Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

4 Alasan Menarik Mengapa Employee Harus Belajar SQL

Belajar Data Science di Rumah 06-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-06-2024-02-16-195709_x_Thumbnail800.jpg

Structured Query Language atau SQL adalah tools canggih yang banyak digunakan dalam mengelola dan memanipulasi data dalam sistem manajemen basis data relasional atau lebih dikenal dengan RDBMS. Meskipun secara tradisional dikaitkan dengan profesi di bidang IT dan basis data, manfaat mempelajari SQL ternyata juga bisa digunakan dalam role lain. Dalam dunia bisnis berbasis data saat ini, employee di berbagai departemen dapat meningkatkan keterampilan dan berkontribusi secara lebih efektif pada organisasi dengan memanfaatkan skill SQL.


Di dunia di mana data adalah rajanya, SQL telah berkembang dari skill khusus menjadi aset berharga bagi employee di berbagai role dan industri. Skill untuk memanfaatkan dan menganalisis data tidak hanya berkontribusi pada pengambilan keputusan yang tepat namun juga mendorong kolaborasi dan otomatisasi yang mengarah pada peningkatan efisiensi


Selain itu, individu yang memiliki skill SQL dapat membuka pintu peluang karir dan memposisikan diri mereka sebagai aset berharga pada tempat kerja modern yang terus berkembang. Ketika bisnis terus menyadari pentingnya data, karyawan yang dilengkapi dengan skill SQL akan berada pada posisi yang tepat untuk berkembang dan memberikan kontribusi yang berarti bagi perusahaan mereka.


Pada artikel kali ini, kita akan membahas empat alasan kuat mengapa karyawan harus mempertimbangkan untuk mempelajari SQL. 


1. Peluang Peningkatan Karir

SQL

Ketika bisnis terus berkembang dan mulai memprioritaskan pengambilan keputusan berdasarkan data, skill SQL menjadi semakin berharga di berbagai industri. Employee yang berinvestasi dengan mempelajari SQL akan memiliki peluang kemajuan karir.


Skill dalam SQL merupakan keterampilan yang dicari dalam banyak lowongan pekerjaan dan employee dengan skill ini banyak dicari untuk role yang melibatkan analisis data, business intelligence, atau manajemen database. Baik bertujuan untuk promosi dalam perusahaan tempat bekerja saat ini atau menjajaki jalur karier baru, skill SQL dapat secara signifikan meningkatkan ‘daya jual’ employee.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Peningkatan Otomatisasi dan Efisiensi

SQL

SQL bukan hanya tentang pengolahan data, namun juga memainkan peran penting dalam mengotomatiskan tugas yang berulang. Employee yang memahami SQL dapat menulis script code untuk mengotomatiskan proses extract, transform, dan load data (ETL).


Otomatisasi tidak hanya mengurangi kesalahan yang mungkin terjadi, tetapi juga menghemat waktu berharga yang dapat dialokasikan untuk tugas-tugas yang lebih strategis dan kreatif. Misalnya, seorang HR dapat mengotomatiskan pembuatan laporan kinerja karyawan menggunakan script SQL sehingga menghemat waktu dan memastikan keakuratan.


3. Peningkatan Kolaborasi Lintas Departemen

SQL

SQL berfungsi sebagai bahasa universal untuk database, sehingga employee dari berbagai departemen dapat berkolaborasi dengan lancar. Ketika employee memiliki skill SQL, mereka dapat berkomunikasi secara efektif dengan tim IT dan data. Hal ini memfasilitasi kolaborasi proyek yang lebih lancar, mengurangi kesalahpahaman, dan mempercepat implementasi inisiatif terkait data.


Misalnya, seorang marketer dengan pengetahuan SQL dapat bekerja secara langsung dengan tim data untuk mengekstrak informasi pelanggan yang relevan untuk campaign yang ditargetkan dan akan menghilangkan komunikasi bolak-balik yang membuang banyak waktu.


4. Pengambilan Keputusan Berdasarkan Data

SQL

Di era big data, bisnis menghasilkan informasi dalam jumlah besar setiap hari. Mempelajari SQL akan membantu employee untuk mengekstrak, menganalisis, dan menafsirkan data secara efisien. Semua role di bidang pemasaran, penjualan, keuangan, atau operasional, memerlukan insight dari data untuk mengambil keputusan yang tepat.


Skill SQL akan membantu employee untuk membuat dan menjalankan query yang memfilter, menggabungkan, dan menyajikan data dengan cara yang efektif dan efisien sehingga menumbuhkan budaya pengambilan keputusan berbasis data dalam perusahaan.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Employee dengan kemampuan SQL akan menjadi added value bagi perusahaan. Tak heran jika saat ini banyak perusahaan yang mulai melakukan pelatihan SQL bagi karyawannya. Yuk perdalam skill SQL kamu agar dapat bersaing di dunia kerja bersama DQLab!


DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam. DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula.


Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Galuh Nurvinda K




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login