PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 16 Jam 57 Menit 44 Detik 

4 Fakta Menarik Profesi Data Analyst yang Harus Kamu Ketahui

Belajar Data Science di Rumah 14-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7f1a1c1f7d38dc51c730d2f1b7c26c6d_x_Thumbnail800.png

Data Analyst merupakan salah satu posisi praktisi data yang lahir setelah berkembangnya ilmu Data Science. Perkembangan teknologi membuat praktisi data menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk memecahkan berbagai permasalahan baru yang ada. Dilansir dari Kompas, saat ini kebutuhan akan praktisi data bahkan mencapai angka 9 juta. Angka yang sangat banyak bukan? Namun sayangnya, tidak semua orang yang tertarik untuk menjadi praktisi data berhasil memenuhi kualifikasi yang telah ditentukan.


Seorang Data Analyst akan bertugas untuk mengumpulkan, membersihkan, serta menafsirkan kumpulan data untuk menjawab pertanyaan atau memecahkan masalah. Perkembangan teknologi digital membuat posisi ini dibutuhkan hampir di semua sektor. Data Analyst dapat bekerja di sektor bisnis, keuangan, peradilan pidana, sains, kedokteran, dan pemerintahan. Nah, sebelum mempelajari hal yang bisa membuatmu menjadi Data Analyst, kamu harus mengetahui 4 fakta menarik tentang Data Analyst, apa saja sih? Yuk, simak artikelnya!


1. Bertugas untuk Memecahkan Masalah

Tugas utama dari seorang Data Analyst adalah memecahkan masalah yang ditemukan dengan menggunakan data yang ada. Misalkan menentukan segmentasi pelanggan seperti apa yang bisa diikutkan dalam campaign. Hal ini bisa diputuskan dengan cara melihat data yang telah ada sebelumnya. Umumnya insight data yang dihasilkan oleh Data Analyst didapatkan berdasarkan data yang ada di masa lalu, karena biasanya setiap data akan memiliki pola tertentu yang bisa dimanfaatkan.


Ada 5 proses tahapan yang akan dilakukan oleh Data Analyst untuk menyelesaikan pekerjaannya, yaitu mengidentifikasi data yang akan dianalisis, mengumpulkan data, membersihkan dan menyiapkan data untuk dianalisis, menganalisis data, serta yang terakhir adalah menginterpretasikan hasil analisis. Semua tahapan ini harus dikerjakan step by step agar hasil yang didapatkan lebih valid dan terpercaya.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Bekerja Menggunakan Excel

Fakta menarik mengenai seorang Data Analyst adalah akan sering menggunakan Microsoft Excel. Siapa yang tidak kenal Microsoft Excel saat ini? Tools ini dirilis pertama kali pada tahun 1985, namun terus dikembangkan dengan berbagai inovasi sehingga masih mampu bersaing dengan tools-tools baru. Di dalam pekerjaan Data Analyst, terkadang menggunakan Excel saja telah cukup untuk menjawab permasalahan yang yang ada. Penggunaan tools tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, jika cukup menggunakan tools yang sederhana kenapa harus menggunakan yang rumit?


3. Kemampuan SQL Sangat Dibutuhkan

Diantara beberapa bahasa pemrograman, query SQL menjadi hal wajib untuk dikuasai oleh seorang Data Analyst. Dalam sebuah perusahaan besar, database menjadi sesuatu yang sangat penting, dan biasanya telah ada Data Engineer yang bertugas untuk mengubah data mentah menjadi data yang siap dikonsumsi dalam bentuk database. Untuk memecahkan berbagai permasalahan, Data Analyst akan menggunakan database yang ada.


4. Visualisasi Data dan Pembuatan Dashboard Menjadi Hal Penting

Salah satu tugas seorang Data Analyst adalah menyajikan hasil analisisnya dalam tampilan yang lebih menarik, dalam hal ini bisa memanfaatkan data visualisasi. Data Visualisasi merupakan bagian dari ilmu Data Science yang berhubungan dengan cara mengubah sesuatu yang non visual (dalam hal ini data angka dan teks) menjadi sesuatu yang visual. Tidak jarang, dalam pekerjaannya seorang Data Analyst akan diminta untuk membuat dashboard sebagai bagian dari reporting serta untuk monitoring pekerjaan yang telah ada sebelumnya.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


5. Tertarik untuk Menjadi Data Analyst? Yuk, Belajar Bahasa Pemrograman Bersama DQLab!

DQLab merupakan salah satu lembaga kursus Data Science online yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar berbagai bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh Data Analyst. Ada 3 bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari di DQLab saat ini, yaitu bahasa R, Python, dan juga SQL. Modul-modul yang ada di DQLab disusun oleh praktisi data yang telah berpengalaman di bidangnya selama bertahun-tahun. Bahasa yang digunakan juga bahasa yang sangat sederhana serta mudah dimengerti oleh orang awam sekalipun. Selain modul yang berbayar, kamu juga bisa menikmati free modul dari DQLab loh. Caranya gampang banget, kamu cukup sign up menjadi member dan akan bisa menikmati modul-modul yang ada. Yuk, tunggu apa lagi?

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :