Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

4 Alasan Excel Penting untuk Pondasi Karir

Belajar Data Science di Rumah 11-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/50c81bff33265298c8c18438a1df95d5_x_Thumbnail800.jpeg

Excel merupakan salah satu aplikasi spreadsheet yang paling populer di dunia bisnis dan industri. Kemampuan Excel untuk mengatur, memproses, dan menganalisis data dengan cepat dan mudah menjadikannya alat yang sangat berguna dalam banyak pekerjaan dan karir.


Perkembangan teknologi digital membuat data menjadi hal yang memegang peranan penting dalam proses pengambilan keputusan. Banyak perusahaan yang mulai menyadari jika pengambilan keputusan yang memperhatikan data history bisa memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir kerugian. Excel sebagai salah satu tools pengolahan data dapat mempermudah para praktisi data yang belum berpengalaman dengan bahasa pemrograman. Penguasaan akan Excel dianggap sebagai salah satu skill dasar untuk membangun karir sebagai praktisi data. Dalam artikel ini kita akan membahas 4 alasan yang membuat Excel bisa dikatakan sebagai pondasi karir. Yuk, simak pembahasannya!


1. Mengelola Data

Excel

Salah satu kemampuan Excel adalah untuk mengelola data. Excel memungkinkan pengguna untuk mengelola data dengan cara yang sangat efisien dan cepat. Data dapat diatur dalam tabel, dapat dihitung, diurutkan, dan di filter untuk analisis lebih lanjut. Selain itu, banyaknya formula dan fitur yang disediakan Excel juga dapat mempersingkat proses pengolahan data. Penggunaan Excel bisa menjadi pilihan bagi praktisi data yang tidak pernah berkenalan dengan coding sama sekali.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Analisis Data

Excel

Excel adalah tools pengolahan data yang bersifat less coding, karena untuk mengoperasikannya kita hanya perlu klik di bagian fitur yang ingin diaplikasikan saja. Excel dapat digunakan untuk melakukan analisis data yang lebih kompleks seperti analisis statistik, peramalan, pengukuran risiko, dan masih banyak lagi. Ini memungkinkan para pengguna untuk membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan data yang mereka miliki.


3. Visualisasi Data

Excel

Excel memungkinkan penggunanya untuk mengubah data non visual ke dalam bentuk visual. Excel dapat mengubah data menjadi grafik, diagram, dan tabel pivot yang mudah dipahami dan diinterpretasikan. Ada banyak sekali jenis grafik maupun diagram yang bisa digunakan dalam Excel. Hal ini memungkinkan para pengguna untuk mempresentasikan data dengan cara yang lebih efektif kepada pihak lain.


4. Excel Dapat Menghemat Waktu

Excel

Excel dapat menghemat waktu dengan otomatisasi tugas-tugas yang repetitif seperti pengisian formulir, penjadwalan tugas, dan pemrosesan data dalam jumlah besar. Dibandingkan jika harus dikerjakan secara manual, tentu saja pekerjaan dengan menggunakan Excel dapat membuat pekerjaan menjadi lebih efisien. Hal ini memungkinkan para pengguna untuk fokus pada tugas-tugas yang lebih penting.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Tertarik untuk belajar Excel lebih lanjut? Kamu bisa mengakses modul Excel di DQLab dengan cara membeli modul Platinum Excel. Selain program tersebut, DQLab juga menyediakan free modul yang berjudul “Free Trial Excel - Penggunaan Rumus dan Fungsi” untuk kamu yang ingin belajar Excel namun tanpa harus mengeluarkan biaya lebih. Meskipun bersifat gratis, namun modul ini juga bisa dibilang cukup lengkap agar pemula bisa mengenal Excel secara singkat


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login