FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 4 Menit 24 Detik 

4 Alasan Mengapa Machine Learning Penting di Tahun 2022

Belajar Data Science di Rumah 01-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/fb39fe532c927b6d9737ed5baf056ac3_x_Thumbnail800.jpg

Machine Learning merupakan salah satu teknologi baru yang menjadi bagian dari Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. Teknologi ini membuat mesin dapat bekerja layaknya manusia, karena dalam proses pembuatannya memang sengaja mengadopsi cara manusia dalam berpikir dan bertingkah laku.


Hal ini kemudian berdampak pada banyaknya pekerjaan yang dulunya hanya bisa dikerjakan oleh manusia, sekarang bisa digantikan oleh mesin. Namun meskipun begitu, lahirnya teknologi ini juga membuat banyak kemudahan dalam kehidupan manusia.


Machine Learning sendiri jika diposisikan sebagai bagian tubuh manusia adalah otak, dimana bertugas untuk berpikir sehingga bisa menggerakkan anggota tubuh lainnya.


Secara garis besar, algoritma Machine Learning bisa dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu algoritma Supervised Learning (menggunakan data yang memiliki label), algoritma Unsupervised Learning (data yang digunakan tidak berlabel), algoritma Semi-Supervised Learning (kombinasi antara Supervised Learning dengan Unsupervised Learning), serta Reinforcement Learning (proses training dan testing dilakukan secara bersamaan).


Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai penyebab Machine Learning menjadi sangat dibutuhkan saat ini, serta beberapa contoh penerapannya. Penasaran kan? Yuk, simak pembahasannya!


1. Lahirnya Big Data

machine learning


Siapa yang tidak menghasilkan data saat ini? Hampir semua kegiatan yang kita lakukan dengan smartphone canggih yang kita miliki menghasilkan banyak sekali data. Fenomena ini kemudian melahirkan yang namanya big data, dimana data yang ada berukuran sangat besar, beragam bentuknya, serta membutuhkan kecepatan yang tidak biasa.


Tidak bisa dipungkiri, kita akan membutuhkan teknologi lain yang lebih canggih untuk mengatasi permasalahan tersebut, mengingat data adalah hal yang sangat penting dalam proses pengambilan keputusan. Sehingga akan sangat disayangkan jika tidak bisa dimanfaatkan dengan baik. Dalam hal ini, kita bisa memanfaatkan Machine Learning.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Kebutuhan akan Sistem Pintar & Otomatis

machine learning

Tidak bisa dipungkiri, kecanggihan teknologi saat ini membuat banyak orang cukup bergantung pada teknologi yang memiliki sistem yang pintar dan otomatis. Hal ini dirasa cukup bisa untuk mengurangi pekerjaan manusia.


Dengan memanfaatkan Machine Learning, sistem yang ada akan dibuat terus belajar dan memperbaiki kesalahannya sehingga kemungkinan salah akan semakin kecil. Sehingga kebutuhan akan suatu sistem yang otomatis dapat terpenuhi.


3. Tingginya Kebutuhan

machine learning


Dengan adanya revolusi industri 4.0. membuat manusia terus berlomba untuk menghasilkan teknologi yang semakin canggih. Misalnya saja kemampuan untuk mendeteksi benda yang kemudian dikembangkan menjadi teknologi mobil yang bisa bergerak tanpa adanya driver.


Kebutuhan akan teknologi-teknologi canggih ini, tentu tidak akan terlepas dari Machine Learning dan Artificial Intelligence, karena Machine Learning dan Artificial Intelligence lah yang membuat teknologi canggih tersebut bisa bekerja dengan benar.


4. Contoh Machine Learning di Berbagai Bidang

machine learning


Pemanfaatan Machine Learning tidak hanya diterapkan di bidang tertentu saja, hampir semua sektor yang menggunakan big data pasti akan membutuhkan Machine Learning dan algoritma-algoritmanya. Misalnya saja di bidang perbankan, Machine Learning akan dimanfaatkan untuk mengatasi adanya Fraud Detection.


Dalam bidang e-Commerce, Machine Learning dapat digunakan untuk memberikan rekomendasi produk berdasarkan produk yang dicari. Dalam bidang keamanan, Machine Learning dapat digunakan untuk Video Surveillance yang ada di CCTV. Dalam sosial media, Machine Learning akan menggunakan teknologi Face Recognition untuk menandai wajah pengguna.


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Jika kamu tertarik untuk mempelajari Machine Learning, kamu dapat berlangganan sebagai member premium DQLab, karena disana menyediakan pembelajaran yang berhubungan dengan Machine Learning.


Selain mendapatkan ilmu tentang Machine Learning, kamu juga bisa mempelajari hal-hal lainnya, karena sekali berlangganan modul premium, maka kamu akan bisa mengakses semua modul premium yang disediakan oleh DQLab.


Modul-modul tersebut dibungkus dalam bahasa pemrograman yang umum digunakan oleh praktisi data seperti SQL, R, dan Python. Yuk, tunggu apa lagi? Buruan sign up dan nikmati modulnya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :