JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 0 Jam 55 Menit 21 Detik

4 Cara Sederhana Membuat Grafik di Excel

Belajar Data Science di Rumah 29-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-08-2023-11-29-170149_x_Thumbnail800.jpg

Di zaman saat ini ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk membantu praktisi data dalam mengolah data. Nah, salah satu aplikasi yang sering digunakan adalah Microsoft Excel. Microsoft Excel ini memang didesain untuk membantu proses pengolahan data dan juga perhitungan matematika. Selain itu Excel ini bisa digunakan oleh praktisi data untuk memvisualisasikan datanya dengan cara yang mudah.


Pada saat proses visualisasi data, ada banyak sekali jenis bentuk grafik yang disediakan oleh excel ini sesuai dengan kebutuhan kita. Mulai dari bentuk column, line, area, bar, dan lain sebagainya. Penggunaan grafik dalam excel dapat memudahkan para pembaca untuk memahami data yang sudah diproses.


Nah, kira-kira bagaimana cara membuat grafik ini dalam excel? Yuk kita simak pembahasannya di bawah ini!


1. Memilih Data yang Diinginkan

Langkah pertama adalah memilih data yang kalian ingin jadikan bentuk grafik. Kalian bisa memilih beberapa bagian pada tabel yang ingin kalian jadikan grafik. 

Excel


Pada gambar tersebut terlihat ada data jumlah pengeluaran dalam kurun waktu 5 bulan terakhir. Kalian bisa memblok semua datanya, jika kalian ingin membuat semua datanya menjadi sebuah grafik. Ataupun, kalian juga bisa memilih data tertentu untuk dijadikan sebuah grafik.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Memilih Menu Insert pada Menu Bar

Jika kalian sudah memblok semua data yang kalian ingin jadikan grafik, langkah selanjutnya adalah kalian bisa memilih menu insert pada menu bar. Jika kalian sudah masuk ke dalam menu insert, kalian akan melihat sebuah icon beberapa jenis grafik yang bisa kalian klik dan lihat ada apa saja grafik yang bisa kalian pakai.

Excel


3. Memilih Grafik yang Diinginkan

Setelah kalian membuka menu insert, kalian bisa langsung memilih grafik apa yang ingin kalian buat. Jika kalian merasa kebingungan grafik apa yang cocok, Excel sudah memberikan beberapa rekomendasi pada menu Recommended Charts pada menu insert ini. Untuk melihat pilihan grafik secara lengkap kalian bisa memilih all charts. 

Excel


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


4. Mengatur Posisi Grafik

Jika kalian sudah menemukan grafik yang cocok dengan data milik kalian, grafik tersebut akan muncul secara otomatis pada lembar kerja kalian. Agar grafik yang kalian buat tidak mengganggu data kalian, maka kalian bisa mengatur posisi dari grafik yang kalian buat, selain itu kalian juga bisa mengatur ukuran dari grafik yang kalian buat.


Kalian hanya perlu mengarahkan kursor ke bagian sudut grafik dan kemudian geser grafik tersebut.

Excel


Yuk, nikmati modul Excel lainnya dan bergaabung dengan DQLab adalah solusi buat kamu yang ingin self learning tapi takut overdosis informasi. Kamu bisa belajar materi dasar hingga kompleks meskipun kamu ngga punya basic IT, lho. Disini kamu akan belajar skill data science mulai dari tools-tools pengolahan data dasar seperti excel secara online tanpa perlu keluar rumah. 


Dengan bermodalkan koneksi internet kamu bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! 




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login