PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 11 Jam 31 Menit 11 Detik 

3 Tips Buat Grafik Excel Lebih Menarik, Pernah Coba?

Belajar Data Science di Rumah 02-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/476a411cfd86882db5562ce7f1b98cc9_x_Thumbnail800.png

Pengolahan data merupakan salah satu proses penting dalam penelitian. Data yang telah diolah atau dianalisis perlu presentasikan dan ditampilkan dalam bentuk yang menarik, salah satunya dengan menggunakan grafik. Grafik dapat dibuat dengan menggunakan beberapa software, salah satunya adalah Microsoft Excel. Lalu selanjutnya, apakah kalian telah mengetahui bagaimana cara membuat grafik di Excel? Serta apakah manfaat dari membuat grafik hasil analisis data?


Sebelum melanjutkan terkait cara membuat grafik di Excel, kita perlu mengetahui terlebih dahulu istilah visualisasi data. Visualisasi data merupakan bentuk visual dari data hasil analisis yang tujuannya untuk mengkomunikasikan informasi secara jelas, efisien, mudah dipahami dan menarik. Visualisasi data akan sangat membantu dalam proses penyampaian agar lebih mudah dimengerti terutama bagi orang yang awam dengan data. Pada artikel kali ini khususnya kita akan mengenali visualisasi data berupa grafik di Excel. Yuk, stay tuned di DQLab ya!


1. Pengertian Grafik

Grafik merupakan suatu visualisasi dari tabel yang berisikan kumpulan data bahkan dapat disajikan dalam bentuk gambar. Grafik dalam proses penyajian data bertujuan untuk menunjukkan informasi dari hasil analisis dengan tampilan yang sederhana dan menarik. Grafik juga bisa terdiri dari perpaduan simbol, huruf, angka, gambar, lambang, dll. Grafik sudah sangat sering digunakan baik dalam dunia pendidikan maupun dunia kerja sebagai sarana penyampai yang bersifat edukatif.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Jenis-jenis Grafik di Excel

Setelah mengetahui pengertian grafik, kita perlu mengenali pula jenis-jenis grafik yang ada pada Excel untuk menentukan grafik mana yang nantinya akan kita gunakan. Beberapa jenis grafik Excel antara lain:

  1. Column chart, atau grafik kolom yang menyajikan kategori data dalam kolom atau baris di sepanjang sumbu horizontal dan kategori nilai di sepanjang sumbu vertikal.

  2. Line chart, atau grafik garis yang menampilkan data yang didistribusikan secara merata di sepanjang sumbu horizontal dan semua data nilai didistribusikan merata di sepanjang sumbu vertikal.

  3. Pie chart, biasanya digunakan untuk mengukur perbandingan persentase atar item dari dataset.

  4. Bar chart, atau grafik batang yang juga digunakan untuk membandingkan nilai masing-masing item dalam bentuk batang


3. Cara Membuat Grafik di Excel

Selanjutnya, jika telah mengetahui jenis-jenis data yang ada pada Excel kita bisa mengira-ngira data yang kita gunakan akan cocok pada jenis grafik yang mana. Untuk menampilkan grafik di Excel melalui beberapa langkah berikut ini:

  1. memasukkan data ke Excel, pada tahap ini kita bisa memasukkan data secara manual atau mengekspor data dari tools lain.

  2. menyorot data yang diinginkan

  3. klik menu œInsert

  4. pilih jenis grafik yang diinginkan

  5. kustomisasi atau edit grafik bila perlu


4. Tips Mengatur Tampilan Grafik

Setelah berhasil membuat grafik di Excel, ada kalanya kita kurang puas dengan tampilan grafik yang awal. Oleh karena itu terdapat beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengatur tampilan grafik sesuai keinginan kita, antara lain:

  • cara mengganti data di setiap sumbu, yaitu klik kanan pada grafik yang sudah ada > klik select data > klik switch row/column > klik ok

  • cara merubah tampilan layout dan label sumbu grafik, yaitu klik pada grafik > klik menu œChart Design > atur sesuai dengan keinginan

  • cara mengubah ukuran bagan legenda dan label sumbu grafik, yaitu klik label satu per satu > klik menu Home > pilih jenis dan ukuran font sesuai keinginan


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Yuk, Perdalam Belajar Excel di DQLab

Keterampilan menggunakan microsoft excel saat ini sudah sangat diperlukan dalam dunia pendidikan maupun dunia kerja. Jika dirinci lebih dalam, excel memiliki segudang manfaat melalui fungsi dan toolsnya yang bermacam-macam. Apakah kalian tahu bahwa kita bisa belajar Excel di DQLab ? Caranya cukup mudah loh,  yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis excel DQLab. Selain itu kita juga dapat belajar bahasa pemrograman lainnya seperti Python, R, dan SQL.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :