SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 13 Jam 50 Menit 5 Detik

4 Alasan Mengapa Pelatihan Excel Dibutuhkan

Belajar Data Science di Rumah 09-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/267c941fdd18a9c33a21d6fee5ff7609_x_Thumbnail800.jpeg

Excel atau Microsoft Excel merupakan salah satu produk unggulan dari Microsoft yang berbentuk spreadsheet, dimana terdiri dari kolom dan juga baris. Umumnya, Microsoft Excel akan digunakan untuk mengolah data, baik yang berbentuk teks atau numerikal. Meskipun telah diluncurkan pertama kali sejak tahun 1985, hingga saat ini Excel masih bisa mempertahankan eksistensinya bahkan menjadi salah satu spreadsheet terbaik dan favorit banyak orang.


Perkembangan penggunaan data membuat Excel menjadi salah satu tools yang paling diincar. Tentu saja akan sangat menguntungkan jika saat ini kita bisa menguasai tools pengolahan data, seperti Excel. Walaupun perkembangan tools pengolahan data yang lebih canggih dengan memanfaatkan coding semakin banyak digunakan, namun Excel tetap menjadi pilihan paling dasar untuk mengolah data, khususnya untuk orang yang tidak pernah belajar coding.


Menguasai Excel sudah menjadi salah satu poin penting di mata recruiter. Namun selain itu, ada 4 alasan lain mengapa kita yang tidak menguasai Excel perlu mengambil pelatihan Excel. Yuk, simak pembahasannya!


1. Digunakan oleh Hampir Semua Profesi

Excel

Excel merupakan tool pengolahan data yang paling dasar. Hampir semua profesi pasti akan bergelut dengan data, sehingga tidak heran mereka akan banyak menggunakan Excel dalam proses pengolahan data. Terlebih jika yang mendapatkan data ini tidak bisa menggunakan tools pengolahan data lainnya. Itulah mengapa, kerap kali kita temui Excel menjadi skill yang harus dikuasai pada beberapa lowongan pekerjaan. Meskipun Excel menjadi tools yang paling dasar, namun tentu saja software ini tidak kalah powerful dengan tools lain.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Fitur dan Formula yang Powerful

Excel

Excel memiliki banyak fitur tambahan yang dapat mempermudah pekerjaan kita dalam mengolah data. Perusahaan-perusahaan besar juga menggunakan software ini untuk memproses datanya. Setiap fitur akan tersedia di masing-masing menu, beberapa yang sering digunakan seperti pivot table untuk membuat summary, data validation untuk meminimalisir kesalahan dalam penginputan data, remove duplicate untuk menghilangkan data yang terduplikasi, dan masih banyak lagi. Selain fitur-fitur tersebut, Excel juga memiliki berbagai jenis formula yang bisa dimanfaatkan, mulai dari perhitungan sederhana, perhitungan statistika, akuntansi, dll.


3. Less Coding

Excel

Excel bersifat less coding, artinya dalam proses pengolahan data kita tidak membutuhkan coding karena kita bisa melakukannya dengan klik di fitur yang kita inginkan. Tentu saja ini menjadi kabar baik bagi mereka yang tidak pernah belajar coding sama sekali. Pastinya akan sangat merepotkan jika untuk mengolah data hanya tersedia menggunakan coding saja, karena pada dasarnya proses pembelajaran coding bukanlah hal yang sangat mudah untuk dikuasai. Meskipun bersifat less coding, Excel tetap mampu melakukan analisis-analisis sederhana yang biasanya digunakan dengan coding.


4. Mampu Membuat Visualisasi yang Menarik

Excel

Visualisasi data merupakan hal yang tidak bisa kita singkirkan begitu saja dalam proses pengolahan data. Visualisasi data akan membantu kita untuk melihat tren dan juga pola yang tersimpan dalam data. Excel dapat digunakan untuk membuat visualisasi yang menarik dan tentu saja insightful, karena di Excel memang disediakan menu khusus untuk membuat visualisasi. Bahkan tidak jarang, hanya menggunakan Excel saja kita bisa membuat dashboard yang kaya akan informasi.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Tertarik untuk belajar Excel lebih lanjut? Kamu bisa mengakses modul Excel di DQLab dengan cara membeli modul Platinum Excel. Selain program tersebut, DQLab juga menyediakan free modul yang berjudul “Free Trial Excel - Penggunaan Rumus dan Fungsi” untuk kamu yang ingin belajar Excel namun tanpa harus mengeluarkan biaya lebih. Meskipun bersifat gratis, namun modul ini juga bisa dibilang cukup lengkap agar pemula bisa mengenal Excel secara singkat


Yuk, buruan sign up di DQLab, dan nikmati fasilitas yang ada!


Penulis: Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login