PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 14 Jam 33 Menit 28 Detik 

3 Kemampuan Utama untuk Menjadi Data Analyst Profesional

Belajar Data Science di Rumah 15-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d1bb1b74cafa02fd69d323cbace7abf5_x_Thumbnail800.jpeg

Profesi Data Analyst lebih dari sekedar pengolah angka. Pada dasarnya Seorang Data Analyst akan mempelajari data yang ada untuk mengidentifikasi insight tentang pelanggan dalam suatu bisnis. Tidak hanya itu, Data Analyst juga harus mengetahui cara menggunakan data untuk memecahkan masalah serta untuk meningkatkan keuntungan. Tidak bisa dipungkiri, lahirnya suatu perusahaan memang bertujuan untuk mencari keuntungan. Informasi yang nantinya didapatkan dari hasil pengolahan data ini akan disampaikan kepada para pimpinan perusahaan dan stakeholder lainnya.

Di dunia yang didorong oleh perkembangan teknologi, data menjadi hal yang sangat penting untuk menjadi dasar dalam pemecahan masalah. Dengan berkarir sebagai Data Analyst, Sahabat DQ bisa memegang peranan penting dalam menentukan pertumbuhan dan kesuksesan perusahaan tempatmu bekerja. Jika Sahabat DQ tertarik menjadi Data Analyst, setidaknya ada 3 kemampuan yang harus dikuasai dengan baik. Apa saja ya? Yuk, simak pembahasannya!


1.Analytical Skill

Data Analyst

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang Data Analyst adalah analytical skill atau kemampuan dalam menganalisis. Tugas utama seorang Data Analyst adalah memecahkan masalah yang dihadapi dengan menggunakan data. Dengan adanya kemampuan analytical ini, kita akan menjadi lebih mudah untuk menentukan hal apa saja yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah. Biasanya, orang yang memiliki analytical skill dapat membedah masalahnya sehingga bisa memutuskan langkah yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2.Numerical Skill

Data Analyst

Kemampuan selanjutnya yang harus dimiliki oleh Data Analyst adalah numerical skill. Kemampuan yang satu ini identik dengan perhitungan dan juga ilmu statistika. Jika ditelusuri lebih dalam, pekerjaan seorang Data Analyst membutuhkan ilmu Data Science, dimana ilmu ini sangat erat kaitannya dengan pengukuran dan statistika. Dalam proses pengolahan data hingga penentuan metode pengolahan data yang akan digunakan, ilmu statistika akan dibutuhkan. Sehingga numerical skill ini haruslah dimiliki oleh Data Analyst. 


3.Technical Skill

Data Analyst

Kemampuan selanjutnya yang harus ada adalah technical skill. Pada technical skill ini, kamu akan dituntut untuk bisa menggunakan berbagai software serta bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk mengolah dan menyajikan data. Data yang ada saat ini sangatlah banyak jumlahnya, tentu jika harus diolah secara manual tanpa bantuan software dan bahasa pemrograman akan memakan waktu yang sangat lama dan tidak efektif lagi. Seorang Data Analyst biasanya akan banyak menggunakan BI tools untuk menyajikan hasil temuannya, serta bahasa pemrograman seperti SQL, R, dan sesekali menggunakan Python.


4.Pemahaman akan Bisnis yang Dijalankan

Data Analyst

Kemampuan lain yang tidak kalah penting untuk dikuasai oleh Data Analyst adalah kita harus memiliki pemahaman yang cukup akan bisnis yang sedang dijalankan. Sebenarnya, hal ini merupakan hal yang paling utama untuk dikuasai, karena meskipun sudah memiliki skill lainnya namun tidak memiliki pondasi yang kuat terhadap pemahaman bisnis yang sedang dijalankan, maka keputusan yang akan diambil bisa jadi tidak sesuai dengan kebutuhan. Dengan menguasai skill ini, Data Analyst akan lebih mudah dalam melakukan problem solving dan juga menyampaikan hasil temuannya.

Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya


Jika kamu tertarik menjadi Data Analyst, kamu harus bisa meningkatkan nilai jual mu di mata recruiter. Hal ini dapat kamu lakukan dengan membuat portofolio data. Nah, kalau kamu bingung mau mengerjakan apa untuk menjadi portofolio mu, kamu bisa memanfaatkan berbagai project yang telah disediakan oleh DQLab dalam berbagai bahasa pemrograman. Selain bisa digunakan untuk membuat portofolio, mengerjakan project juga bisa menguji kemampuanmu. Nah, untuk mengerjakan project caranya gampang banget, kamu cukup mendaftarkan dirimu sebagai member di DQLab. Tunggu apa lagi? Yuk, bangun portofolio mu dan jadi praktisi data yang profesional di bidangnya!

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :