Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

4 Alasan Bootcamp Data Analyst Semakin Diminati 2024

Belajar Data Science di Rumah 15-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-longtail-selasa-03-2024-05-15-152748_x_Thumbnail800.jpg

Bootcamp data analyst adalah program pelatihan intensif yang diadakan untuk membantu seseorang mengembangkan keterampilan analisis data dan mempersiapkan diri untuk berkarir sebagai analis data. Program ini berfokus pada pengembangan keterampilan teknis dan praktik industri secara efektif dalam bidang analisis data. Lantas mengapa program pembelajaran ini semakin diminati masyarakat? Cari tahu alasannya di sini!


1. Permintaan Data Analyst Meningkat

Data Analyst

Dengan semakin banyaknya perusahaan yang mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti sensor, transaksi online, dan media sosial, kebutuhan untuk menganalisis dan mengurai informasi dari data tersebut menjadi semakin meningkat. Perusahaan sadar data yang tepat menjadi aset berharga dalam memahami perilaku pelanggan, merancang strategi pemasaran yang efektif, meningkatkan efisiensi operasional, dan memprediksi tren pasar.


Perusahaan yang dapat menggunakan data dengan efektif memiliki keunggulan kompetitif di pasar. Ini mendorong perusahaan-perusahaan untuk mencari praktisi data analyst yang terampil untuk membantu mereka memahami kompleksitas data yang dimiliki. Inilah mengapa semakin banyak pula masyarakat yang mulai tertarik belajar dari bootcamp untuk bisa menjajaki karir sebagai data analyst. 


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Fleksibilitas Sistem Belajar

Data Analyst

Durasi yang relatif singkat dari bootcamp, biasanya beberapa minggu hingga beberapa bulan, memungkinkan peserta untuk punya keterampilan dasar yang diperlukan dengan cepat tanpa harus menginvestasikan waktu dan sumber daya cukup banyak seperti pada gelar sarjana atau pascasarjana. Tentu ini sangat menguntungkan bagi yang pemula yang ingin menjadi data analyst atau beralih karir.


Selain itu, fleksibilitas bootcamp memudahkan peserta untuk menyesuaikan jadwal mereka. Banyak bootcamp menawarkan opsi kelas waktu paruh atau bahkan kelas online yang memungkinkan peserta untuk belajar dari mana saja dan kapan saja. Jadi, siapapun bisa tetap mengikuti program tanpa harus meninggalkan pekerjaan atau berkomitmen sepenuhnya di jam-jam khusus. Sebagai hasilnya, bootcamp menjadi pilihan yang sangat menarik bagi individu yang ingin meningkatkan keterampilan mereka atau memulai karir baru dalam analisis data.


3. Modul Sesuai Kebutuhan Industri

Data Analyst

Program-program dalam bootcamp data analyst dirancang secara khusus untuk mencakup keterampilan dan teknologi terbaru yang diperlukan perusahaan. Dengan fokus pada konsep-konsep praktis dan tools yang digunakan secara luas dalam industri, peserta bootcamp menjadi punya bekal pemahaman yang kuat untuk menerapkan konsep-konsep data science dalam situasi nyata.


Selain itu, modul pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan industri juga membantu peserta bootcamp untuk mengikuti tren terbaru dan teknologi terkini dalam analisis data. Sebagai contoh, beberapa bootcamp dapat fokus pada pembelajaran mesin, analisis Big Data, atau kecerdasan buatan, yang merupakan area yang sangat diminati dalam industri saat ini. Modul pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan industri membuat bootcamp menjadi pilihan yang menarik.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


4. Biaya yang Terjangkau

Data Analyst

Biaya yang terjangkau menjadi faktor lainnya yang meningkatkan minat peserta bootcamp data analyst. Dibandingkan dengan gelar formal, bootcamp umumnya menawarkan biaya yang lebih rendah. Terlebih lagi, investasi biaya yang relatif rendah ini seringkali lebih cepat menghasilkan pengembalian investasi karena peserta bootcamp bisa langsung masuk ke persaingan kerja setelah menyelesaikan program.


Selain itu, bootcamp juga sering menawarkan berbagai opsi pembayaran, termasuk rencana cicilan atau beasiswa, untuk membantu peserta memenuhi biaya program. Jadi peserta bisa lebih mudah mengikuti bootcamp tanpa harus khawatir pada beban finansial. Dengan biaya yang terjangkau, bootcamp data analyst menjadi alternatif yang menarik bagi banyak orang yang ingin menjadi praktisi data tanpa harus punya utang pendidikan yang besar atau membutuhkan waktu yang lama untuk mengembalikan investasinya.


Mulai tertarik untuk mengikuti bootcamp? DQLab hadir dengan fasilitas Live Class Bootcamp Data Analyst untuk kalian yang ingin belajar secara intensif bersama praktisi handal di bidangnya. Program ini memberikan beragam manfaat seperti bonus kelas persiapan untuk mengetahui pemahaman awal peserta, bimbingan belajar dan konsultasi intensif, materi dan video yang dapat dipelajari selamanya, dan komunitas yang supportif. Menariknya, bootcamp ini terdiri dari dua jenis yaitu:

  • Bootcamp Data Analyst with Python & SQL

  • Bootcamp Data Analyst with Excel


Yuk, tunggu apalagi segera Sign Up dan nikmati proses pembelajaran intensif dengan para ahli di bidangnya! Persiapkan diri kalian untuk menjadi seorang Data Analyst yang mahir bersama DQLab atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python sekarang!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login