PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 34 Menit 35 Detik 

4 Cara Membuat Visualisasi Data dengan Matplotlib

Belajar Data Science di Rumah 31-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/06f8506e57499d2470cb338ea3717797_x_Thumbnail800.jpg

Mengapa seorang data scientist wajib mengetahui cara membuat visualisasi data? karena seorang data scientist memiliki salah satunya tanggung jawab atau peran untuk dapat mengkomunikasikan hasil dari analisis kepada para semua audience yang mungkin tidak memiliki background IT. Dengan visualisasi data dapat memudahkan audience yang berada di lain divisi bisa memahami informasi yang disampaikan oleh Data Scientist sehingga insight tersebut dapat digunakan untuk menentukan action yang tepat untuk dilakukan untuk mencapai tujuan perusahaan. 


Bagi sebagian orang yang memang sudah pernah atau bahkan terbiasa coding dengan bahasa pemrograman seperti python dan R akan melakukan visualisasi data menggunakan bahasa pemrograman tersebut. Jangan khawatir jika kamu pemula yang ingin belajar mengenai cara membuat visualisasi data dengan matplotlib, maka kamu berada pada artikel yang tepat. Karena artikel DQLab kali ini akan membahas tentang 4 tahapan untuk membuat visualisasi data dengan matplotlib.


1. Install Library Matplotlib

Matplotlib adalah library python yang akan membantu untuk membuat grafik dengan memvisualisasikan data dan plot grafis. Nah, sama seperti software atau tools lainnya untuk menggunakan matplotlib kita perlu menginstalnya terlebih dahulu. Adapun cara menginstall matplotlib adalah sebagai berikut:

  • Pastikan terlebih dahulu PIP sudah di install di sistem kamu, untuk mengeceknya ketikkan perintah berikut:

    python--version

    jika python telah berhasil diinstall, maka versi python yang terinstall tersebut akan ditampilkan.

  • Lakukan instalasi matplotlib, caranya dengan menggunakan PIP tadi, berikut ini adalah cara menginstall:

    pip install matplotlib

    perintah tersebut akan mulai mengunduh dan menginstall package terkait dengan library matplotlib

  • Pastikan bahwa matplotlib sudah terinstall, untuk melakukannya jalankan perintah berikut:

    import matplotlib

    matplotlib.__version__

    Jika matplotlib berhasil diinstall, maka versi matplotlib yang diinstall akan tampil.


Baca juga : Belajar Python untuk Hasilkan Visualisasi Data


2. Import Library Matplotlib 

Sebelum kamu dapat mulai bekerja menggunakan python, mari kita periksa apakah library sudah terinstall. Caranya dengan mengetikkan perintah dibawah ini:

python -c "import matplotlib"

Jika matplotlib diinstall, maka perintah ini akan selesai tanpa kesalahan dan kamu siap menggunakannya. Sekarang matplotlib diinstall, kamu dapat mengimpor nya di python atau langsung di proyek kamu. Kamu dapat menentukan modul yang ingin kami di import dengan menambahkan .pyplot ke ujung matplotlib.


3. Pilih Grafik yang Sesuai

Setelah kamu selesai melakukan instalasi dan mengimport library matplotlib, salah satu bagian terpenting dalam proses visualisasi data adalah memilih jenis grafik yang paling sesuai dengan data yang telah kamu analisis. Hal ini bisa menjadi lebih rumit karena biasanya suatu data dapat divisualkan menggunakan lebih dari satu jenis grafik. Dalam memilih jenis grafik yang paling sesuai setidaknya kamu harus paham tentang beberapa hal berikut antara lain: menentukan tujuan visualisasi data, menentukan target visualisasi data, mendapatkan dan mengeksplorasi data, menentukan jenis visualisasi, membuatnya efektif dan menarik serta melakukan evaluasi.


4. Membuat Grafik dengan Matplotlib

Sebelum membuat grafik dengan matplotlib, kumpulkan dataset terlebih dahulu, kemudian membuat point data ke plot. Dalam perintah python mu, mari buat beberapa data untuk divisualisasikan. Jika, kamu membuat grafik 2D maka kamu akan memerlukan koordinat X dan Y untuk setiap titik data kamu. Untuk memahami cara kerja matplotlib, mari kaitkan data dengan skenario kehidupan nyata yang mungkin. Mari kita analogikan sebagai pemilik coffee shop dan kita tertarik pada hubungan antara cuaca rata-rata sepanjang tahun dan jumlah total pembelian es kopi. Variabel X kita akan menjadi jumlah total es kopi yang dijual per bulan dan variabel Y kita akan menjadi suhu rata-rata dalam Fahrenheit untuk setiap bulan. Oleh karena itu, dalam skrip python kita, akan membuat dua variable list: X (total es kopi yang dijual) dan Y(suhu rata-rata). Setiap item dalam daftar masing-masing akan mewakili data dari setiap bulan (Januari hingga Februari). Setelah itu kita bisa melakukan ploting data dan memberikan title dan label pada grafik.


Baca juga : Cara Membuat Visualisasi Data Trend dengan Excel


5. Visualisasikan Data Pertama Kamu dengan Matplotlib, Yuk!

Visualisasi data dengan python merupakan salah satu cara paling cocok kamu pilih karena python sendiri merupakan jenis bahasa pemrograman yang paling populer dan memiliki penggemar fanatik di berbagai forum diskusi di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia.  Jika, kebetulan kamu pemula yang ingin belajar seputar dasar statistik dengan pemrograman python atau R tetapi bingung harus mulai belajar dari mana. Sudah coba belajar otodidak, malah overdosis informasi?Jangan khawatir yuk, buruan bergabung bersama DQLab. Kamu tidak akan bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. 

Dengan materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! 



Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!