PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 22 Jam 34 Menit 34 Detik

4 Cara Menghapus Elemen pada Python

Belajar Data Science di Rumah 14-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-01-2024-02-13-092200_x_Thumbnail800.jpg

Dalam software development dengan Python, penanganan operasi penghapusan elemen menjadi hal yang krusial. Python menjadi bahasa pemrograman yang sangat populer di kalangan software development karena kegunaannya yang serbaguna dan kemudahan dalam penggunaannya. Dalam proses pengembangan, seringkali kita menghadapi situasi di mana kita perlu menghapus elemen tertentu dari struktur data seperti list, dictionary, atau set.


Struktur data seperti list, dictionary, dan set adalah bagian integral dari proses software development di Python. List digunakan untuk menyimpan kumpulan data yang dapat diubah, dictionary digunakan untuk menghubungkan kunci dan nilai, sedangkan set digunakan untuk menyimpan kumpulan elemen unik. Dengan pemahaman yang baik tentang metode penghapusan yang efisien, developer dapat mengoptimalkan kinerja script code mereka dan mengelola data dengan lebih efisien.


Pada artikel kali ini, DQLab akan membahas empat cara menghapus elemen pada Python yang bisa kamu terapkan saat mengembangkan sebuah software.


1. Menghapus Elemen dari List

Untuk menghapus elemen dari list, lita dapat menggunakan metode remove untuk menghapus elemen berdasarkan nilainya, atau menggunakan pernyataan del untuk menghapus elemen berdasarkan indeksnya. Berikut adalah contoh script code yang bisa digunakan.


Python


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Menghapus Elemen dari Dictionary

Untuk menghapus elemen dari kamus, kita dapat menggunakan pernyataan del dengan mengidentifikasi kunci elemen yang ingin dihapus. Script code singkatnya bisa kamu pahami pada gamber di bawah ini.


Python

3.  Menghapus Elemen dari Set

Pada set, kita dapat menggunakan metode remove atau discard untuk menghapus elemen tertentu. Berikut adalah contoh simple untuk menghapus beberapa elemen dari set di Python.


Python



4. Menghapus Elemen yang Memenuhi Kondisi

Untuk menghapus elemen yang memenuhi kondisi tertentu dari list, kita dapat menggunakan list comprehension atau metode filter seperti contoh berikut ini.


Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Menghapus elemen pada Python dapat dilakukan dengan berbagai cara, tergantung pada struktur data yang kita gunakan dan kebutuhan spesifik yang kita inginkan. Dengan memahami berbagai metode yang tersedia, kita dapat dengan mudah mengelola dan memanipulasi data dalam program Python.


Yuk perdalam penggunaan Python bersama DQLab! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam. DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali, atau ikuti  Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login