DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 2 Days 16 Jam : 47 Menit : 15 Detik

3 Manfaat Integrasi Data Dalam Big Data Untuk Mendukung Kemajuan Industri

Belajar Data Science di Rumah 08-Januari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5e8ef7e04212fcc88cfb717b8f492db2_x_Thumbnail800.jpg

Kemajuan industri di era digitalisasi kini tidak terlepas dari peran data. Data is new oil. Pemanfaatan data dalam mendukung proses bisnis sudah banyak diterapkan oleh berbagai bidang industri. Data yang terkumpul dalam jumlah besar dengan laju pertumbuhan yang cepat ini disebut dengan istilah Big Data. Pada Big Data Analytics ada beberapa jenis data yang biasa digunakan yaitu descriptive analytics, predictive analytics, dan prescriptive analytics.


Pada sebuah perusahaan tentunya saling bersinergi satu sama lain atau memiliki anak perusahaan lain yang bertujuan agar bisnis berkembang pesat. Namun terkadang muncul permasalahan seperti saat pelaporan bisnis yang tidak konsisten. Hal ini bisa disebabkan oleh big data yang ada di perusahaan inti dan anak perusahaan memiliki bentuk yang berbeda sehingga menjadikan informasi yang diperoleh bias. Untuk mengatasi masalah ini, perusahaan dapat melakukan integrasi data. Integrasi data adalah proses penggabungan big data. Dengan data yang lebih banyak, hasil analisis yang dilakukan dapat memberikan insight lebih yang sangat berguna mendukung pengambilan keputusan yang tepat bagi kemajuan perusahaan. Ada beberapa manfaat lainnya jika menerapkan integrasi data dalam big data. Simak dibawah ini, yuk!

1. Mendukung Pengembangan Produk 

Di kondisi pandemik akhir-akhir ini, kita jadi lebih banyak dirumah saja. Salah satu produk yang banyak digunakan untuk menghilangkan kejenuhan di rumah adalah Netflix. Netflix menggunakan metode prediktif dimana akan melakukan klasifikasi keyword dari produk dan layanan yang sudah ada dan mengintegrasikan cara tersebut untuk mengembangkan produk dan layanan terbaru yang akan atau sedang dibangun. Perusahaan yang menghasilkan produk self-care seperti P&G memanfaatkan big data yang terintegrasi dan hasil analisis dari berbagai jenis kelompok pembeli, tempat pemasaran, sosial media, dan lainnya dalam perencanaan peluncuran produk baru.

Baca juga : Pahami Proses Integrasi Data untuk Hasilkan Proses Pengolahan Data yang Valid

2. Memberikan Pengalaman Pada Konsumen Yang Lebih Baik

Salah satu teknologi big data yang populer di tahun ini adalah AI (Artificial Intelligence). Integrasi data dalam big data dapat mendukung pemanfaatan teknologi ini. Belum lama ini perusahaan Loreal menggunakan teknologi AI dalam membangun web dengan fitur mengecek kondisi kulit wajah. Hanya dengan memberikan foto wajah, sistem secara otomatis akan memberikan informasi kondisi kulit wajah dan rekomendasi rangkaian produk yang bisa digunakan untuk permasalahan kulit tersebut. Penggunaan big data yang terintegrasi dapat dilihat dari jumlah dan waktu kunjungan web atau banyaknya pelanggan yang menggunakan teknologi pada contoh diatas dan sebagainya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan yang berdampak pada berkembangnya bisnis.

3. Meningkatkan Efisiensi Dalam Operasional Kerja

Integrasi data pada big data dapat meningkatkan efisiensi dalam opersional kerja. Data yang terintegrasi dengan baik akan mempermudah dalam mengakses data dengan lengkap untuk analisis menyeluruh dan acuan dalam menilai proses produksi, pemasaran, pengembalian produk, dan sebagainya. Hal ini berguna untuk menghadapi permasalahan di masa mendatang. Selain itu juga tentunya efisien dalam waktu dan tenaga dimana big data yang terintegrasi dan dianalisis dapat mempercepat pengambilan keputusan yang termasuk dalam proses bisnis. Dengan ini perusahaan bisa berkembang sesuai dengan targetnya.

Baca juga : Belajar Data Science: Simak 3 Manfaat Penerapan Big Data di Berbagai Industri


4. Yuk Mulai Belajar Integrasi Data Dalam Big Data Sekarang!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!