FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 58 Menit 38 Detik 

4 Alasan Mengapa Excel Perlu Dikuasai Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 06-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6a308d18fffbf695dc4cb2099891ec7e_x_Thumbnail800.jpg

Excel adalah pilihan yang sangat baik jika kamu sedang mencari tools untuk menganalisis dan memvisualisasikan data dengan cara yang mudah. Excel sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari banyak orang di berbagai industri dan digunakan oleh individu, usaha kecil, perusahaan, lembaga keuangan, bahkan lembaga pemerintah. Excel dapat membantu kita untuk mengelola, mengatur, dan mengolah data dengan lebih mudah karena tidak membutuhkan script code.


Selain bahasa pemrograman, excel juga digunakan oleh data analyst untuk mengolah data yang jumlahnya tidak terlalu banyak. Kelebihan dari tools analisis data ini adalah interfacenya yang mudah digunakan, memiliki berbagai fitur, dapat diinstall di berbagai device mulai dari komputer, laptop, tablet, hingga smartphone, dan outputnya dapat disimpan dengan berbagai format. 


Excel tidak kalah canggih dengan bahasa pemrograman lainnya, khususnya untuk analisis data. Berikut adalah alasan-alasan mengapa data analyst tetap menggunakan excel meskipun sudah banyak pilihan tools analisis data lain.


1. Excel Memiliki Lebih Dari 400 Formula

Excel dikembangkan agar bisa melakukan berbagai tugas, mulai dari perhitungan matematika dasar hingga analisis data kompleks yang membutuhkan model statistika. Excel memiliki lebih dari empat ratus formula, mulai dari operasi dasar matematika seperti sum, average, min, max, count, dan lain sebagainya, hingga formula untuk memindahkan data dari satu spreadsheet ke spreadsheet lain menggunakan array formula dan importrange. 


Bagi pemula, mungkin akan kesulitan untuk menghafal berbagai macam formula, namun ketika kita terbiasa menggunakan excel kita pun akan terbiasa menggunakan berbagai formula tersebut.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Sederhanakan Analisis Data Dengan Tabel Pivot

Pivot table Excel adalah salah satu fitur powerful yang dimiliki excel untuk meringkas dan menganalisis data dalam jumlah besar. Fitur ini sangat membantu untuk analisis data, karena dapat menerjemahkan dan menjelajahi berbagai jenis data. Misalnya, kita dapat menggunakan pivot table untuk membuat bagan atau grafik yang menunjukkan bagaimana setiap item dalam kolom didistribusikan ke semua baris dalam spreadsheet kita. Kita juga bisa menggunakan pivot table untuk membantu memvisualisasikan hubungan berbagai variabel yang ada di data kita. 


Excel


3. Visualisasi Data yang Bervariasi

Excel memiliki berbagai jenis chart sehingga kita bisa memiliki banyak pilihan untuk memvisualisasikan data yang kita miliki. Kita bisa mengkomunikasikan data dengan chart 2D sederhana hingga model 3D yang lebih kompleks. Excel memiliki berbagai jenis bagan yang dapat digunakan untuk analisis data. Setiap jenis bagan memiliki opsi pemformatan dan skema warna sehingga kita dapat menyesuaikan warna dengan tema presentasi, menambahkan title agar lebih mudah dibaca, hingga mengubah background bagannya.


4. Fitur Excel Macro dan Add-in Excel

Excel macro dan fitur add-in adalah fitur bawaan dari excel yang dapat dimanfaatkan oleh data scientist untuk membuat script code sederhana atau mengintegrasikan excel dengan tools analisis data lainnya. Excel macro adalah kumpulan perintah yang dapat diotomatisasi, sedangkan add-in adalah fitur tambahan yang dapat ditambahkan ke Excel. Misalnya, kita bisa menggunakan excel macro ketika ingin menjalankan perhitungan rumit pada data secara otomatis. Kita juga dapat menggunakan excel macro untuk mengotomatiskan tugas berulang, seperti memasukkan data ke dalam sel atau memformat teks dalam sel.


Excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Kamu tertarik untuk berkarir menjadi data analyst namun masih belum mahir menggunakan excel? Atau ingin melakukan analisis data namun tidak paham caranya? Tenang! DQLab punya solusi untuk kamu. Yuk ikuti bootcamp excel intensif selama tiga bulan bersama expert yang sudah berpengalaman di bidang data science. 


Bootcamp LiveClass ini akan dilaksanakan dari Bulan Januari hingga Maret 2023, terbuka untuk umum, dan dilaksanakan di Hari Sabtu dan Minggu jadi tidak akan mengganggu aktivitas kamu. Yuk sign up melalui DQLab.id untuk mempelajari benefit bootcamp tersebut. Selamat belajar!

Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :