TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 2 Jam 52 Menit 9 Detik

3 Kiat Belajar Menjadi Data Scientist Secara Otodidak

Belajar Data Science di Rumah 14-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d6203f8a0f63bf9e3925dc096e954bf4_x_Thumbnail800.jpg

"The Sexiest Job of The 21st Century" merupakan julukan yang tepat untuk profesi Data Scientist saat ini. Mengapa ? Karena fenomena Big Data yang semakin tinggi, membuat perusahaan membutuhkan seorang praktisi data khususnya Data Scientist untuk melakukan analisis data agar mendapatkan sebuah insight sebagai pengembangan bisnis. Akan tetapi, kebutuhan akan profesi ini tidak selaras dengan ketersediaan sumber daya manusia nya membuat perusahaan rela memberikan gaji yang tinggi kepada mereka. Selain itu, profesi Data Scientist itu multidisiplin ilmu bukan hanya background ilmu komputer atau statistik saja yang bisa menjadi seorang Data Scientist. Karena itulah semua orang berlomba-lomba untuk belajar Data Scientist.


Sekarang apa kamu salah satu orang yang ingin berkarir sebagai seorang Data Scientist ? Tapi kamu bukan dari background ilmu komputer dan statistik ? Bingung harus mulai belajar dari mana ? Jika iya, artikel ini sangat tepat untuk menjawab keresahan kamu. DQLab akan membagi 3 kiat untuk belajar Data Scientist secara otodidak. Untuk itu simak sampai tuntas artikel berikut, ya.


1. Pelajari Skill Dasar Data Scientist Otodidak dari Internet

Belajar dari internet merupakan cara mudah dan murah mendapatkan ilmu pengetahuan serta wawasan baru. Selama kamu memiliki kemauan kuat untuk mempelajari suatu hal semua sudah dapat dengan mudah kamu akses dan cari di internet, salah satunya untuk mempelajari mengenai Data Scientist. Ada banyak ebook gratis, jurnal, bahkan video tutorial baik dari nasional maupun internasional yang bisa kamu akses secara cuma-cuma. 


Kamu bisa memulai untuk mencari tahu mengenai skill dasar yang harus dikuasai Data Scientist, seperti ilmu statistika, matematika dan machine learning. Ketiga skill tersebut merupakan pondasi, dimana fungsi dari ilmu statistika dan matematika dalam data science adalah untuk mengetahui pola-pola data beserta algoritmanya. Sedangkan machine learning merupakan irisan dari ilmu statistika, matematika serta ilmu komputer yang berguna untuk melakukan pembelajaran terhadap mesin/komputer serta menerapkan algoritma machine learning mana yang paling optimal dari segi akurasinya. 


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Memahami Bahasa Pemrograman Python dan Aktif di Komunitas nya.

Setelah kamu memahami skill dasar Data Scientist, berikutnya kamu harus menentukan bahasa pemrograman. Mengapa Python ? Karena bahasa pemrograman tersebut memiliki komunitas yang besar baik dalam negeri ataupun mancanegara, sehingga ketika kamu mengalami error atau kendala saat coding kamu bisa bertanya pada komunitas tersebut. Selain itu juga bahasa pemrograman Python lebih sering digunakan di perusahaan.


Kamu bisa memulai mempelajari dari fundamental Python seperti konsep OOP (Object Oriented Programming), perulangan, dictionary, list dan lain sebagainya. Jangan hanya mempelajari teori nya saja, ada baiknya kamu pelajari teori sambil langsung kamu praktikkan.


3. Membangun Portfolio dan Mengikuti Kursus Data Scientist

Jika kamu sudah memiliki skill dasar dan pemahaman tentang bahasa pemrograman khususnya Python, maka itu merupakan modal yang cukup untuk kamu mulai membangun portfolio data. Kamu bisa mengikuti kursus/pelatihan Data Scientist , karena biasanya terdapat contoh projek data yang banyak di sediakan untuk kamu kerjakan yang nantinya hal tersebut dapat dijadikan sebagai self project kamu untuk dicantumkan di portfolio.


Atau kamu juga bisa mengunduh dataset dari internet secara gratis dan mulai melakukan eksperimen untuk analisis data dan prediksi data dengan menerapkan algoritma machine learning. Dengan membangun projek data mu sendiri, secara tidak langsung kamu semakin meningkatkan pemahaman kamu akan konsep data dan mengasah kemampuan coding. Selain hardskill yang terasah, softskill seperti problem solving serta creative thinking mu juga dapat terasah.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Yuk, Belajar Data Science Sekarang !!!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module "Introduction to Data Science":

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Akses module Introduction to Data Science

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

 

Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :