PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 5 Jam 28 Menit 0 Detik 

4 Contoh Penerapan Machine Learning di Bidang Industri

Belajar Data Science di Rumah 06-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/45842c54abcd770d84f40722b874579c_x_Thumbnail800.jpg

Machine learning adalah teknologi yang termasuk dalam artificial intelligence (AI). Sekarang ini tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah machine learning. Teknologi ini dapat diterapkan dalam berbagai sektor industri, seperti dalam bisnis baik itu industri penyedia layanan IT, provider, dan sebagainya. Manfaat yang diberikan machine learning memang menjadi daya tarik tersendiri bagi perusahaan terutama kemampuannya dalam mengolah data dengan cepat dan akurat. Hal ini tentu sangat membantu perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya. 


Dunia bisnis tentunya tidak terlepas dari persaingan yang ketat. Semua berusaha mengembangkan bisnisnya dalam waktu yang relatif singkat agar tidak tertinggal dari pesaingnya yang sudah lebih maju. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang bergerak di berbagai bidang industri mulai menerapkan machine learning dalam sistemnya. 


Di artikel kali ini kita akan bahas beberapa contoh penerapan machine learning di industri yang mungkin bahkan pernah kamu temukan di keseharianmu. Apa saja? Yuk, simak di bawah ini!


1. Virtual Personal Assistant atau Chatbot

machine learning

Pernahkah kamu mengunjungi sebuah website dan menemukan kolom chat? Kolom chat inilah yang disebut virtual personal assistant atau chatbot. Kolom chat ini digunakan untuk melakukan interaksi antar pengguna dan penyedia layanan agar lebih cepat merespon kebutuhan pelanggan. Dalam membangun personal assistant atau chatbot ini sistem mengerti pertanyaan yang diajukan kemudian machine learning dengan cepat mempelajarinya dan memberikan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan. 


Teknologi ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan karena lebih mudah mendapatkan informasi atau wawasan mengenai layanan yang diberikan serta dapat menjadi pilihan dalam menerapkan strategi marketing. Contoh lainnya ada Cortana yaitu virtual personal assistant pada sistem operasi Windows.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Image Recognition

machine learning

Image recognition merupakan istilah yang merujuk pada kemampuan AI dalam mengklasifikasikan dan mengidentifikasi objek seperti gambar, foto, dan lainnya. Penerapannya dapat kita temui misalnya pada pengembangan mobil self-drive, atau dalam bermain game seperti pada Xbox. Otak manusia dapat dengan mudah mengenali suatu benda sedangkan komputer lebih sulit melakukannya sehingga perlu diprogram lebih mendalam. 


Image recognition bekerja dengan mendeklarasikan gambar dalam matriks nilai numerik dimana matriks ini melambangkan pixel gambar. Sistem akan mengenali matriks dan lokasi pixel gambar. Kemudian dengan informasi tersebut, sistem akan memetakan pola dari gambar-gambar sebagai proses pembelajarannya. Sistem akan terus diuji sehingga sistem dapat mengenali gambar dengan lebih akurat. 


3. SIstem Rekomendasi 

machine learning

Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan manusia untuk melakukan pekerjaan sehari-hari dengan lebih mudah contohnya berbelanja. Teknologi sekarang memungkinkan kita berbelanja meski hanya dirumah saja. Sahabat DQ pasti sudah pernah berbelanja online setidaknya sekali selama hidup. Baik itu berbelanja melalui website atau aplikasi toko online, setiap platform memiliki bagian kolom rekomendasi. Ketika melihat isi dari kolom rekomendasi, barang yang ditampilkan menarik untukmu. Inilah hasil dari penerapan machine learning di sistem platform tersebut. Dengan begitu, ada kemungkinan upselling dan cross-selling jadi meningkat. 


4. Personalisasi Konten

machine learning

Sahabat DQ mungkin memiliki lebih dari satu media sosial. Contohnya saja Instagram, kamu sering memberikan tanda œSuka atau Like pada konten terkait review makanan. Maka halaman jelajah Instagram kamu akan lebih sering muncul konten tentang review makanan. Teknologi ini merupakan salah satu hasil penerapan machine learning yang dilakukan oleh developer atau pengembang aplikasi. 


Segi positifnya, fitur personalisasi konten dapat membantu kamu untuk mendapatkan engagement ketika kamu akan mempromosikan konten terkait dengan niche produk yang kamu tawarkan. Caranya antara lain yaitu dengan menggunakan foto-foto yang menarik dan relevan dengan produk yang akan dipromosikan, menggunakan hashtag yang berkaitan dengan produk, dan lainnya. 


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Kemampuan penerapan machine learning adalah hal yang wajib bagi Data Scientist. Selain bertanggung jawab menganalisis data, seorang Data Scientist juga bertugas membangun machine learning yang bermanfaat bagi perusahaan. Dalam membangun machine learning tentunya banyak hal yang dipertimbangkan mulai dari tujuan hingga model yang tepat. 


Mau mulai belajar machine learning? Yuk, daftar di DQLab.id! Kamu bisa belajar machine learning mulai dari dasar bersama mentor data profesional. Dapatkan sertifikat gratis di setiap penyelesaian modulnya. 


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya




Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :