PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 3 Jam 29 Menit 28 Detik

4 Contoh Penerapan Machine Learning Masa Kini

Belajar Data Science di Rumah 14-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/947df27cbc084bdc8f3a37e81ee8218a_x_Thumbnail800.jpeg

Machine learning merupakan salah satu bagian dari artificial intelligence (kecerdasan buatan). Istilah machine learning saat ini bukanlah hal yang asing bagi kita semua. Berbagai kecanggihan teknologi yang kita gunakan saat ini pada umumnya menggunakan machine learning. Saat ini pun sudah sering kita jumpai machine learning & contoh yang sering diterapkan dalam berbagai keperluan baik secara umum maupun keperluan pribadi. 


Machine learning (mesin pembelajar) atau biasa disingkat dengan ML merupakan suatu mesin yang dirancang dan dikembangkan agar dapat belajar sendiri tanpa arahan dari penggunanya. Beberapa dari kita mungkin ada yang belum menyadari keberadaan machine learning walaupun sudah sering menggunakannya secara sadar maupun tidak sadar. Kira-kira apa sajakah contoh machine learning yang sering digunakan pada saat ini? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Marketplace

Marketplace merupakan salah satu tempat atau situs untuk memasarkan maupun mempromosikan produk maupun jasa. Dapat dikatakan bahwa marketplace ini seperti pasar yang memiliki banyak toko atau lapak. Hanya saja marketplace ini transaksinya dilakukan secara online. Dibalik kemudahan dalam mengakses maupun bertransaksi di marketplace ini ada algoritma machine learning dibaliknya. Algoritma machine learning ini membantu pengguna dalam proses transaksi maupun merekomendasi produk yang diminati pengguna.


Machine Learning


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Pencatatan Keuangan

Pada saat ini masyarakat semakin melek teknologi dan ilmu pengetahuan. Begitu pula dalam hal pencatatan keuangan baik milik pribadi maupun milik milik perusahaan. Dalam pencatatan keuangan pribadi, seringkali kita jumpai telah banyak aplikasi pencatatan keuangan yang memudahkan pengguna. Begitu pula dengan keuangan secara umum, kita juga sering menggunakan mobile banking, internet banking dan lainya yang memudahkan kegiatan keseharian kita.


3. Media Sosial

Media sosial bukanlah hal yang asing pada masa kini. Media sosial ini sudah menyentuh berbagai kalangan usia baik dari usia muda maupun usia tua. Media sosial dapat digunakan dengan berbagai tujuan baik itu membagikan momen, untuk menghibur diri bahkan ada yang digunakan untuk memperoleh penghasilan. Penggunaan media sosial ini menggunakan berbagai algoritma machine learning seperti merekomendasikan teman, fitur iklan , dan lainnya.


4. Admin Online

Jika pada jaman dahulu kita sering datang ke pusat pelayanan untuk daftar secara offline, maka pada masa kini semua itu bisa dilakukan secara online. Saat ini tidak sedikit fitur layanan admin online baik melalui website, whatsapp, maupun cara lainnya. Hal ini tentunya memudahkan pengguna jika ada keperluan namun terhalang jarak maupun waktu yang kurang mendukung. Penggunaan admin online ini adakalanya juga menggunakan chatbot yang menjawab pertanyaan customers secara otomatis dengan pengaturan-pengaturan tertentu.


Machine Learning


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Penggunaan machine learning saat ini sudah sering kita jumpai. Dalam belajar machine learning terdapat berbagai hal yang perlu dipelajari dan tentunya bisa kamu dapatkan di DQLab. DQLab menyediakan berbagai modul gratis untuk belajar dari dasar dengan bahasa yang mudah dipahami.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login