DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 9 Jam 56 Menit 29 Detik 

3 Teknik Pengumpulan Data Populer dalam Metode Analisis Kualitatif yang Wajib Kamu Ketahui

Belajar Data Science di Rumah 10-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a9d5c7fbd60ef9e5f7cdad0acc89888d_x_Thumbnail800.png

Data kualitatif merupakan pengelompokan data atau karakteristik yang tidak dapat diukur ukurannya. Sahabat data bisa menemukan berbagai bentuk data kualitatif seperti teks, video, audio, gambar dan masih banyak ragam bentuk lainnya. Data kualitatif sering digunakan dalam penelitian untuk mengetahui suatu fenomena atau gejala sosial secara mendalam. Analisis data ini sering dipakai bagi mereka yang menekuni bidang sosial humaniora atau komunikasi. 


Meski berbeda dengan data kuantitatif, data kualitatif ini juga perlu dilakukan proses analisis juga agar pemahaman konsep serta pengalaman tertentu yang berasal dari data tersebut dapat digunakan. Proses analisis dengan metode kualitatif sangatlah beragam. Dengan tujuan meneliti untuk mengetahui permasalahan secara detail dan mendalam, metode analisis data kualitatif sering digunakan untuk meringkas, melakukan kategorisasi serta menafsirkan suatu fenomena yang terjadi. Beberapa teknik pengumpulan data kualitatif yang sering digunakan dalam penelitian adalah wawancara, studi dokumen observasi dan sebagainya.


Kali ini, DQLab akan mengajak sahabat data untuk mengetahui 4 teknik pengumpulan data dalam metode analisis kualitatif. Yuk, simak artikel dibawah ini!


1. Wawancara

Sahabat data tentu mengetahui apa yang dimaksud dengan wawancara bukan? Wawancara merupakan kegiatan tanya jawab yang dilakukan secara lisan dan bertujuan untuk mendapatkan informasi dari narasumber wawancara. Informasi yang berasal dari wawancara tersebut bisa didapatkan dalam bentuk tulisan, video, audio, visual dan sebagainya. Wawancara menjadi teknik pengumpulan data dalam metode kualitatif yang dapat dilakukan secara individu, kelompok maupun berbentuk konferensi. Teknis pelaksanaan wawancara umumnya dilakukan dengan cara pengajuan pertanyaan oleh pewawancara yang nantinya akan dijawab oleh narasumber atau informan. Narasumber yang menjadi key informan tidak dapat dipilih secara sembarang, melainkan harus sesuai dengan kebutuhan dan topik yang akan diteliti.


Baca juga : Analisis Data Adalah: Mengenal Pengertian, Jenis, Dan Prosedur Analisis Data


2. Studi Dokumen

Studi pustaka atau yang kerap disebut sebagai studi dokumen dalam teknik pengumpulan data kualitatif dilakukan dengan mengkaji sejumlah dokumen serta kepustakaan yang berkaitan dengan penelitian. Dokumen sebagai salah satu komponen penting dalam penelitian kualitatif sangat sering digunakan sebagai bahan penelitian. Umumnya, dokumen yang dianalisis dapat berupa film, iklan, sumber literatur seperti buku, jurnal hingga artikel.


3. Observasi

Beberapa dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah observasi. Kata observasi biasanya dikaitkan dengan kegiatan lapangan. Observasi merupakan salah satu metode untuk mendapatkan data dengan cara mengamati langsung terhadap objek penelitian, pelkasanaannya bisa dengan cara langsung mendatangi lokasi atau mengamati kondisi sekitar objek penelitian. Hasil pengamatan yang dilakukan tersebut bisa disusun menjadi data penelitian dan diolah untuk menghasilkan kesimpulan. 


Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnismu


4. Yuk, Belajar Data Science dan Rakit Karirmu Jadi Data Scientist, Sekarang!

Belajar Data Science tidak terbatas untuk mereka yang memiliki background STEM saja lho!

DQLab Siap bantu kamu untuk berkarir menjadi Data Scientist dengan fun, aplikatif dan praktis. Langsung sign up aja di DQLab.id dan kamu bisa belajar menggunakan modul GRATIS yang tersedia! Jika ingin lebih mendalami materi seputar Data Science, akses modul platinum dan pilih materi yang ingin kamu pelajari!

Yuk, Belajar Data Science sekarang dan rakit karirmu segera!

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!