[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 15 Jam 52 Menit 4 Detik 

4 Channel Youtube Penyedia Tutorial Python yang Harus Kamu Ketahui!

Belajar Data Science di Rumah 12-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/158d2478d25f190ae5ae2fc4d8ddce47_x_Thumbnail800.png

Belajar bahasa pemrograman merupakan hal yang harus dilakukan oleh semua orang yang berniat untuk menjadi praktisi data. Ada banyak bahasa pemrograman yang bisa digunakan, mulai dari yang mudah untuk dipahami hingga yang lebih sulit. Salah satu bahasa pemrograman yang umum digunakan adalah bahasa Python. Bahasa pemrograman ini termasuk ke dalam high-level programming language, karena bahasa Python mudah untuk dibaca dan juga mudah untuk dituliskan kembali, bahkan oleh orang awam sekalipun. 

Perkembangan teknologi membuat proses belajar mengajar tidak hanya melalui proses pertemuan tatap muka, terlebih saat pandemi seperti sekarang yang meminta kita untuk menjaga jarak. Selain bisa dilakukan secara offline, proses belajar juga bisa dilakukan secara online. Salah satu tempat belajar programming secara online adalah dengan menonton Channel Youtube yang menyediakan tutorial bahasa pemrograman seperti Python. Ada 4 channel yang bisa kamu coba, apa saja sih?


1. Sekolah Koding

Channel youtube ini merupakan salah satu channel yang bisa kamu tonton karena memuat penjelasan tentang tutorial Python dari awal hingga tingkat advance. Mulai dari tahun 2014, channel ini aktif membagikan video dengan bahasa pemrograman. Ada tiga playlist yang membicarakan Python di channel ini, yaitu playlist Tutorial Bahasa Python dengan 35 video (lebih ke arah penjelasan Python dari awal), playlist Python - bermain dengan file dengan 7 video (mencoba untuk membaca data yang diberikan), dan playlist Membuat Website dengan Flask yang terdiri dari 14 video. Saat ini, channel youtube Sekolah Koding telah memiliki 108 ribu subscriber.


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Kelas Terbuka

Channel youtube lain yang bisa dicoba untuk belajar Python secara online adalah Kelas Terbuka. Channel ini telah memiliki 240 ribu subscriber.  Ada beberapa playlist untuk belajar Python yang disediakan disini, misalnya Belajar Python Bahasa Indonesia [Dasar] dengan 57 video (yang berisi hal-hal dasar dari Python), Belajar Python Bahasa Indonesia [versi terbaru] dengan 26 video (masih on going), Belajar Python versi Lama 2017 dengan 37 video, Belajar Object Oriented Programming Bahasa Indonesia dengan 21 video, Belajar Numpy dengan 13 video, Belajar Matplotlib dengan 10 video, dan 65 video yang ada di playlist Django yang dihubungkan dengan Python.


3. Programming with Mosh

Channel youtube yang bisa digunakan untuk belajar Python selanjutnya adalah Programming with Mosh. Materi yang ada di channel ini akan menggunakan bahasa Inggris secara full, namun masih cukup mudah untuk dipahami terlebih saat ini kita bisa memanfaat subtitle yang ada, sehingga hal itu bukanlah masalah besar. Saat ini channel ini telah di-subscribe oleh 2.05 juta orang. Untuk bahasa pemrograman Python sendiri bisa dipelajari di playlist Python tutorial yang berisi 21 video. Namun sayangnya beberapa video yang ada memiliki durasi yang sangat panjang bahkan ada yang sampai 6 jam.


4. FreeCodeCamp

Channel youtube internasional lain yang bisa kamu coba adalah freeCodingCamp.org yang telah di-subscribe oleh 4.35 juta orang. Bahasa yang digunakan tentu saja full English, namun di beberapa video agak sulit untuk dimengerti karena menggunakan aksen tertentu yang sulit dipahami. Ada beberapa playlist tutorial Python yang bisa kamu tonton seperti Full Course in One Video, Python Tutorials, Python Basics with Sam, Data Analysis with Python, dan Deep Learning with PyTorch Course.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


5. Belajar Bahasa Python secara Gratis di DQLab, yuk!

Jika kamu tertarik untuk belajar bahasa Python, kamu juga bisa memanfaatkan kursus online yang menyediakan sertifikat setelah berhasil mengerjakannya. Ada banyak modul yang menggunakan bahasa Python di DQLab. Modul itu akan bisa kamu akses jika bergabung menjadi member premium DQLab. Namun jika kamu tertarik untuk mencoba free modul, kamu masih bisa menikmatinya, kok. Kamu bisa mengakses modul “Introduction to Data Science with Python” secara gratis dan tetap mendapatkan sertifikat setelah berhasil mengerjakannya. Yuk, tunggu apa lagi? Buruan sign up di DQLab dan nikmati modul-modul yang ada!


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!