cukup besar karena adanya data science. Sama seperti bidang e-commerce saat ini sudah banyak situs web pemesanan maskapai penerbangan, hotel, dan juga reservasi kereta api. Dengan data science perusahaan menyediakan layanan yang dipersonalisasi dengan membagi orang ke dalam kelompok yang berbeda berdasarkan minat dan preferensi mereka. Data dari berbagai sumber seperti media sosial digunakan untuk tujuan ini. Selain itu analisis sentimen juga berperan penting dalam mengidentifikasi ulasan pelanggan sebagai bahan masukan untuk memperbaiki produk dan layanan mereka. Optimalisasi Rute sangat penting untuk industri travelling. Data Science digunakan untuk menyediakan informasi terkait biaya perjalanan, jadwal waktu, dan rute yang optimal bagi pelanggan. Real-time analisis juga tak kalah penting untuk pariwisata yang dapat digunakan perusahaan untuk memprediksi peluang di masa depan untuk ekspansi bisnis secara real-time. Data science sangat berperan dalam membantu dalam penjualan tiket promo pada kelompok-kelompok konsumen tertentu, hal ini secara tidak langsung dapat menimbulkan rasa loyalitas konsumen terhadap bisnis tersebut.


Baca juga : Belajar Data Science dan Lanjutkan Perjalananmu Menjadi Aksara! Yuk, Akses “Data Analyst Python Career Track” Sekarang!


4.Yuk, Belajar Data Science Gratis Sekarang !!!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Akses module Introduction to Data Science

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!