GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 8 Jam 11 Menit 35 Detik 

4 Fakta Data Analyst, Profesi Kekinian di Era Digital

Belajar Data Science di Rumah 11-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2ccadba228027122fef2dfe10bb1d18f_x_Thumbnail800.png

Pekerjaan Data Analyst di era industri 4.0 telah menjadi tren yang kian diminati oleh berbagai perusahaan maupun start up. Kebutuhan data yang selalu berkembang setiap tahunnya menyebabkan pekerjaan ini memiliki prospek yang luas serta diminati oleh banyak perusahaan.


Berdasarkan Laporan Prediksi Perkembangan Pasar Tenaga Kerja Tahun 2020-2025, World Economic Forum (WEF) menyatakan bahwa Data Analyst dan Data Scientist menjadi profesi yang paling banyak dicari di tahun 2025.


Peluang sahabat data yang tertarik menjadi Data Analyst memang terbuka lebar, namun kamu harus siap untuk menghadapi persaingan yang ketat. Oleh karena itu, sahabat data perlu untuk membekali diri dari sekarang.


Kali ini, DQLab akan mengajak sahabat data untuk mengetahui 4 fakta seputar Data Analyst! Yuk, langsung simak penjelasan dibawah ini!


1. Data Analyst Bukan Sekedar œTukang Data

Siapa diantara kamu yang masih berpikiran bahwa profesi Data Analyst hanya bertugas sebagai œtukang data saja? 


Pemikiran tersebut salah besar ya sahabat data DQLab! Data Analyst merupakan salah satu profesi yang menjadi tren dan semakin bersinar seiring perkembangan dunia digital. Kebutuhan data yang semakin meningkat setiap tahunnya mendorong peran Data Analyst untuk membantu berbagai bentuk pengolahan data sebagai kunci kemajuan bisnis atau perusahaan. Beberapa tugas yang dilakukan oleh profesi satu ini adalah menganalisa hasil data yang diperoleh, mengembangkan, menafsirkan serta mengimplementasikan data yang diolah serta bekerjasama dengan berbagai tim manajemen perusahaan. Jadi, Data Analyst bukan sekedar œTukang Data, melainkan memiliki peran yang sangat penting bagi pertumbuhan perusahaan. 


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Berkenalan Dengan Skill yang Dibutuhkan

Setelah mengetahui gambaran mengenai profesi Data Analyst, rasanya kurang lengkap kalo belum berkenalan dengan skill yang dibutuhkan. Berbagai skill tentu dibutuhkan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab profesi satu ini, mulai dari bisnis hingga komunikasi. Bahasa kueri dan pemrograman seperti SQL, Python dan R juga merupakan skill yang perlu kamu kuasai untuk menjalankan profesi ini. Selain itu, kemampuan dalam mengoperasikan Excel juga menjadi poin penting, tidak ketinggalan skill untuk melakukan komunikasi juga sangat dibutuhkan oleh seorang Data Analyst karena berhubungan dengan tugasnya, yaitu memvisualisasikan data.


3. Kisaran Gaji Data Analyst

Jika berbicara mengenai kisaran gaji yang diterima oleh seorang Data Analyst tentu sangat bervariasi, sesuai dengan kebijakan perusahaan tempat mereka bekerja. Berdasarkan laman resmi Universitas Bina Nusantara (BINUS), rata-rata gaji Data Analyst pada perusahaan di Indonesia kisaran diatas UMR Jakarta per bulan. Menurut data yang dihasilkan pada platform Linkedin, gaji Data Analyst semakin bertambah setiap tahunnya karena kebutuhan akan praktisi ini semakin meningkat.


4. Peluang Kerja Terbuka Bukan Hanya Untuk Background œSTEM Saja!

Siapa bilang profesi Data Analyst hanya untuk mereka yang memiliki background pendidikan STEM saja?


Peluang kerja pada bidang ini sangat terbuka lebar bagi siapa saja kok sahabat data! Tidak sedikit dari mereka yang memiliki background pendidikan di luar STEM menjalani profesi sebagai Data Analyst. Melalui beberapa wawancara yang pernah DQLab lakukan, cara untuk memulai karir pada profesi ini adalah dengan kemauan belajar yang tinggi. Sahabat data bisa belajar melalui internet maupun kursus online data seperti DQLab. Jadi, jangan minder dengan mereka yang terlebih dahulu menerjuni pendidikan STEM ya sahabat data!


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


5. Yuk, Belajar Data Analyst dan Rakit Karirmu Bersama DQLab!

Semakin tertarik kan untuk membangun karir sebagai seorang Data Analyst? Mulai persiapkan kemampuan diri kamu dan persiapkan karir dengan bergabung bersama  DQLab. Tenang aja, bersama DQLab, sahabat data bisa mengukur bahkan meningkatkan skill untuk menjadi Data Analyst yang profesional. Caranya gampang, tinggal sign up sekarang di DQLab.id dan langsung nikmati quiz GRATIS untuk pengalaman belajar yang seru serta aplikatif! 


Selamat belajar dan rakit karir menjadi praktisi data handal sahabat data!

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :