PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 35 Menit 5 Detik 

4 Alasan Mengapa Pelatihan Excel Wajib untuk Freshgraduate

Belajar Data Science di Rumah 05-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2c0b4b53f61748d0598337e177cd31a7_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel menjadi skill yang paling dibutuhkan saat ini, mengingat salah satu fungsi dari Microsoft Excel adalah untuk mengolah data. Sayangnya, hingga saat ini, data yang bisa dibuka dalam satu sheet Microsoft Excel hanya tersedia untuk 1.048.576 baris serta 16.384 kolom dimana setiap kolom maksimal terisi oleh 255 karakter. 


Meskipun pengolahan data yang dilakukan oleh Excel tidak bisa sesempurna hasil pengolahan data dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti R dan Python yang mampu mengolah big data, namun tetap saja tools ini cukup efektif untuk mengolah data tidak berukuran besar.


Microsoft Excel pertama kali diciptakan pada tahun 1985 untuk versi Macintosh atau sistem operasi Mac OS. Sementara untuk versi Windows pertama kali diciptakan pada tahun 1987. Meskipun telah ada sejak 37 tahun yang lalu, namun hingga hari ini Microsoft Excel masih menjadi salah spreadsheet terbaik. 


Hal ini tentu saja karena Excel terus melakukan improvisasi dengan memberikan inovasi-inovasi terbaiknya sehingga Excel masih bisa eksis hingga hari ini. Lalu kenapa sih kita yang belum mengenal Excel sama sekali harus mengikuti pelatihan Excel? Yuk, simak penjelasannya!


1. Excel Dibutuhkan Hampir di Semua Industri

excel

Perkembangan teknologi digital membuat banyak perusahaan dari berbagai industri mulai menyadari betapa pentingnya data dalam proses pembuatan kesimpulan. Dalam prosesnya, yang berhubungan dengan data tidak hanya praktisi data saja, namun posisi-posisi lainnya juga akan berkaitan erat dengan data. Nah, karena hal ini lah, Excel bisa menjadi pilihan untuk melakukan analisis sederhana untuk membuat kesimpulan bagi mereka yang tidak memiliki background sebagai praktisi data dan tidak menguasai bahasa pemrograman. Sehingga sangat wajar, jika sebagian besar perekrutan karyawan dalam posisi apapun, kualifikasi minimalnya adalah mampu menguasai Excel.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Dapat Digunakan untuk Data Cleaning dengan Mudah

Jika kamu adalah orang yang sering berhubungan dengan data mentah, tentu kamu pasti akan sering menemui data yang belum benar-benar siap untuk diolah, entah itu ada perbedaan format, ada bagian dari data yang tidak diperlukan, perbedaan penulisan koma, dan masih banyak lagi. Data yang seperti itu akan membutuhkan proses cleaning atau pembersihan data agar siap untuk diolah. Sebenarnya, komputer tetap bisa mengolah data tersebut. Sayangnya, hasil yang mungkin muncul tidak akan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.


Dalam Excel, kamu bisa mengurutkan data sesuai dengan keinginanmu dengan menggunakan fitur sort, kamu bisa memilih ingin mengurutkan berdasarkan field yang mana serta ingin diurutkan dari atas ke bawah atau sebaliknya.

excel

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur remove duplicate untuk menghapus data yang double.

excel

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai rumus untuk membersihkan data, seperti:

  • TRIM() : Untuk menghilangkan spasi yang berlebihan

  • LEFT() : Untuk mengambil beberapa data dari kiri

  • RIGHT() : Mengambil beberapa data dari kanan

  • MID() : Mengambil beberapa data dari tengah

  • COUNTIF() : Menghitung data yang sesuai dengan satu keadaan

  • COUNTIFS() : Menghitung data yang sesuai dengan beberapa keadaan

Dan masih banyak lagi fungsi lainnya yang bisa kamu manfaatkan. Kamu hanya perlu ekplor lebih jauh!

 

3. Mampu Melakukan Analisis Data Sederhana dan Tingkat Lanjut

Saat ini Excel mampu melakukan kemampuan untuk melakukan analisis secara sederhana maupun secara lebih lanjut. Untuk melakukan analisis deskriptif sederhana, kamu bisa memanfaatkan berbagai fungsi yang ada, misalnya:

  • SUM() : Untuk menjumlahkan

  • AVERAGE() : mencari rata-rata

  • MAX() : Nilai maksimum

  • MIN () : Nilai minimum

  • Dll

Sementara untuk analisis lebih lanjut yang berhubungan dengan perhitungan statistika yang cukup rumit, kamu bisa memanfaatkan fitur Data Analyst setelah menginstal add-ins Analysis Toolpak. Setelah terinstall, maka kamu akan bisa menggunakan fitur Data Analyst yang disediakan di Menu data dan di Group Analysis.

excelexcel

Ada banyak sekali metode statistika yang tersedia dalam fitur ini. Kamu bisa memanfaatkan sesuai kebutuhan dan juga data yang kamu miliki.


4. Kemampuan untuk Visualisasi yang Mumpuni

excel

Selain kemampuan dalam hal membersihkan dan menganalisis data, Excel juga bisa digunakan untuk membuat visualisasi data yang baik. Pilihan chart yang disediakan oleh Excel hingga saat ini terbilang cukup beragam. Jika data yang kamu miliki berhubungan dengan data time series atau memuat rentang waktu tertentu, maka kamu bisa menggunakan line chart. 


Jika data mu berupa kategori yang kurang dari 5 kategori, pie chart bisa kamu jadikan pilihan, namun jika lebih dari itu, kamu bisa memanfaatkan bar chart. Untuk melihat hubungan antara 2 variabel atau lebih, kamu bisa memanfaatkan scatter plot. Kamu bisa menyesuaikan chart yang ada dengan data yang kamu miliki.

excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Bingung Cari Pelatihan Excel yang Murah? Di DQLab Aja!

Proses mencari tempat pelatihan Excel yang bersahabat dengan kantong namun tetap berkualitas memang tidaklah mudah. DQLab memberikan jawaban atas keresahan mu. Saat ini kamu bisa mengakses modul Platinum Excel yang disediakan oleh DQLab dengan harga dibawah 200 ribu loh. Menariknya, dengan sekali membeli modul Platinum ini, kamu bisa mengaksesnya tanpa batas waktu tertentu.


Bagi kamu yang ingin uji kompetensi, kamu juga bisa menikmati free modul Excel yang disediakan oleh DQLab, yaitu modul œFree Trial Excel-Penggunaan Rumus dan Fungsi. 


Yuk segera signup di DQLab.id dan mulai belajar Excel sekarang!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :