FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 50 Menit 46 Detik 

4 Benefit NON IT Ikuti Pelatihan Excel di DQLab

Belajar Data Science di Rumah 21-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e10b3309d4607c5421648fff40c704cc_x_Thumbnail800.jpeg

Sebelum mencari tahu jawaban dari judul di atas, perlu dipastikan apakah kamu sudah tahu apa itu Microsoft Excel. Sebagian besar orang pastinya sudah mengenal Microsoft Excel dari jenjang dasar. Terlebih di zaman serba digital ini, tidak menutup kemungkinan kalau anak-anak Sekolah Dasar pun sudah tahu apa itu Microsoft Excel. Yups, Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi milik Microsoft berupa lembar kerja yang dapat dijalankan di Windows dan Mac OS.


Umumnya Excel digunakan dalam membuat sebuah tabel, tapi fungsi Excel lebih dari sekedar membuat tabel, lho. Excel juga digunakan untuk mengolah angka seperti membuat, mengedit, mengurutkan hingga menganalisa data. Tak hanya itu, Excel juga dapat memecahkan permasalahan yang berhubungan dengan logika atau matematika yang kemudian divisualisasikan ke dalam bentuk grafik, diagram ataupun tabel.


Nahhh, setelah paham apa fungsinya Excel, masih berpikir kalau belajar Excel ngga ada gunanya? Padahal faktanya, memperdalam skill Excel akan sangat-sangat bermanfaat bagi kamu yang akan memasuki jenjang kuliah atau bagi yang akan memulai berkarir di dunia kerja. Kamu bingung harus belajar mulai darimana?


Tenang bestie, jangan khawatir. Sekarang, sudah banyak kursus Excel online yang memberikan kesempatan dengan materi yang lengkap dan terstruktur. Karena itu, mulai sekarang kamu harus paham sebenarnya apa sih alasan mengapa penting untuk memperdalam skill Excel, ini dia jawabannya!


 1. Hampir Semua Pekerjaan Menjadikan Excel Software Standarnya

Excel 

Alasan pertama mengapa Microsoft Excel penting untuk dipelajari adalah karena hampir semua profesi menggunakan software pengolah angka ini. Dan hampir semua pekerjaan kini berhubungan dengan data.


Seperti profesi di bidang Data, Finance dan Marketing, atau bagi mahasiswa tahun akhir yang sedang menyusun tugas akhir, atau di perusahan kecil menengah yang menggunakan Excel untuk menghitung jumlah laba/rugi dan masih banyak lagi.


Zaman semakin canggih, semua kegiatan kini mulai mengikuti perkembangan teknologi dan pastinya tidak ada manusia yang mau tertinggal karena dengan mengikuti perkembangan tersebut akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Meningkatkan Keterampilan dan Kepercayaan Diri

Ketika kamu mempelajari Excel atau mengikuti kursus Excel di DQLab, pastinya akan meningkatkan keterampilan Excelmu. Karena dengan mengikuti kursus pastinya akan banyak praktik dan berhadapan dengan real case dimana hal ini menjadi nilai plus bagi kamu.


Jika mengalami kesulitan di tengah pembelajaran, kamu pun bisa mengkonsultasikannya langsung ke mentor-mentor yang ada atau kepada teman-teman di dalam komunitas tersebut.


Bagi yang sudah cukup sering menggunakan Excel, maka manfaat mengikuti kursus Excel ini adalah untuk memperlancar kemampuan dan menambah jam terbang. Hal ini pastinya akan meningkatkan keterampilan dan kepercayaan diri kamu!


3. CV Menjadi Menarik dan Mempermudah Mendapat Pekerjaan

Excel 

Berhubungan dengan alasan sebelumnya, dengan mengikuti kursus Excel maka akan meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Karena di kursus kamu belajar secara tersusun dan memiliki kemampuan yang lebih dari yang lain, ini akan membuat CV-mu lebih stand out di antara yang lain.


Hal ini menyebabkan berkurangnya kesulitanmu ketika mencari pekerjaan. Kenapa? Kamu bisa lihat di beberapa job positions, kebanyakan mereka mencantumkan requirements seperti “Mampu mengoperasikan Microsoft Excel” atau “Advanced in Microsoft Excel”.


4. Belajar Lebih Terarah dan Fleksibel

Excel 


Belajar Excel di kursus Excel online akan lebih terarah dan kamu gak perlu bingung harus memulainya dari mana. Terutama jika kamu mengikuti kursus di DQLab, kamu akan dipandu untuk belajar dari nol hingga mahir menggunakan Excel. Segala kesulitan bisa kamu tanyakan langsung di saat belajar kepada mentornya yang ahli di bidangnya. Hal ini pastinya akan lebih efektif dibandingkan belajar sendiri.


Selain itu, ketika kamu mengikuti kursus Excel online, kamu akan lebih fleksibel dalam belajar. Bagi kamu yang pelajar, mahasiswa, atau pekerja, bisa menyesuaikan waktu belajar di waktu-waktu luang misalnya setelah selesai kuliah atau setelah pulang bekerja dan bisa juga disaat weekend. Selain itu dengan mengikuti kursus Excel online kamu bisa belajar dimana saja, seperti di rumah, cafe, atau tempat lain yang kamu sukai. Dan yang gak kalah penting, lebih hemat! Karena gak perlu mengeluarkan biaya transportasi ke tempat kursus.

 

Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Belajar Excel bersama DQLab tidak sekedar menyelesaikan latihan-latihan dasar. Tetapi kamu juga bisa menyelesaikan project-project yang berdasarkan kasus nyata di perusahaan. Project data ini merupakan salah satu cara untuk mulai membangun portofolio datamu, loh!


Buat mini project versimu dan lakukan pengolahan data menggunakan Excel kemudian tuliskan proses pengerjaannya dan hasil analisisnya. Selanjutnya buatlah kesimpulan dari seluruh proses analisis dan paparkan insightnya.


Tidak hanya itu, kamu juga dapat mengerjakan modul Excel di DQLab dan dijadikan project data sederhana. Tertarik untuk mencobanya? Kamu cukup bergabung dengan mendaftar di DQLab.id dan dapatkan akses gratis belajar Excel dasar!

 

Penulis: Salsabila MR

Editor: Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :