BANGUN KETERAMPILAN ILMU DATA SCIENCE SECARA ONLINE
Buat Akun DQLab, dan akses kelas R & Python GRATIS DAFTAR DISINI

3 Contoh Penerapan Data Science Di Era Revolusi Industri 4.0

Belajar Data Science di Rumah 17-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ce6338634fffa65657c6231f365450ed_x_Thumbnail800.jpg

Era kini dikatakan sudah memasuki era revolusi industri 4.0. yaitu fenomena yang berkembang oleh pengkolaborasian teknologi siber dan teknologi otomatisasi. Data Science adalah bidang ilmu yang dimanfaatkan dalam menghadapi era ini. Data Science merupakan bidang ilmu yang terbentuk dari kombinasi disiplin ilmu matematika, statistika, dan komputer. Tujuannya tidak lain adalah untuk memudahkan pekerjaan komputasi lebih cepat dan bisa dianalisis untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat. 


Tanpa disadari, Data Science sudah banyak diterapkan pada berbagai sektor salah satunya sektor bisnis. Data Science bisa diterapkan dalam berbagai jenis bisnis. Contohnya bisnis kecantikan. Bisnis ini biasanya memfokuskan pemasarannya pada kalangan wanita untuk berbagai usia. 


Apa saja contoh penerapan Data Science dalam bisnis kecantikan? Yuk, cari tahu disini!


1. E-Commerce 

Dahulu ketika kita ingin membeli kebutuhan sehari-hari kita harus pergi ke toko untuk mendapatkannya. Terkadang sampai harus mengunjungi berbagai toko jika barang yang dicari tidak kita temukan. Namun saat ini kita bisa hanya duduk dirumah dan membeli barang yang dibutuhkan melalui smartphone. Banyak perusahaan mulai mengembangkan e-commerce untuk meningkatkan penjualannya dan memperluas pasar. Demikian juga dilakukan perusahaan yang bergerak dibidang kecantikan. Mereka membangun e-commerce dalam bentuk aplikasi atau web yang mudah diakses semua orang untuk berbelanja produk kecantikan. Dengan ini perusahaan akan menjangkau konsumen lebih banyak karena tidak terpaku hanya pada konsumen yang berkunjung ke offline store. 

Baca juga : Ini yang Akan Kamu Pelajari di Kelas Data Science DQLab!


2. Virtual Mirror 

Salah satu bagian dari ilmu Data Science adalah Artificial Intelligence (AI). Ketika berbelanja di beauty e-commerce terkadang kita bingung menentukan warna makeup yang cocok untuk kulit hanya dengan melihat contoh warna yang ada. Untuk itu ada beberapa perusahaan yang mengembangkan beauty e-commerce menambahkan fitur deteksi wajah. Nah, ini merupakan contoh penerapan ilmu Data Science dengan AI. Fitur pendeteksi wajah ini akan mendeteksi warna kulit agar kita lebih mudah dalam memilih warna foundation, lipstick, pewarna rambut, dan sebagainya sesuai yang disediakan oleh pengembang. 

3. Personal Beauty Assistant

Para pengembang ada yang menyediakan fitur personal beauty assistant. Aplikasi ini merupakan asisten kecantikan pribadi yang mampu memberikan rekomendasi berbagai produk kecantikan kepada penggunanya. Pengguna hanya perlu mengisikan informasi berdasarkan pertanyaan yang diberikan oleh aplikasi misalnya warna kulit, warna rambut, preferensi tampilan, dan lainnya. Setelah itu aplikasi akan memberikan tips kecantikan, tutorial, penampilan yang diinginkan, dan rekomendasi produk yang sesuai berdasarkan informasi yang diberikan pengguna.

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


5. Yuk Mulai Belajar Menerapkan Data Science Bersama DQLab Sekarang!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis : Dita Kurniasari

Editor : Annissa Widya


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!