DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 2 Days 17 Jam : 9 Menit : 47 Detik

4 Fakta Menarik Mengenai Pekerjaan Data Scientist, Yuk Simak Apa Saja!

Belajar Data Science di Rumah 08-Juni-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/246552a8d073008d71f0610ff53488d3_x_Thumbnail800.jpg

Data Scientist menjadi pekerjaan baru yang sedang ramai dibicarakan. Beberapa orang bahkan rela beralih haluan dari pekerjaan sebelumnya untuk menjadi Data Scientist. Wah, kira-kira apa sih yang menarik dari pekerjaan ini hingga banyak orang yang rela membuang waktunya untuk mempelajari hal ini? Ternyata pekerjaan ini menjadi pekerjaan yang sangat menjanjikan, loh. Terlebih lagi perkembangan internet of thing yang semakin marak, membuat kebutuhan akan pekerjaan ini semakin meningkat. Perkembangan zaman membuat kita mau tidak mau harus berinovasi dan mengembangkan diri agar tidak tertinggal zaman.

Data Scientist dapat diibaratkan sebagai pilot, yaitu orang yang memegang kendali teknologi pengolahan data. Pekerjaan Data Scientist terbilang cukup kompleks, dari proses pengumpulan, analisis, hingga mendapatkan insight. Data yang biasanya dihadapi oleh Data Scientist merupakan data yang memiliki volume besar atau big data. Dalam artikel ini akan dijelaskan fakta-fakta menarik mengenai pekerjaan Data Scientist yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan terjun ke bidang ini. Pensaran kan apa saja? Yuk, simak artikelnya!

1. Tidak Hanya Matematika, Pemrograman dan Bisnis Juga Harus Dikuasai

Kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi Data Scientist ternyata tidak hanya bisa mengandalkan kemampuan akan matematika dan statistika saja, melainkan juga harus menguasai pemrograman, serta memahami ilmu bisnis. Ternyata ketiga hal ini saling berkaitan, dan menjadi kemampuan paling dasar yang harus dikuasai oleh seorang Data Scientist. Kemampuan statistika dan matematika dapat digunakan untuk membentuk logika, serta juga akan banyak digunakan dalam proses pembuatan model. Lalu kemampuan akan statistika dan matematika tersebut akan diterjemahkan ke dalam bahasa pemrograman, karena tidak mungkin harus mengolah data yang sangat banyak secara manual. Sementara ilmu bisnis dibutuhkan agar kita tahu langkah apa yang seharusnya diambil.

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

2. Membantu Memberikan Keputusan

Data Scientist menjadi orang yang sangat dipercayai oleh perusahaan untuk memberikan masukan dalam pengambilan keputusan kepada para pemangku kebijakan. Sehingga sangat wajar, untuk menjadi Data Scientist akan sangat dibutuhkan kejelian dalam melihat dan membedah suatu permasalahan yang ada di dunia industri. Pengolahan data dan juga mengimplementasikan algoritma-algoritma pada kasus bisnis ternyata dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada sehingga dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan.

3. Mendapatkan Banyak Wawasan

Menjadi seorang Data Scientist, mau tidak mau akan membuat kamu menjadi orang yang akan berwawasan luas. Pasalnya, untuk dapat membuat keputusan yang baik dan menguntungkan perusahaan, kamu harus memahami banyak hal tentang bisnis yang sedang dijalani oleh perusahaan. Sehingga tidak mengherankan, meskipun menjadi Data Scientist, tetapi kamu juga akan disuguhi dengan cara untuk mengoptimalkan penjualan, cara meningkatkan hubungan dengan pelanggan, hal-hal yang membuat kredit macet, dan masih banyak lagi. Wah, seru banget ya!

4. Diprediksi Menjadi Profesi Masa Depan

Perkembangan internet yang semakin marak, membuat profesi Data Scientist ini akan sangat dibutuhkan. Terlebih lagi, untuk menjadi Data Scientist harus memenuhi kriteria tertentu, sehingga tidak semua orang bisa langsung menjadi Data Scientist meskipun berasal dari background pendidikan khusus. Dari Kompas disebutkan bahwa profesi ini telah diprediksi menjadi profesi masa depan sejak tahun 2012. Pada tahun 2018, ada sekitar 190 ribu orang di Amerika yang menggeluti profesi ini. Dan diprediksi jumlah ini akan terus bertambah mengingat besarnya kebutuhan industri akan posisi ini. 

Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar

5. Tidak Memiliki Background STEM, Tapi Ingin Belajar Data Scientist? Tenang, Di DQLab Aja

Salah satu kekhawatiran dari orang-orang yang tidak berasal dari background pendidikan STEM adalah tidak mampu menjadi Data Scientist karena background pendidikannya. Hal itu bukan lagi hal yang harus dikhawatirkan karena DQLab dapat membuat kamu mahir di bidang ini, apapun background pendidikannya. Wah, jadi tunggu apa lagi nih? Yuk, buruan daftar di DQLab dan nikmati modul-modulnya!

Penulis: Gifa Delyani Nursyafitri


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!