PROMO 12.12! DISKON 90%
Belajar Data 6 Bulan hanya Rp120K!

0 Hari 2 Jam 35 Menit 20 Detik

4 Contoh Pemanfaatan Python di Ragam Pekerjaan

Belajar Data Science di Rumah 24-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-rabu-01-2023-09-23-144139_x_Thumbnail800.jpg

Python adalah bahasa pemrograman yang digunakan di banyak perusahaan, mulai dari startup hingga perusahaan-perusahaan besar. Python bisa menjadi kunci untuk membuka banyak peluang karir yang ada.


Para profesional yang bisa menguasai Python secara advanced akan menjadi incaran utama perusahaan, mengingat proses belajar bahasa pemrograman bukanlah hal yang mudah. Meskipun jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, Python tentu jauh lebih mudah untuk dibaca maupun ditulis kembali.


Selain itu, Python juga termasuk ke dalam bahasa pemrograman yang bisa menyelesaikan banyak tugas. Sifat fleksibel Python ini membuat Python tidak hanya digunakan oleh satu profesi saja, namun oleh banyak profesi.


Itulah mengapa skill menguasai Python secara advanced akan membuka peluang yang sangat besar. Dalam artikel ini kita akan membahas tentang beberapa contoh pemanfaatan Python di berbagai jenis pekerjaan. Yuk, cari tahu bareng!


1. Pengembangan Perangkat Lunak

Python

Salah satu contoh penerapan Python adalah dalam proses pengembangan perangkat lunak (software development). Pengembangan ini akan meliputi pembuatan aplikasi desktop, aplikasi web, serta software yang berbasis server.


Python memiliki berbagai framework seperti Django, Flask, dan Pyramid yang dapat mempercepat pengembangan aplikasi web. Banyak perusahaan besar, seperti Instagram dan Dropbox, yang menggunakan Python untuk membangun layanan mereka.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Analisis Data

Python


Dalam ilmu Data Science, Python juga termasuk bahasa favorit para praktisi data. Dalam hal analisis data, Python bisa menjadi bahasa pemrograman yang sangat kuat dan bisa diandalkan.


Selain itu, adanya dukungan dari berbagai library Python seperti Pandas, NumPy, dan Matplotlib, akan membuat proses pengolahan data, pembuatan visualisasi, serta membuat laporan yang informatif menjadi lebih mudah untuk dilakukan.


Hal ini juga yang membuat Python menjadi tools yang sangat ideal bagi para praktisi data seperti Data Scientist, Data Analyst, serta profesional lain yang bekerja dengan big data.


3. Artificial Intelligence dan Machine Learning

Python


Pengembangan Artificial Intelligence dan Machine Learning menjadi bidang berperan penting dalam perkembangan teknologi digital. Tidak hanya untuk analisis data dan software development, Python juga merupakan bahasa pemrograman yang paling sering digunakan dalam pengembangan model Artificial Intelligence dan Machine Learning.


Untuk mendukung pengembangan tersebut, pemanfaatan framework seperti TensorFlow, Keras, dan PyTorch sangat populer digunakan di kalangan peneliti dan pengembang AI.


4. Pengembangan Game

Python

Pernahkah kalian berpikir bagaimana game baik yang online maupun offline diciptakan? Ternyata pembuatan game akan melibatkan proses pengkodingan. Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang bisa digunakan dalam pembuatan game.


Hal ini juga didukung dengan adanya library Pygame yang memungkinkan developer untuk membuat game 2D dengan Python. Meskipun tidak sekuat bahasa pemrograman yang memang khusus untuk membuat game lainnya, Python tetap bisa menjadi pilihan yang baik untuk pengembangan game indie.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Mengikuti bootcamp Python di DQLab adalah salah satu bentuk investasi leher ke atas yang sangat berharga dalam masa depan kita. Kita akan mempelajari keterampilan yang sangat diminati di pasar kerja saat ini dan mendapatkan pengetahuan yang dapat membantu kita mencapai sukses dalam karir di dunia teknologi.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst! Atau kamu ingin mempelajari Artificial Intelligence lebih dalam & intensif?


Yuk ikuti DQLab LiveClass! Nikmati pembelajaran secara langsung dengan metode simulasi yang akan membantu kamu dalam persiapan karir. Kunjungi halaman Bootcamp Data Analyst with SQL and Python untuk informasi lebih lanjut ya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :