3 Tips Menjadi Data Scientist yang Banyak Diincar Perusahaan

Belajar Data Science 15-September-2019

Dua kali mengikuti Data Challenge di DQLab.id, Suberlin Sinaga berhasil memikat dua startup di bidang Fintech dan IoT atas kemampuan pengolahan dan analisa data yang ia miliki.

Kok bisa? Simak 3 tips sederhana dari Suberlin yang kini akan segera memulai karir barunya sebagai Data Scientist di Amartha Fintech Lending Company.

1. Memiliki keinginan untuk berkembang

Semula, Suberlin yang berprofesi sebagai AR Supervisor di salah satu perusahan distributor pangan ini sehari-harinya harus berhadapan dengan data pembayaran dan pelanggan. Kemudian, ia merapikan data tersebut ke dalam excel sheet sederhana. Ia bahkan tak menyadari kalau kegiatan ini termasuk dalam pengolahan data atau data preparation.

Karena excel sederhana tidak cukup membantu pekerjaannya, atas rasa keinginan berkembang yang tinggi, Suberlin mencari tahu metode yang paling tepat untuk membantunya. “Pertama kali lihat iklan belajar analisa data di DQLab.id, saya baru sadar kalau pekerjaan yang selama ini saya lakukan ternyata dapat dikembangkan dan besar manfaatnya terhadap pengambilan keputusan perusahaan”, ungkap Suberlin. 

2. Cari referensi sebanyak-banyaknya

Saat belajar data science online di DQLab.id, upayakan mencari referensi sebanyak-banyaknya. “Sebetulnya belajar online itu semua bahannya sudah terpampang di depan mata. Asiknya, kalau sedang cari referensi online, kadang kita malah bisa ketemu dengan bahan referensi lainnya”, tambahnya.

Menurut Suberlin, belajar online juga dapat melatih kemandirian serta kedisiplinan. Selain itu, waktunya sangat fleksibel sehingga cocok untuk orang-orang yang mobilitasnya tinggi atau sambil bekerja. Terlebih, DQLab.id juga didukung dengan adanya komunitas belajar yang aktif berbagi ilmu.

3. Selalu ukur kemampuan dan koreksi diri

“Setiap selesai mempelajari modul, jangan lupa ukur seberapa dalam kemampuan kita. Misalnya dengan memberanikan diri ikut Data Challenge. Ini Penting”, lanjutnya. Menurutnya, mengikuti data challenge dapat mengasah kreativitas kita dalam mengolah, menganalisa, dan memvisualisasikan data.

Feedback dari praktisi dan mentor juga penting diperhatikan, supaya kita bisa tahu mana hasil yang sudah bagus dan mana yang harus lebih ditingkatkan lagi untuk dapat menghasilkan insight yang tepat untuk top level management”, tutup Suberlin.

PERSIAPKAN DIRIMU MENJADI DATA SCIENTIST ANDAL SEKARANG!

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!