FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 46 Menit 16 Detik 

4 Contoh Penerapan Machine Learning di Kehidupan Sehari-Hari

Belajar Data Science di Rumah 04-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/cc6b3858e5044de43077245d1489b1c3_x_Thumbnail800.jpg

Tanpa kita sadari, Machine Learning telah menjadi salah satu teknologi yang sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menerapkan Machine Learning, kita bisa menyelesaikan banyak pekerjaan dalam waktu yang singkat.


Hal ini karena Machine Learning dibuat agar dapat berpikir layaknya manusia, sehingga bisa mengambil keputusan sendiri. Machine Learning ini memang merupakan bagian dari Artificial Intelligence (kecerdasan buatan).


Untuk bisa melakukan sesuatu secara otomatis, maka Machine Learning harus dilatih dengan cara mempelajari data-data yang telah ada sebelumnya. Proses ini dinamakan dengan proses training.


Jika selama ini, kita mengira bahwa Machine Learning hanya berguna untuk keberlangsungan sebuah perusahaan, namun ternyata di kehidupan sehari-hari pun kita sudah sering menggunakan hasil penerapan Machine Learning. Nah, apa saja sih contohnya? Yuk, simak pembahasannya!


1. Rekomendasi di Marketplace

machine learning


Sistem belanja online di marketplace memang cukup memudahkan kita, karena kita bisa mendapatkan barang tanpa harus melakukan kunjungan secara fisik ke toko nya. Namun pernahkah kamu memperhatikan, kira-kira mengapa rekomendasi yang disarankan oleh marketplace selalu sesuai dengan kebutuhan kita.


Pada dasarnya, data-data sebelumnya (dalam hal ini history pencarian yang telah kita lakukan selama rentang tertentu) akan dijadikan sebagai data untuk dipelajari oleh Machine Learning. Sehingga secara otomatis, marketplace akan memberikan rekomendasi barang sesuai kebutuhan penggunanya.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Pengkategorian Terhadap Email

machine learning


Kalian pasti pernah menemukan pengkategorian email seperti pada gambar di atas kan? Tapi, gimana caranya aplikasi email itu bisa melakukan klasifikasi berdasarkan jenisnya ya? Ternyata ini merupakan salah satu contoh penerapan Machine Learning. Dengan adanya data yang sebelumnya, Machine Learning dapat melakukan klasifikasi berdasarkan kategori yang ada, apakah masuk ke kategori Social, Updates, Forums, maupun Promotions.


Namun terkadang, beberapa email masih ada yang belum sesuai dengan kategorinya. Hal ini bisa saja disebabkan karena akurasi dari model yang digunakan yang tidak 100% yang artinya masih ada peluang terjadinya kesalahan.


3. Face ID pada iPhone


machine learning


iPhone seri 10 ke atas sudah mulai menggunakan Face ID sebagai sistem keamanan, sementara versi di bawah itu masih menggunakan finger print. Jika wajahnya sama dengan wajah yang didaftarkan, maka Iphone akan terbuka kuncinya.


Hal ini bisa terjadi karena iPhone memanfaatkan Face Recognition, salah satu contoh pengaplikasian Machine Learning. Setiap detail wajah akan dibagi menjadi pixel yang berukuran kecil sehingga akan sangat detail, kemudian barulah nantinya akan disesuaikan dengan gambar yang digunakan untuk pengujian.


4.Saran Pencarian di Mesin Pencarian Google

machine learning


Saat ini, informasi sangatlah banyak jumlahnya, bahkan bertebaran begitu saja di internet. Misalnya saja di salah satu mesin pencarian yang paling populer saat ini, Google. Jika kita tidak memahami sesuatu, maka yang pertama kali dilakukan adalah bertanya pada Google.


Ketika kita mengetik keyword tertentu, terkadang google sudah langsung memberikan saran secara otomatis berdasarkan lanjutan yang paling sering ditulis oleh orang lain yang menuliskan keyword yang sama. 


Seperti pada gambar di atas, kita hanya menuliskan Machine Learning saja, namun di bawahnya ada beberapa rekomendasi yang disarankan oleh Google. Hal ini bisa terjadi tentu saja karena adanya pemanfaatan Machine Learning.


Semakin banyak orang yang menggunakan Google, maka Google akan semakin banyak belajar sehingga rekomendasi yang diberikan bisa jadi semakin sesuai dengan apa yang sedang kita cari.


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021

Penggunaan Machine Learning dalam kehidupan sehari-hari bukanlah hal yang asing. Sadar ataupun tidak, perkembangan teknologi dapat membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Agar tidak tertinggal dan bisa mengikuti perkembangan zaman, kita juga harus terus mengupgrade diri.


Salah satunya adalah dengan mempelajari Machine Learning. Tenang, kamu tidak perlu pusing-pusing lagi mencari tempat belajar karena DQLab juga menyediakan modul yang membahas tentang Machine Learning, yaitu modul “Machine Learning with Python for Beginning”. 


Yuk, tunggu apa lagi? Sign up, dan belajar Machine Learning sekarang juga!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :