PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 2 Jam 41 Menit 41 Detik

Belajar Data Scientist : 3 Hal yang Harus Dikuasai oleh seorang Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 07-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/823600c7655562d52b37043860bbb291_x_Thumbnail800.png

Perkembangan ilmu Data Science sangatlah cepat. Hal ini juga didukung oleh banyaknya data yang bisa diambil secara bebas dengan berbagai format dan variasi yang ada. Sehingga tidak heran, jika hari ini foto saja dapat dijadikan data untuk mengenal wajah seseorang. Perkembangan inilah yang kemudian membuat nama Data Science menjadi sangat booming akhir-akhir ini. Banyak perusahaan yang mulai mencari seseorang yang tepat untuk menempati posisi Data Scientist atau posisi lainnya yang berhubungan dengan Data Science. Hal ini tidak hanya terjadi di luar negeri, namun juga di Indonesia.

Banyak orang yang melihat hal ini sebagai sebuah peluang yang sangat bagus, selain karena pekerjaan ini terlihat sangat keren, gaji yang ditawarkan pun sangat fantastis. Tidak heran jika banyak orang yang memutuskan untuk banting setir dari profesi lamanya lalu berkarir di bidang Data Science, entah itu sebagai Data Scientist, Data Analyst, ataupun Data Engineering. Nah, dalam artikel ini akan dibahas hal apa saja yang mungkin akan sangat berguna dalam pekerjaan seorang Data Scientist. Penasaran kan? Yuk, simak artikelnya!

1. Data Mining

Seperti namanya, data mining merupakan proses penambangan data. Proses penambangan ini tidaklah sama dengan proses mendapatkan data dari database yang telah ada. Data Mining dapat dilakukan dengan mengkombinasikan teknik statistika, matematika, hingga memanfaatkan teknologi artificial. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi serta mengekstraksi data untuk mendapatkan informasi yang berhubungan dengan big data. Data Mining juda dikenal dengan istilah discovery data. Fungsi utama dari Data Mining terbagi menjadi empat yaitu prediksi, deskripsi, klasifikasi, dan asosiasi.

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

2. Machine Learning

Machine Learning yang merupakan bagian dari Artificial Intelligence menjadi hal lain yang juga harus dikuasai oleh seorang Data Scientist. Seperti namanya, Machine Learning merupakan mesin yang akan terus mempelajari pola yang ada. Untuk dapat meningkatkan keakuratan dari mesin ini, maka membutuhkan data training dalam jumlah yang cukup banyak. Sama seperti manusia, semakin banyak membaca buku maka pengetahuannya juga akan bertambah, begitupun di machine learning ini. Pada dasarnya Machine Learning ini tercipta untuk mempermudah manusia dalam mengambil keputusan. Machine Learning secara umum terbagi menjadi 3, yaitu Supervised Learning, Unsupervised Learning, dan Reinforcement Learning.

3. Data Visualization

Data Visualization juga menjadi hal wajib untuk dikuasai. Data Visualization ini merupakan proses pengubahan data yang bukan visual ke dalam bentuk visual. Hal ini akan sangat membantu jika ingin mengetahui karakteristik data dengan cepat, selain itu juga dapat digunakan untuk reporting dan monitoring. Namun yang perlu diperhatikan adalah visualisasi yang dibuat harus dapat terbaca dan dapat dikenali. Agar hal ini dapat tercapai, maka sangat perlu memperhatikan bentuk chart yang sesuai dengan data. Misalkan untuk melihat trend, dapat digunakan line chart. Kemudian untuk membandingkan ketgori yang kurang dari lima bisa menggunakan pie chart, sedangkan jika lebih dari 5 maka dapat menggunakan bar chart.

Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar

4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

    Penulis: Gifa Delyani

    Editor : Annissawd


    Mulai Karier
    sebagai Praktisi
    Data Bersama
    DQLab

    Daftar sekarang dan ambil langkah
    pertamamu untuk mengenal
    Data Science.

    Buat Akun


    Atau

    Sudah punya akun? Login