SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

1 Hari 8 Jam 58 Menit 20 Detik

4 Faktor yang Bisa Mempermudah Tugas Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 30-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/76d7a36b-d9e8-4785-ab7e-18bc280b39b8-2023-08-31-211754_x_Thumbnail800.jpeg

Data Scientist menjadi salah satu profesi yang memegang peranan penting dalam proses pengambilan keputusan. Para Data Scientist akan bertanggung jawab untuk menggali, menganalisis, serta menginterpretasikan data guna mendukung pengambilan keputusan yang cerdas dan informasi yang berharga bagi perusahaan. Sehingga tidak bisa dipungkiri, seorang Data Scientist bisa diibaratkan sebagai ujung tombak perusahaan yang akan menentukan arah perusahaan tersebut nantinya.


Jika diteliti lebih lanjut, pekerjaan sebagai seorang Data Scientist bukanlah pekerjaan yang mudah. Tugas seorang Data Scientist terbilang cukup kompleks karena tugas mereka dimulai dari mencari data source yang akan digunakan hingga nantinya bisa mendapatkan insight dari data. Akan tetapi, tugas kompleks Data Scientist bisa diringankan dengan beberapa faktor tambahan sehingga pekerjaan menjadi lebih efisien. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa faktor tersebut. Yuk, simak pembahasannya!


1. Sumber Data yang Berkualitas 

Data adalah bahan utama yang akan digunakan oleh Data Scientist untuk mendapatkan insight bisnis. Sehingga seorang Data Scientist perlu memastikan data yang mereka gunakan adalah data yang relevan. Karena salah dalam penggunaan data akan berakibat fatal pada hasil analisis. Data yang baik akan mempercepat proses analisis dan pengembangan model. Jika data yang digunakan tidak akurat, tidak lengkap, atau tidak representatif, maka akan sulit untuk mendapatkan insight yang bermakna. Dengan memiliki akses terhadap data berkualitas dan bervariasi, pekerjaan seorang Data Scientist akan menjadi lebih lancar.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Infrastruktur dan Tools yang Tepat

Selain data, penggunaan tools dan teknologi yang tepat akan sangat membantu untuk mengurangi kompleksitas pekerjaan seorang Data Scientist. Bahasa pemrograman seperti Python atau R, platform analitik yang digunakan, serta library untuk analisis data seperti Pandas, NumPy, dan Scikit-Learn dapat membantu dalam eksplorasi, preprocessing, dan membangun model. Selain itu, dengan memiliki akses terhadap infrastruktur komputasi yang baik, seperti layanan cloud yang memiliki daya pemrosesan yang tinggi, dapat mempercepat waktu eksekusi.


3. Komunikasi yang Efektif

Seorang Data Scientist tidak hanya dituntut untuk memiliki skill analisis data yang bagus, namun mereka juga harus memiliki kemampuan dalam mengkomunikasikan apa hasil temuan yang mereka dapatkan dalam bahasa yang lugas dan mudah dimengerti oleh semua pihak, termasuk manajemen non-teknis. Dengan adanya kemampuan komunikasi yang dapat maka akan membantu mengarahkan keputusan bisnis yang lebih baik berdasarkan insight yang diperoleh dari data.


4. Tim yang Beragam dan Kolaborasi

Data Scientist bisa bekerja secara individual, namun akan lebih sering bekerja sama dengan tim. Bekerja dalam tim yang terdiri dari individu dengan latar belakang yang beragam, seperti ilmu data, statistik, domain bisnis, dan teknologi, bisa memperkaya perspektif dan solusi yang dihasilkan. Adanya kolaborasi antar-disiplin dapat membantu mengatasi masalah yang kompleks dan memastikan bahwa analisis data benar-benar relevan dengan konteks bisnis.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Meskipun faktor-faktor yang telah dijelaskan di atas dapat membantu tugas seorang Data Scientist menjadi lebih mudah, namun pekerjaan ini tetaplah menantang dan seringkali melibatkan eksplorasi, penyesuaian, dan kreativitas dalam menghadapi masalah yang berbeda-beda.


Untuk bisa menjadi Data Scientist, setidaknya kamu harus bisa memiliki pemahaman akan ilmu Data Science. Nah, tidak perlu bingung harus belajar dimana, karena DQLab menyediakan banyak modul yang berkaitan dengan Data Science. 


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Scientist!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login