Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

4 Alasan Perlu Ikuti Kursus Data Engineer

Belajar Data Science di Rumah 07-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-04-1-2023-08-07-203257_x_Thumbnail800.jpg

Peran Data Engineer menjadi semakin menonjol dalam dunia industri yang bergantung pada data untuk mengambil keputusan bisnis yang lebih baik. Tidak bisa dipungkiri, Data Engineering akan membantu bisnis dalam mengelola dan memproses data secara efisien. Sayangnya untuk menjadi Data Engineer ini harus memiliki kualifikasi yang bisa memproses data mentah dengan baik dan efisien. 


Banyak orang, khususnya yang tidak memiliki background yang berhubungan dengan data juga tertarik untuk bisa menjadi Data Engineer. Pada dasarnya, siapa saja memang bisa menjadi Data Engineer, asalkan harus memiliki kualifikasi yang ada. Mengikuti kursus Data Engineer merupakan langkah cerdas bagi siapa pun yang tertarik untuk membangun karir di dunia data engineering yang menjanjikan. Dalam artikel ini akan dibahas empat alasan mengapa kita perlu mengikuti kursus data Engineer. Simak pembahasannya, yuk!


1. Permintaan Tinggi untuk Data Engineer

Data Engineer

Salah satu alasan utama untuk mengikuti kursus Data Engineer adalah tingginya permintaan industri untuk para profesional yang memiliki keahlian dalam mengelola dan memproses data. Tidak bisa dipungkiri, banyak perusahaan dari berbagai sektor, seperti teknologi, kesehatan, e-commerce, keuangan, dan lainnya, semakin mengandalkan data dalam pengambilan keputusan yang tepat dan efisien. Sehingga hal ini membuat kebutuhan akan posisi Data Engineer menjadi sangat dibutuhkan dan dihargai di pasar tenaga kerja.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Menguasai Teknologi Terkini

Data Engineer

Perkembangan teknologi juga harus diikuti dengan sumber daya manusia yang juga harus mengimprovisasi kemampuannya. Dengan mengikuti kursus Data Engineer, kita akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mempelajari teknologi terkini dalam dunia data engineering. Kursus ini biasanya akan mencakup tools dan framework populer seperti Apache Hadoop, Apache Spark, Apache Kafka, dan lainnya. Dengan menguasai teknologi ini, kita bisa menjadi lebih siap untuk menghadapi tuntutan industri yang terus berkembang.


3. Pembelajaran Praktis dan Proyek

Data Engineer

Kursus Data Engineer sering kali menawarkan pembelajaran praktis melalui project dan latihan. Tentu saja hal ini akan sangat menarik, mengingat tujuan kita mengikuti kursus ini adalah untuk menyiapkan diri agar bisa menerapkan pengetahuan yang telah dipelajari dalam lingkungan nyata. Dengan begitu, kita akan terbiasa menghadapi tantangan sehari-hari sebagai seorang Data Engineer dan bisa menentukan langkah yang dipilih. 


Selain itu, kebanyakan kursus juga menyediakan sertifikat sebagai bukti kita telah menyelesaikan kursus, dimana ini bisa menjadi bukti konkret dari keahlian yang kita miliki sebagai Data Engineer.


4. Jaringan dan Kesempatan Karier

Data Engineer

Mengikuti kursus Data Engineer juga memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan instruktur dan profesional lain dalam bidang ini. Hal ini membuka pintu bagi jaringan profesional yang berharga dan dapat membantu kita untuk mendapatkan kesempatan karir yang lebih baik di masa depan. Profesi Data Engineer memang menawarkan potensi karier yang menarik dengan peluang berkontribusi dalam memanfaatkan data untuk kepentingan bisnis dan teknologi, namun memiliki networking tidak kalah penting.


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Mengikuti course Data Engineer merupakan keputusan yang bijaksana bagi siapapun yang tertarik untuk membangun karier di dunia Data Engineering. Mengikuti kursus ini dapat membuka jalan untuk masa depan yang sukses dan penuh peluang di dunia data yang terus berkembang. Untuk memulai journey sebagai seorang Data Engineer, kamu bisa mulai dengan mempelajari modul-modul Python, R, dan Tableau yang disediakan oleh DQLab


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Scientist!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login