PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 55 Menit 44 Detik 

4 Contoh Pengaplikasian Machine Learning dalam Kehidupan Sehari-hari

Belajar Data Science di Rumah 25-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4342a6e51ba9cd370389d69c3e238f8f_x_Thumbnail800.jpg

Machine learning diciptakan oleh Arthur Samuel pada tahun 1959. Machine learning merupakan studi tentang cara memberikan sebuah komputer kecerdasan buatan untuk mempelajari sesuatu tanpa adanya pemrograman secara eksplisit.


Dengan adanya machine learning, pekerjaan manusia yang biasanya dikerjakan secara manual akan secara otomatis diproses oleh algoritma machine learning sehingga pekerjaannya menjadi lebih mudah dan efisien.


Contoh pengaplikasian machine learning sebenarnya dapat kalian temukan pada rutinitas sehari-hari. Mulai dari media sosial hingga perbankan. Bahkan machine learning juga mulai diterapkan pada bidang kedokteran. Sangat menarik bukan? Artikel ini akan membahas seputar pengaplikasian machine learning dalam kehidupan sehari-hari.


Yuk, simak artikel dibawah ini!


1. Bidang Kesehatan

machine learning

Salah satu contoh pengaplikasian machine learning pada bidang ini adalah pada saat menangani permasalahan diagnostik dan prognostik. Selain itu,  machine learning juga dapat digunakan untuk menjelaskan informasi yang dihasilkan dari unit medis dan dapat memantau pasien secara efektif. Dengan menggunakan machine learning manajemen dan administrasi menjadi lebih efektif dan efisien.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Bidang Pendidikan 

Tugas yang sering diberikan oleh tenaga pengajar adalah membuat esai. Agar mempermudah pengecekan, kalian dapat menggunakan machine learning untuk pengecekan plagiarisme. Misalnya dengan membuat algoritma detektor plagiarisme, dengan begitu machine learning mampu untuk menganalisis seberapa mirip tugas yang dibuat dengan data yang ada di database.


3. Bidang Keuangan

machine learning

Saat ini mobile banking menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh nasabah perbankan. Dengan adanya aplikasi ini, nasabah menjadi tidak repot untuk melihat transaksi-transaksi yang masuk atau hanya ingin melakukan top-up.


Mobile banking menjadi salah satu bentuk pengaplikasian dari machine learning. Sistem ini membuat neural network untuk melihat dan menentukan apakah transaksi yang sedang berjalan merupakan penipuan atau tidak.

   

Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


4. Smart Assistant

machine learning

Bagi pengguna smartphone, tentunya sudah tidak asing dengan istilah google assistant atau siri. Keduanya merupakan contoh pengaplikasian dari machine learning yang dapat kalian gunakan setiap waktu. Smart assistant akan mengikuti setiap perintah yang kalian inginkan, seperti mengatur alarm, mencari informasi secara daring, mengirim text, melakukan panggilan dan lain-lain karena telah menerapkan kecerdasan buatan (AI).


Pengaplikasian machine learning sudah mulai memasuki berbagai bidang seperti aplikasi layanan kesehatan, pendidikan, jasa keuangan dan lain sebagainya. Memiliki skill machine learning menjadi penting agar kalian tetap dapat bersaing di dunia profesional. Tertarik untuk mempelajari machine learning? Kalian dapat mulai menambah skill kalian dengan belajar bersama DQlab. 


DQlab menyediakan berbagai kelas data science yang dapat kalian pilih sesuai dengan minat kalian. Modul yang diberikan sangat mudah di pahami bagi kalian yang baru mulai belajar data science. Masih ragu-ragu? Kalian bisa mencoba free modul "introduction to data science with R/Python" sebagai perkenalan. Yuk, belajar data science di DQLab.id!


Penulis : Winda Sarah Audina

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :