PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 23 Jam 47 Menit 25 Detik

4 Alasan Python Populer & Penting untuk Berkarir

Belajar Data Science di Rumah 15-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-rabu-01-2024-03-16-121617_x_Thumbnail800.jpg

Python merupakan salah satu skill yang dibutuhkan untuk menghadapi era yang serba digital ini. Perkembangan teknologi menuntut para profesional untuk terus mengupgrade skill nya sehingga bisa bertahan dan tidak digantikan posisinya oleh robot atau teknologi komputer. Keterampilan yang relevan akan membuat para profesional lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang diidamkan.


Python telah menempati posisi puncak dalam daftar bahasa pemrograman paling populer di dunia dalam beberapa tahun terakhir. Keberhasilan dan popularitasnya tidak terlepas dari sejumlah faktor yang membuatnya menonjol di antara bahasa-bahasa pemrograman lainnya. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa saja faktor kunci yang membuat Python menjadi populer sehingga layak menjadi skill yang harus dimiliki untuk mempersiapkan karir yang lebih cemerlang. Simak pembahasannya yuk!


1. Kemudahan Penggunaan dan Keterbacaan Kode

Python

Python cukup terkenal karena kemudahan kodenya untuk dibaca dan juga penggunaannya secara keseluruhan. Sintaksis yang dimiliki Python lebih sederhana dan mudah dipahami karena mirip dengan bahasa manusia. Hal ini kemudian membuat Python menjadi pilihan yang sangat baik bagi pemula maupun para profesional yang telah berpengalaman.


Python dapat meminimalkan jumlah kode yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tertentu, sehingga membuat proses pengembangan ataupun proses analisis data menjadi lebih cepat dan lebih efisien.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Kecocokan dengan Berbagai Bidang Industri

Python

Python juga dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai jenis pekerjaan yang ada di berbagai bidang industri. Kecocokan Python dengan berbagai bidang industri juga menjadi faktor lain yang membuatnya sangat populer. Python dapat digunakan dalam software development, analisis data, Artificial Intelligence, web development, pemrograman jaringan, dan masih banyak lagi. Fleksibilitas ini membuatnya menjadi pilihan yang ideal bagi para profesional yang ingin mengejar karir di berbagai sektor industri.


3. Ekosistem yang Kaya dan Aktif

Python

Kemampuan Python untuk menyelesaikan tugas secara fleksibel didukung oleh ekosistemnya yang sangat kaya dan aktif. Ekosistem ini terdiri dari ribuan library, framework, serta tools yang tersedia untuk memperluas fungsionalitasnya. Library seperti NumPy, Pandas, Matplotlib, TensorFlow, dan Django telah membantu Python menjadi bahasa pemrograman yang sangat kuat untuk analisis data, Artificial Intelligence, website development, dan banyak lagi. Dukungan yang kuat dari komunitas pengembang Python juga telah menghasilkan banyak project open-source yang bermanfaat bagi semua orang.


4. Dukungan yang Kuat dari Industri dan Komunitas

Python

Dukungan yang kuat dari industri dan komunitas juga menjadi salah satu faktor kunci dalam kesuksesan Python. Perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka seperti Google, Facebook, Amazon, dan Microsoft telah menggunakan Python dalam produk-produk dan layanan-layanan mereka. Selain itu, komunitas Python yang besar dan beragam terus berkembang, menyediakan dukungan, sumber daya, dan kesempatan untuk kolaborasi yang berharga bagi para pengguna.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Python telah menjadi bahasa pemrograman yang sangat populer dan pilihan utama bagi para pengembang di seluruh dunia. Dengan terus berkembangnya teknologi dan permintaan pasar yang tinggi untuk para profesional yang menguasai Python, tidak mengherankan jika bahasa pemrograman ini terus menjadi pilihan utama di dunia IT.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst! Atau kamu ingin mempelajari Artificial Intelligence lebih dalam & intensif? Yuk ikuti DQLab LiveClass! Nikmati pembelajaran secara langsung dengan metode simulasi yang akan membantu kamu dalam persiapan karir. Kunjungi halaman Bootcamp Data Analyst with SQL and Python untuk informasi lebih lanjut ya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login