DISKON 95%! BIG PROMO 8.8 MENARIK DI TANGGAL CANTIK
Belajar Data Science 6 Bulan bareng ahli + dapat sertifikat hanya Rp. 188K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 3 Jam 45 Menit 21 Detik 

4 Contoh Algoritma Machine Learning Menggunakan Python

Belajar Data Science di Rumah 07-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2de23825e4d9d18bf9b4243701cd4e07_x_Thumbnail800.jpg

Machine Learning merupakan salah satu teknologi yang membuat mesin dapat bekerja dengan mengikuti pola pikir manusia. Agar bisa membuat keputusannya sendiri, maka mesin perlu dilatih dengan proses pembelajaran atau yang dikenal dengan istilah training.


Barulah kemudian model yang dihasilkan oleh algoritma Machine Learning dilakukan pengujian atau yang dikenal dengan istilah testing. Lahirnya Machine Learning membuat pekerjaan yang dulunya hanya bisa dikerjakan oleh manusia dapat digantikan oleh mesin sehingga waktu yang dibutuhkan menjadi lebih efisien.


Machine Learning sendiri merupakan bagian dari Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan). Dalam Machine Learning, algoritma-algoritma yang ada bisa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok besar, seperti Supervised Learning, Unsupervised Learning, dan Reinforcement Learning. Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membangun Machine Learning.


Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai contoh penerapan algoritma Machine Learning menggunakan Python. Simak pembahasan lengkapnya di artikel berikut ini!


1. Linear Regression

machine learning

Regresi merupakan salah satu algoritma yang dapat dikelompokkan ke dalam algoritma Supervised Learning, dimana datanya sudah memiliki label sehingga hasil pengujiannya bisa disesuaikan dengan label yang ada. Regresi sendiri merupakan pemodelan nilai target berdasarkan prediktor independen.


Dalam regresi ada banyak sekali jenisnya, seperti regresi linear, regresi berganda, dll. Regresi linier merupakan jenis analisis regresi yang cukup sederhana dimana jumlah variabel bebas dan terikatnya hanya berjumlah satu dan terdapat hubungan linier antara variabel bebas (variabel X) dan terikat( variabel y).


Untuk menggunakan algoritma ini pada Python, kita bisa menggunakan library berikut:

import matplotlib.pyplot as plt
from scipy import stats


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!

 

2. Decision Tree

machine learning

Source : Venngage


Decision Tree merupakan salah satu algoritma Machine Learning yang dapat dijadikan alat pendukung untuk membuat keputusan dengan memanfaatkan model keputusan yang berbentuk seperti pohon dan kemungkinan konsekuensinya, termasuk hasil peristiwa kebetulan, biaya sumber daya, dan utilitas. Algoritma ini menjadi salah satu cara untuk menampilkan algoritma yang hanya berisi pernyataan kontrol bersyarat.


Untuk menggunakan Decision Tree dengan Python, kita bisa meng-import library berikut:

import pandas
from sklearn import tree
import pydotplus
from sklearn.tree import DecisionTreeClassifier


3. K-Means Clustering

data scientist

Source : Google

K-Means Clustering merupakan salah satu algoritma Machine Learning yang digunakan untuk melakukan clustering berdasarkan mean terdekat.


Jumlah cluster biasanya akan ditentukan di awal, barulah seluruh data akan dibagikan ke cluster yang tersedia dengan memperhatikan kedekatan jaraknya. Metode ini termasuk ke dalam bagian dari algoritma Unsupervised Learning, dimana datanya tidak memiliki label sama sekali, sehingga dikelompokkan berdasarkan kemiripan karakteristiknya.


Untuk menggunakan algoritma ini di Python, library yang harus di-import yaitu:

from sklearn.cluster import KMeans


4. Hierarchical Clustering

machine learning

Source : Toward Data Science


Metode hierarchical clustering juga termasuk salah satu algoritma Machine Learning yang termasuk ke dalam bagian Unsupervised Learning, dimana data yang digunakan tidak memiliki label. Pafa metode ini, data yang ada akan dikelompokkan dalam clusternya sendiri yang berukuran lebih kecil.


Selanjutnya pengamatan tersebut akan dikelompokkan ke dalam cluster yang semakin besar.  Untuk menggunakan algoritma ini dengan Python, kita bisa meng-import-kan beberapa library utama, yaitu:

import numpy as np
import matplotlib.pyplot as plt
from scipy.cluster.hierarchy import dendrogram, linkage


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Machine Learning menjadi salah satu skill yang dapat dijadikan pilihan untuk dikuasai agar dapat terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital.


Jika kamu tertarik untuk mempelajari Machine Learning khususnya dengan menggunakan Python, kamu dapat berlangganan sebagai member premium DQLab, karena disana menyediakan pembelajaran yang berhubungan dengan Machine Learning.


Selain mendapatkan ilmu tentang Machine Learning, kamu juga bisa mempelajari hal-hal lainnya, karena sekali berlangganan modul premium, maka kamu akan bisa mengakses semua modul premium yang disediakan oleh
DQLab. Modul-modul tersebut dibungkus dalam bahasa pemrograman yang umum digunakan oleh praktisi data seperti SQL, R, dan Python. Yuk, tunggu apa lagi? Buruan sign up dan nikmati modulnya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :